Waketum LKAAM Sumbar H.Epi Radisman Dt Paduko Alam SH : Nilai Badunsanak Masih Terjaga di Desa Kampung Baru. - Go Parlement | Portal Berita

Breaking

Waketum LKAAM Sumbar H.Epi Radisman Dt Paduko Alam SH : Nilai Badunsanak Masih Terjaga di Desa Kampung Baru.

Minggu, Juli 07, 2024



Sijunjung (SUMBAR), GP Kaum Suku Caniago Kampuang Baru Kecamatan Kupitan hadirkan Waketum LKAAM Provinsi Sumatera Barat H Epi Radisman Dt Paduko Alam SH dalam acara pertemuan rutin bulanan, Sabtu (6/7-2024) di rumah Bundo Rosnidar Desa Kampuang.


Menurut Ketua komunitas suku Caniago Kampuang Baru H Nasrun Pokiah Sampono bahwa pertemuan malam ini adalah pertemuan yang ke- 6 (enam) dengan acara pokok pendalaman materi Adat Alam Minangkabau khusus tentang kekerabatan persukuan Caniago yang berada dikampung halaman yang saat ini hanya  379 orang, sementara 1527 orang lainnya berada di perantauan, ungkap Sang Haji Nasrun.


Tepat pukul 20.15 Wib acara silaturrahmi Suku Caniago setempat dibuka dengan Bismillahirrahmanirrahim oleh pimpinan sukunya Refliadi Dt Penghulu Malin  dengan mempersilahkan  pembacaan ayat suci Alquran yang merdu kepada kemenakannya  Bundo Reni Rahim.


Dalam acara yang sarat dengan nilai silaturrahmi harmonis tersebut, Waketum LKAAM Provinsi Sumatera Barat H Epi Radisman Dt Paduko Alam SH kelihatan terharu dan merasa bangga bahwa di Kampung Baru  nilai hidup "Badunsanak"  masih terjaga kerukunan kekerabatan "Ayam Bainduak, Siriah Bajunjuangan dan Sarai ba umpun", serta raso Jo pariso terpakai dengan baik, bahkan kontak kebatinan sesama anggota kaum Suku Caniago Kampuang Baru dimanapun mereka berada baik yang berdomisili di kampung halaman maupun diperantauan tampak terjalin dengan harmonis.


"Kaba elok bahimbauan, kaba buruk bahamburan", ucap Sang Datuak Paduko Alam dengan wajah bangga.


Bahkan  Datuk Paduko Alam sempat melontarkan kata pujian bahwa Suku Caniago,  dari dahulu hingga saat ini masih tetap  bernama suku CANIAGO.


Lebih lanjut beliau mengisahkan karakteristik cucuang kamanakan yang bersuku Caniago ini, bercita-cita tinggi, ingin mendapatkan Ruso Nan Batanduak Omeh, sembari sang  Datuak mengakhiri ceramahnya.


#GP | era

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HASIL PEMILU

Pages

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS