Perajin Nagari Padang Laweh Siapkan Lapik Padan Berlogo Bank BCA Untuk 15 Rumah Adat


Sijunjung(SUMBAR).GP- Perajin Nagari Padang Laweh dipercayakan untuk menyiapkan "lapiek pandan" bagi keperluan 15 rumah adat di kampung adat Tanah Bato, Kabupaten Sijunjung, Kamis (08/11)

Kampung adat yang berada di Jorong Tanah Bato, Nagari Sijunjung, Kabupaten Sijunjung yang tengah dipoles sebagai tujuan wisata di daerah ini, sehingga untuk alas lantainya lapiek pandan(tikar pandan) hasil kerajinan anak nagari. Dengan demikian, perajin yang terdiri kaum ibu-ibu dari Nagari Padang Laweh Selatan, Kecamatan Koto VII kabupaten setempat. 

Salah seorang perajin lapiek pandan Usi Ramadhani ketika ditemui media ini, Jumat lalu, membenarkan anggota perajin tradisional Padang Laweh Selatan tengah bersitungkin untuk mengerjakan pembuatan tikar pandan untuk 15 rumah adat yang berada di Jorong Tanah Bato, dengan berbagai ukuran serta berlogo bank BCA bagian tengah tikar tersebut.  Tikar yang siap sudah tiga helai saat ini telah ditinjau oleh Kepala Pariwisata  Pemuda dan Olahraga Kabupaten Sijunjung dengan pihak bank BCA beberapa hari lalu. 

Hasil tinjauan pihak Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga bersama pihak bang BCA dinyatakan hasil anyaman lapiek pandan dari kaum ibu-ibu Padang Laweh Selatan itu sangat baik sekali, sehingga diharapkan bisa pengerjaannya selesai sesuai dengan yang diharapkan. 

Tokoh masyarakat Padang Laweh Selatan  Kecamatan Koto VII, Kabupaten setempat Drs. Jamaluddin dalam percakapan dengan tim media GP ini di lokasi perajin lapiek pandan yang berada di Jorong  Pasah Gambok itu mengutarakan sangat bangga sekali dengan dipercayakan masyarakatnya untuk memenuhi permintaan Pemda setempat dalam hal pengadaan lapiek pandan yang kini tengah giat-giatnya jemari ibu-ibu PKK menganyam lapiek pandan tersebut. 

Dengan dipercayakannya nagari Padang Laweh Selatan sebagai pemasok alas lantai rumah gadang di kampung adat itu, sebut Jamaluddin yang juga pensiunan ASN ini, bisa untuk mengenjot ekonomi masyarakat setempat, lebih dari itu agar masyarakat luas mengenal lapiek pandan anak nagari Padang Laweh Selatan, dan sekaligus kontribusi pariwisata daerah di Kabupaten Sijunjung. 

Harapan ke depannya, tambah Jamaluddin yang juga wartawan media Goparlement ini pada tim media mengatakan, dengan dipercayakan perajin anak nagari Padang Laweh Selatan untuk memenuhi permintaan  Pemda setempat dalam pengadaan lapiek pandan sebagai alas lantai 15 rumah gadang di kampung adat, Sijunjung ini semoga perajin tradisional kian maju, berkembang, dan semakin diminati masyarakat luas. Bukan di Sijunjung saja, kalau bisa hingga manca negara, ulas Jamaluddin penuh semangat. 

#GP | Y. CAN | TIM.

Post a Comment

0 Comments

PT.Andalas Nusantara Parlemen Mengucapkan, Selamat datang di Website www.goparlement.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga Anda puas, Tertanda; Rifnaldi (CE) Pimred