Peningkatan SDM manjadi prioritas dalam pembangunan - Go Parlement | Portal Berita

Breaking

Peningkatan SDM manjadi prioritas dalam pembangunan

Kamis, Januari 02, 2020

Sijunjung(SUMBAR).GP- Peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) menjadi prioritas dalam pembangunan masyarakat Nagari Guguk, Kecamatan Koto VII, Kabupaten Sijunjung saat ini.

Hal itu diungkapkan Wali Nagari Guguk, Zainal  didampingi Kasi Pelayanan Inelda Wiguna  dalam wawancara dengan Goparlemen.com, Kamis (2/1)

"Berbagai pelatihan kita laksanakan buat masyarakat tani, bundo kanduong, anggota PKK dan  generasi muda serta BUMNag pada tahun 2019 ini", kata Zainal.

Seperti pelatihan untuk anggota Tim Pelaksana Kegiatan (TPK) diikuti 27 orang peserta dengan dukungan dana  Rp 11.655.000 dengan Nara sumbernya  Ebid Diana Putra, Irham Syahlil, dari  DPMN Nasarudin dan Ade Primawati,ST dari kantor Inspetorat Putri Laswita,SE.

Berikutnya pelatihan pengolahan sampah  dengan peserta 25 orang biaya  Rp.17.575.000. dengan  Nara Sumbernya  dari kantor Perkim LH  Hendra Jayasman, dan  Silvaria Asra serta Sri Dewi Muftiza Roza, Inelda serta Zainal

Selanjutnya ujar Zainal pelatihan Teknologi tepat guna bidang pertanian diikuti peserta 40 orang dengan  Anggaran Rp.24.350.000. Sebagai Narasumber didatangkan dari Dinas Pertanian Ismed Dafri, dari Dinas Perikanan Ning Wisma Utami dan Rahmad Iswahyudi.

Sedangkan dari BPP Penyuluh  Kecamatan Koto VII yang jadi Narasumber adalah Nasrul, S.Pt, Aris Dwi Putra,SP  dan Reski Emalia,SP  semua dananya bersumber Dana Desa, dengan total Rp.111.053.874

Berikutnya pelatihan kerajinan diikuti anggota bundo kandung sebanyak 40 orang, dengan  Angaran Rp.25.850.000.Bertindak sebagai  Narasumber Pengurus  PKK Kecamatan Koto VII yaitu Sesvi Delvita, Dasrita sedangkan dari  Dagperingkop Yetra Rozi.

Selanjutnya pelatihan pengolahan  Jeruk Nipis  dengan pesertanya  20 orang nilai  anggarannya,Rp21.218.874. dengan  Narasumber dari Dinas Perindustrian Sumatera Barat ( Sumbar) Kurniawan dan dari Dinas Dagrinkop  Yetna Rozi

Juga diadakan pelatihan buat pengurus dan pengawas BUMNag Aliran Sinamar dengan peserta 12 orang menelan biaya Rp
 10.405.000. Narasumbernya dari DPMN  Peri Ferdian, dari  P3MD Delza fajri serta Pendamping Desa Irham Syahlil S.Pd , ujar Zainal.

Diharapkan, dengan ada pelatihan seperti ini akan menambah ilmu pengetahuan dan ketrampilan bagi peserta sehingga terjadi keseimbangan pembangunan antara fisik dan non fisik,  tutur Zainal. 

#GP | Herman

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HASIL PEMILU

Pages

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS