PBB Sarana Babinsa Latih Kedisiplinan Peserta Pramuka Penggalang - Go Parlement | Portal Berita

Breaking

PBB Sarana Babinsa Latih Kedisiplinan Peserta Pramuka Penggalang

Kamis, November 28, 2019

Aceh Timur(ACEH).GP- Untuk melatih kedisiplinan generasi muda sejak dini, Babinsa Koramil 15/Peureulak Barat Kodim 0104/Aceh Timur Serda Eko Pranoto melaksanakan kegiatan pelatihan Peraturan Baris Berbaris (PBB) kepada peserta Pramuka Penggalang Siswa/i, yang bertempat di SMPN 1, Desa Alue Bu, Kecamatan Peureulak Barat, Kabupaten Aceh Timur, Kamis (28-11-2019).

Kepada awak media Danramil 15/Plkb Kapten Inf Mashudi melalui Serda Eko mengatakan bahwa, "PBB merupakan suatu wujud fisik yang diperlukan untuk menanamkan kebiasaan tata cara hidup suatu organisasi masyarakat yang diarahkan kepada terbentuknya perwatakan tertentu," ungkapnya.

Tujuan dari pelatihan PBB adalah menumbuhkan sikap jasmani yang tegap dan tangkas, rasa persatuan, disiplin sehingga dengan demikian senantiasa dapat mengutamakan kepentingan tugas diatas kepentingan individu, dan secara tak langsung juga menanamkan rasa tanggung jawab. Menumbuhkan adalah mengarahkan pertumbuhan tubuh yang diperlukan untuk tugas pokok tersebut sampai dengan sempurna.

Sedangkan rasa persatuan adalah rasa senasib sepenanggungan serta adanya ikatan batin yang sangat diperlukan dalam menjalankan tugas.

Lanjutnya, disiplin adalah mengutamakan kepentingan tugas diatas kepentingan individu yang hakikatnya tidak lain dari pada keihklasan, penyisihan/menyisihkan pilihan hati sendiri.

Dalam kegiatan tersebut, Serda Eko memberikan teori dan juga praktek PBB. Dalam latihan baris berbaris diperlukan kekompakan dan konsentrasi. Sehingga, materi baris berbaris dapat diserap dengan cepat.

“Tanpa keseriusan, kekompakan dan semangat, baris berbaris akan terlihat jelek karena kunci keindahan PBB adalah semangat dan kompak," kata Babinsa disela-sela latihan.

Eko menambahkan, sepanjang melaksanakan latihan baris berbaris, ia melihat para siswa begitu bersemangat. Hal ini mencerminkan bahwa mereka terbiasa dengan disiplin yang tinggi, selain itu kegiatan ini juga sebagai bentuk persiapan Lomba PBB tingkat Kabupaten, “tandas Babinsa yang murah senyum itu.


#GP | FD

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HASIL PEMILU

Pages

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS