Pasar Nagari Koto Guguk VII Diresmikan - Go Parlement | Portal Berita

Breaking

Pasar Nagari Koto Guguk VII Diresmikan

Minggu, Februari 02, 2020

Sijunjung(SUMBAR).GP- Pasar Nagari Guguk Kecamatan Koto VII, Kabupaten Sijunjung, diresmikan Bupati Sijunjung Drs.H.Yuswir Arifin Dt.Indo Marajo didampingi Sekda dan Kepala OPD Kabupaten Sijunjung, ditandai dengan pengguntingan pita, Jumat (31/1/2020) 

Peresmian Pasar di Jorong Koto Guguk yang diramaikan mulai pukul 16.00 sampai pukul 22.00 wib malam setiap hari Minggu itu disaksikan masyarakat Jorong Koto Guguk dan dihadiri unsur forkopimcam Koto VII dan Wali Nagari dari Kecamatan Koto VII dan Sumpur Kudus.

Wali Nagari Guguk Zainal kepada Goparlement.com Sabtu, pasar ini dibangun dengan Dana Alokasi Khusus DAK 2019 sejumlah Rp1,2 Miliar.

Bupati merasa bangga melihat  kebersamaan masyarakat Guguk dalam membangun nagari kepada yang lebih baik.

"Supaya semangat kebersamaan nagari Guguk seperti ini, bersama  membangun nagari dapat dipertahankan, " harap bupati.

Kepada dinas terkait, supaya melengkapi pasilitas pasar Guguk ini, pada anggaran tahun berikutnya.

Zainal menuturkan, pasar ini berawal dari adanya kegiatan masyarakat  jual beli secara kecil-kecilan di lapangan bola kaki Jorong Koto  Guguk sore hari pukul 16.00 Wib sampai pukul 22.00 Wib yang disebut pasar kaget. 

Namun satu pekan,  dua pekan dan seterusnya, baik pedagang yang datang dan pembeli dari Nagari Guguk semakin bersemangat meramaikan prosesi jual beli di lapangan bola terebut.

"Akhirnya, karena kelamaan dilalui kenderaan masuk pasar, yang  sering diguyur hujan membuat lapangan bola kaki Koto Guguk rusak, " ujar Zainal.

Berdasarkan  permintaan pedagang di pasar dan masyarakatnya, Zainal selaku Wali Nagari mengundang Ninik mamak untuk memusyarahkan pembangunan pasar dan mencari lokasi tanah untuk dijadikan lokasi  pasar.

" Alhamdulillah dapat kesepakatan, bahwa tanah di Talago dekat SMPN 33 Sijunjung dengan pemilik nya Dt.Perpatih Nan Sabatang ditetapkan sebagai lokasi pasar, " ujar Zainal

Bermodalkan Surat Penyerahan tanah dari Ninik mamak pemilik wilayah,diajukan permohonan ke Pemda melalui dinas terkait, kita berhasil dapat bantuan DAK 1,2 M tahun 2019  membangun pasar,"  kata Zainal.      

Kita harapkan ujar Zainal,  ekonomi masyarakat semakin baik, kesejahteraan rakyat meningkat dengan keberadaan pasar di Jorong Koto Guguk ini.

#GP | Herman

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HASIL PEMILU

Pages

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS