Desa Kampung Baru "Kampung Aman" Dengan Inovasi Posdalen. - Go Parlement | Portal Berita

Breaking

Desa Kampung Baru "Kampung Aman" Dengan Inovasi Posdalen.

Rabu, Juli 10, 2024

 


Sijunjung (SUMBAR).GP-  Jalnibus SPd MM NLP, lahir SWL/Sjj 1 Juli 1967, salah seorang anak pasangan Bustami Jalalin, Alm & Ibunya Syamsinar, adalah Pemimpin yang kreatif dalam memimpin masyarakatnya.


Kampung Baru satu satu Desa dalam Wilayah Kecamatan Kupitan, Kabupaten Sijunjung terletak antara Nagari Padang Sibusuk dengan Batu Menjulur.


Jalnibus menjadi Kepala Desa Kampung Baru, sejak 11 Juni 2021 lalu, sudah 2 kali mendapat undangan dari Kapolres Sijunjung dalam rangka HUT Bhayangkara, pertama pada HUT Bhayangkara ke 75 menerima Piagam dari  Kapolres sebagai Nagari terbaik 3 dalam penanganan Pemberlakuan  Pembatasan  Kegiatan Masyarakat ( PPKM)  Berbasis Mikro dan Rumah Isolasi  Covid 19 pada 1 Juli 2021.


Berikutnya, pada HUT Bhayangkara ke 78 1 Juli 2024 juga ikut upacara dalam peringatan Hari Bhayangkara dan menerima piagam penghargaan atas kesuksesannya menjalan program "Kampung Aman".


Ketika berbincang bincang dikantornya, Selasa (9/7) Jalnibus dalam hal menciptakan Keamanan dan ketertiban masyarakat dan lingkungan, Jalnibus  berinovasi membikin Pos Ronda On line yang disebut dengan "POSDALEN".


Melalui Posdalen, warga desa jadi aktif dan memberi berpeluang berkontribusi menyampaikan informasi lewat WhatsApp group yang langsung dikelola oleh kepala dusun sebagai kepala wilayah.


Semua informasi yang masuk  di kelola dan direkap  semuanya oleh kepala dusun dan dalam rapat kerja perangkat akan dibahas bagaimana memberikan solusi dari permasalahan yang timbul dalam lingkungan dusun tersebut.


Selain itu, Kapala Desa Kampung Baru Jalnibus menjelaskan, desa ini  juga  punya  "Relawan Desa"  yang berperan aktif jika terjadi bencana atau gangguan yang sifatnya mendadak.


Meskipun kita tetap mempertahankan adanya  Pos Ronda manual sebanyak  2 unit  yang berada di Dusun Koto Panjang dan Dusun Koto Atas dengan melibatkan Linmas, FKPM dan masyarakat yang di bina langsung oleh "Tiga Pilar" yaitu  Babinsa,  Babinkantibmas dan Pembes.


Menurut Jalnibus, "Tiga Pilar"  ini terus bersinergi dalam melakukan bimbingan, pembinaan dan pengawasan terhadap unsur terkait demi terwujudnya kondisi aman di Kampung Baru ini.


"Dengan menerapkan pola kebersamaan ini, insya Allah kita bisa menekan angka gangguan kriminal apapun, sehingga tercipta keamanan dan ketertiban yang membuat masyarakat  nyaman,  tenang dalam kehidupan bermasyarakat," ungkap Jalnibus sang mantan Pegawai Dinas Pendidikan itu.


Selain itu, apapun kegiatan dan program Kampung Baru, selalu diinformasikan kepada perantau PB IKBK, alhamdulillah PB IKBK yang ada diberbagai daerah selalu berkontribusi dan berdonasi untuk mendukung program kita di Kampung Baru.


Salah satu bukti PB IKBK telah berdonasi untuk masyarakat Kampung Baru berupa sebuah kendaraan sejenis Ambulance yang bisa di gunakan masyarakat disaat darurat dan kapan dibutuhkan.


Pembinaan kepada mahasiswa KKN UNP dan Unand Padang 


Dalam peluang pembimbingan  dan pembinaan bagi Mahasiswa Unand dan UNP yang kini sedang ber KKN di Kamang Baru, kita memang wanti wanti dengan dosen pembimbing lapangan (DPL)nya semua peserta KKN di Desa Kampung Baru ini menjadi anak dan kemanakan sendiri.


Kita berharap, mahasiswa yang ber KKN di Desa Kampung Baru, keluar dari desa ini dan kembali ke Kampus membawa ketrampilan, kenangan yang berbekas yang bermanfaat bagi pribadinya mahasiswa dan menjadi pedoman dalam pelaksanaan KKN berikutnya oleh Kampusnya.


Kita bersama adik adik mahasiswa selama dia ber KKN di Kampung  Baru, mereka kita dorong dan bimbing untuk menulis sesuatu yang ada disini baik wisata, sosial budaya dan penggalian sejarah, keagamaan , kepemudaan yang ada di Desa Kampung Baru.


"Semua hasil karyanya akan dibukukan dalam bentuk jurnal mahasiswa KKN di Desa Kampung Baru satu buah tinggal di desa sebagai arsip dan satu buku diserahkan ke Kampus bidang Pengabdian masyarakatnya," papar Jalnibus.


#GP | Herman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HASIL PEMILU

Pages

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS