PDIKM Makin Mendunia


Padang Panjang(SUMBAR).GP- Minggu (10/11) PDIKM tampak ramai. Rombongan pelancong dari berbagai negara hadir di kawasan wisata budaya favorit di Kota Padang Panjang itu.

Salah satunya rombongan dari Ming Chi University of Technology Taiwan. Mereka disambut langsung oleh Sekdako Padang Panjang Sonny Budaya Putra, AP, M. Si dan sejumlah pejabat Pemko Padang Panjang.

Rombongan dari Cina Taipei tampak  terkesima akan adat istiadat  dari Minangkabau yang dijelaskan oleh salah seorang pemandu yang diterjemahkan ke bahasa Inggris.

Disisi lain adat istiadat dari Minangkabau ternyata memiliki sejumlah kemiripan dengan orang Cina. Maklum, konon orang Minangkabau dulu berasal dari Yunan Cina.

Thu- Hua Liu President of Ming Chi  University of Technology menjelaskan budaya Minangkabau memiliki sejumlah  kesamaan dengan Cina Selatan. " Wanita memiliki dominasi di dalam kehidupan sosial," ungkapnya. Dominasi itu terlihat dari hak waris yang turun ke pihak perempuan.

Selain berwisata, Ming Chi University of Technology memiliki sejumlah agenda yakni menjalin kerjasama pendidikan dengan sejumlah universitas di Sumatera Barat. Mereka berkunjung  ke PDIKM bersama  salah seorang pejabat Lembaga layanan Pendidikan Tinggi dan dari Politeknik Negeri Padang.

Tak salah kiranya jika PDIKM Makin Diminati Turis Mancanegara.

#GP | Komonfo | Hrs | RED

Post a Comment

0 Comments

PT.Andalas Nusantara Parlemen Mengucapkan, Selamat datang di Website www.goparlement.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga Anda puas, Tertanda; Rifnaldi (CE) Pimred