Lapangan M.Yamin jadi lautan manusia - Go Parlement | Portal Berita

Breaking

Lapangan M.Yamin jadi lautan manusia

Jumat, Februari 14, 2020

Sijunjung(SUMBAR).GP- Lapangan bola kaki M.Yamin Muaro, Kabupaten Sijunjung , Kamis (13/2) jadi penuh sesak pengunjung menyaksikan tiga even kegiatan Hari Jadi Kabupaten (HJK) Sijunjung.

Ketiga even dalam memeriahkan HJK Sijunjung ke 71 itu, mengundang pendamping dan pengunjung yang ramai itu adalah wisuda massal Tahfiz santri Paud se kabupaten Sijunjung, festival kuliner olahan pangan Sijunjung dan Ceta bacorak produk masyarakat Sijunjung.

Dari pantauan www.goparlement.com Kamis tersebut, kelihatan  dari pagi hingga pukul 9.00 wib  rombongan santri Paud didampingi gurunya memasuki lapangan, tak lama datang lagi secara beruntun ibuk ibuk turun dari mobilnya membawa berbagai jenis kuliner olahan pangan lokal menuju tempat yang disediakan.

Tanpa ragu ragu, rombongan santri dibimbing guru pendamping membentang tikar dan mereka bersuka ria duduk pada posisi yang tetapkan panitia diiringi hiruk pikuk guru yang satu dengan guru lain saling bersorak saking gembiranya mengantarkan santri hafalan Alquran yang akan dikukuhkan Bupati Yuswir Arifin dalam wisuda massal ini.

Kalau dipilah dari pengunjung yang memenuhi lapangan tersebut, antara pengunjung Wisuda Tahfiz Paud, Festival Kuliner dan lounching Ceta Bacorak boleh kita urut even terbanyak ngundang pengunjung adalah wisuda Tahfiz Paud, kedua Ceta Bacorak dan ketiga Festival Kuliner.

Alasannya wisuda Tahfiz punya kontribusi tertinggi mengundang pengunjung di M.Yamin adalah  seorang santri tahfiz Paud setidaknya, selain guru pendampingnya, melibatkan  kedua orangtuanya, kakak dan bahkan kakek dan neneknya harus hadir dalam kegiatannya.

Dalam rangkaian ketiga even tersebut, selain Bupati Yuswir Arifin hadir menyaksikan Wakil Bupati Arival Boy,  Sekdakab Zefnihan, Unsur  Forkopimda, Ketua DPRD Bambang Surya Irawan, Kepala OPD., Ketua dan wakil ketua TP PKK Sijunjung Ny.En Yuswir Arifin, Ny.Hj.Ria Arival Boy dan Ikatan Keluarga Dewan (IKD) Ny.Bambang.

Pengukuhan wisuda Tahfiz Paud ditandai dengan penyerahan sertifikat dan pemindahan jambul oleh Bupati kepada 8 hafiz dan Hafizah mewakilinya. Sebelumnya secara berturut Bupati, Ketua DPRD, Wakil Bupati, Kajari,Ketua Pengadilan Negeri, Ketua Pengadilan Agama dan yang mewakili Dandim sempat menguji hafalan wakil santri tersebut

Kadis Depdikbud Ramler, SH menuturkan, dari 5.566 santri wisuda itu, 4.519 hafalannya 5 surat, 857 hafalan 10 surat, 119 hafalannya 15 surat dan seorang yang hafal juz ke 30 dari Alquran.

Pada kesempatan tersebut, Ny.En Yuswir Arifin selaku Bunda Paud Sijunjung mengaku bangga dengan kerja keras guru Paud, semoga kedepan lahir generasi berkualitas, yang pondasi pendidikannya ditanankan para guru Paud.

Menyangkut dengan Ceta Bacorak, En.Yuswir Arifin kedepan tumbuh dan lahir pengrajin pengrajin rumah tangga dalam mengembangkan usaha Industri Kecil Menengah (IKM) di daerah langsek manih mengiringi jejak 70 orang tenaga terlatih masing masing dari Sumpur Kudus dan Kamang Baru itu.

Bupati Yuswir Arifin dihadapan lautan manusia itu, mengemukakan motif Ceta Bacorak ini menceritakan tentang proses lahirnya nama kabupaten Sijunjung.

Ceta Bacorak batik langsek manih tersebut, lanjut Bupati dapat dilakukan melalui tiga cara  proses pembuatan,  pertama  Ceta tulis, kedua Ceta Cap dan Ceta lukis.

Sebelum wisuda Tahfiz Paud dan lounching Ceta Bacorak, bupati bersama rombongan termasuk ketua DPRD dan Ny.En Yuswir Arifin membuka dan meninjau wejangan masakan kuliner terletak  di bagian lapangan M.Yamin itu.

Kegiatan semakin semarak dengan adanya senandung musik mengiringi  komentar komentar  dari MC yang profesional membawa kegiatan tersebut. 

Dan  suasana semakin bergelora menyaksikan tampilan lenggok lenggok  dan  goyang para promosi Ceta Bacorak serta joget joget dibawakan isteri pejabat Pemda Sijunjung dan semua Pengurus personil Indo Jalito Peduli diiringi lagu dan musik yang menyejukkan hati pengunjung di M.Yamin itu.

#GP | Herman 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HASIL PEMILU

Pages

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS