Event 2019 Mampu Mengangkat 50% Potensi Ekonomi Kerakyatan


Oleh: Rifki Mahendra


Padang Panjang(SUMBAR).GP- Selama tahun 2019 Pemerintah Kota Padang Panjang dan Komite Olahraga (KONI) Padang Panjang telah menggelar berbagai kegiatan mulai dari kesenian, budaya, dan olahraga. Dan seluruh kegiatan yang telah siap diselenggarakan pada umumnya sukses dan meriah, bahkan yang takala penting dari seluruh kegiatan tersebut ternyata mampuh menambah pendapatan dan meningkatan ekonomi masyarakat setempat.

Pasalnya berbagai kegiatan ini dikunjungi mulai dari masyarakat dalam dan luar Kota Padang Panjang.

Contohnya saja, Event Minang Trail Adventure, Road Race yang telah diselenggarakan di terminal Bukit Surungan dan Silek Retreat di Galanggang silek lanyah Koto Panjang, Padang Panjang Timur dihadiri oleh para peserta dari manca negara, serta alek nagari yang telah lama tidak digelar sukses digelar dibawah duet kepemimpinan Walikota Padang Panjang, H. Fadly Amran, BBA Datuak Paduko Malano dan Wakil Walikota Padang Panjang, Drs. Asrul yang membuat masyarakat sangat terhibur untuk menyaksikannya.

Antusias masyarakat Sumatera Barat, untuk menyaksikan pacu kuda ini begitu luar biasa, berbagai legenda serta cerita tenggelamnya kapal ven der wijk novel karangan Buya Hamka kembali jadi topik candaan para penonton yang dituangkan dalam akun media sosial mereka masing-masing.

Selain itu beberapa minggu terakhir ditahun 2019, kegiatan Samudra 3x3 Basketball Competition, yang dihadiri oleh peserta lintas Provinsi juga telah sukses digelar pada minggu ke dua Desember di Gor Chatib Sulaiman Bancah Laweh. Dan kegiatan ini tidak lepas dari peran serta dukungan Pemko dan Koni Padang Panjang kepada Pencab-Pencab yang telah mengadakan kegiatan.

Usai kegiatan Samudra 3x3 Basketball Competition, Ikatan Pesilat Seluruh Indonesia (IPSI) Kota Padang Padang Panjang baru baru ini juga sukses menyelenggarakan kejuaraan Pencak Silat yang pesertanya juga berasal dari lintas Provinsi. 500 pendekar ditambah dengan official masing-masing peserta dan suporter hadir di kota Padang Panjang. Dan rumah-rumah kosong disekitar Gor Chatib Sulaiman Bancah Laweh pun jadi target tempat kontingen dari luar Kota Padang Panjang untuk menginap.

Menurut basa salah satu penjaja Nasi Goreng Gumarang di Chatib Sulaiman Bancah Laweh, ia mengaku bahwa dengan adanya kegiatan seperti ini, omset penjualannya jadi meningkat 50% dari hari-hari biasanya.

"Tentu saja kami berharap kepada Pemerintah Kota Padang Panjang kegiatan event-event seperti ini bisa diadakan sekurang kurangnya sekali dalam se bulan,"harapnya.

Terpisah, peningkatan penjuaalan juga dirasakan oleh Buk Nur salah seorang pemilik Warung Kopi Buk Nur di depan Gor Bancah Laweh, ia menyebutkan bahwa selama kegiatan yang berlansung di bancah laweh ini omset penjualan meningkat dari hari - hari biasanya.

Kondisi ini juga menjadi perhatian oleh salah satu tokoh masyarakat, Ireli Sofa Datuak Tan Majo Lelo, karena masyarakat yang berjualan, dan masyarakat yang memiliki rumah kosong salah satu contoh kantor bekas PBB dan bekas TK Smart Kid yang saat ini disewakan untuk mese atlit silat dari luar Provinsi dan Kota Padang Panjang, kondisi ini adalah bukti terjadinya peningkatan pendapat ekonomi terhadap masyarakat sekitar lokasi kegiatan.

"Jika kegiatan ini dikemas secara kontiniu, tentu masyarakat disekitar akan mulai berbanah lagi, "pungkasnya.

#GP | Kominfo | RED

Post a Comment

0 Comments

PT.Andalas Nusantara Parlemen Mengucapkan, Selamat datang di Website www.goparlement.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga Anda puas, Tertanda; Rifnaldi (CE) Pimred