HJK Sawahlunto Ke 131, Pemko Awali Dengan Makan Bajamba


Sawahlunto(SUMBAR).GP- "Pada kegiatan ultah kota Sawahlunto ke 131 kali ini (1 Des 2019), ada yang berbeda dari kegiatan tahun-tahun sebelumnya". Ujar Walikota Sawahlunto Deri Asta SH pada jumpa pers Kamis sore (28/11) di ruang rapat balai kota.

Sebelum acara puncak makan bajamba, kita akan mengarak Sertifikat (duplikat) Sawahlunto sebagai kota warisan dunia UNESCO dan Sertifikat Songket Silungkang sebagai Warisan Nasional.

Arak-arakan ini, akan kita awali dari Rumdis Walikota ke lokasi makan bajamba yang sekaligus akan diikuti oleh para tamu dan undangan. Direncanakan rombongan dari Bappenas RI, Kementrian PU (menunggu konfirmasi), Gubernur Sumbar dan teristimewa rombongan Gubernur Riau bersama para bupatinya dan Andre Rosadi (anggota DPR RI) serta tak lupa tentunya, tokoh perantau Sawahlunto seperti Sofyan Wanandi, Asril Tanjung dan yang lainnya.

Hal ini kita lakukan, "agar masyarakat Sawahlunto, tak hanya mendengar tetapi juga bisa langsung melihat sertifikat yang kita peroleh beberapa waktu yang lalu itu",  ungkap Deri Asta menambahkan.

Pada perayaan ultah kali ini, "pihak panitia akan menyiapkan 700 sampai 1000 porsi, agar kegiatan ultah ini dapat betul-betul dirasakan dan dinikmati (makan bajamba) secara bersama oleh masyarakat Sawahlunto," ujarnya lagi.

Kegiatan makan bajamba ini, sudah identik dan sudah "tradisi" dengan ultah Kota Sawahlunto. Kegiatan inilah, yang membedakan Sawahlunto dengan daerah lain di Sumatra Barat.

Untuk itu, ciri khas makan bajamba yang sudah "membudaya" di kota multi etnis ini, harus kita pelihara dan terus kita tumbuh-kembangkan. Walau secara tekhnis, kekurangan yang terjadi selama ini, "misalnya makan bajambanya tidak serentak perlu kita benahi, " tambah Deri Asta, di depan para awak media yang hadir.

Untuk hal seperti itu, tentu perlu kesadaran dan kerjasama dari kita semua. "Mari kita benahi secara bersama, agar makna dari makan bajamba itu (rasa persaudaraan), dapat betul-betul dirasakan oleh semua warga  masyarakat, utamanya warga Kota Sawahlunto". Ungkap Deri Asta, mengakhiri pertemuannya.



#GP | FD

Post a Comment

0 Comments

PT.Andalas Nusantara Parlemen Mengucapkan, Selamat datang di Website www.goparlement.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga Anda puas, Tertanda; Rifnaldi (CE) Pimred