Paud Negeri Percontohan Kabupaten Sijunjung Gelar Pawai "Maarak Marapulai Jo Anak Daro" sebagai Puncaknya P5 - Go Parlement | Portal Berita

Breaking

Paud Negeri Percontohan Kabupaten Sijunjung Gelar Pawai "Maarak Marapulai Jo Anak Daro" sebagai Puncaknya P5

Jumat, Juni 07, 2024



Sijunjung (SUMBAR).GP-  Kadis Pendidikan Kabupaten Sijunjung diwakili Kasi Kurikulum Bidang Paud Trivami Handayani, S.Pd melepas kegiatan pawai "Maarak Marapulai dan Anak Daro" yang digelar Paud  Negeri Percontohan Kabupaten Sijunjung di Ruang Terbuka Hijau (RTH), Jumat (7/6).

Selain Kasi Kurikulum Paud Trivami dalam acara prosesi melepas arak arakan 25 murid  TK A dan 59 orang murid TK B itu, juga terlihat hadir Pengawas Sekolah Kecamatan Sijunjung Jasnimar, S.Pd., Anggota Satlantas Irwandi dan Anggota Dishub serta Kepala Paud Negeri Percontohan Kabupaten Sijunjung, Desfita Sari, M.Pd dengan 15 orang guru lainnya serta puluhan  orang tua muridnya.


Dalam pengarahan singkatnya, Trivami menyampaikan kegiatan Projek penguatan profil pelajar Pancasila (P5) merupakan Implementasi Kurikulum Merdeka yang tengah digiatkan pada semua sekolah.


"Anak anak kita diperkenalkan sejak dini tentang seni, budaya sehingga kedepannya anak anak kita ini tumbuh rasa mencintai budaya daerahnya sekaligus mencintai tanah air, bangsa dan negara Republik Indonesia," paparnya.


"Kami dari Dinas Pendidikan Kabupaten Sijunjung, sangat mengapresiasi kolaborasi yang sangat baik antara guru Paud  Negeri Percontohan Kabupaten Sijunjung  dengan orang tua murid semua, sehingga terlaksananya kegiatan "Maarak Marapulai Jo Anak Daro" sebagai puncaknya P5 di Paud Negeri Percontohan ini," ucap Trivami.


"Dengan ucapan bismillahirrahmanirrahim,pada saat ini saya lepas "Pawai Maarak Marapulai Jo Anak Daro" Paud Negeri Percontohan Kabupaten Sijunjung," ucap Trivami.


Terpantau murid Paud dan orang tuanya dengan pakaian bernuansa Minangkabau sangat antusias berjalan kaki diawali mobil Patwal Satlantas Polres Sijunjung dan Tim petugas Dishub yang aktif mengatur lalu lintas dari RTH sampai ke Tugu depan GOR Sibenuang Muaro.


Dari depan GOR Sibenuang murid murid bersama dengan kenderaan orang tuanya masing masing menuju  ke Sekolah Paud Negeri Percontohan Kabupaten Sijunjung depan SKB untuk  mengikuti kegiatan pentas seni dan makan bajamba bersama orang tua dan undangan lainnya.


Kepala Paud Negeri Percontohan Kabupaten Sijunjung, Desfita Sari S.Pd., M.Pd mengaku bahagia kegiatan puncak P5  (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) berjalan aman, tertib dan lancar.


"Apresiasi kita sampaikan kepada semua orang tua murid,  majelis guru,  anggota Satlantas dan Dinas Perhubungan atas partisipasi semuanya terselenggara kegiatan puncak P5 Paud Negeri Percontohan Kabupaten Sijunjung ini," Aku Desfita Sari.


Dikatakannya, kegiatan ini merupakan bentuk Implementasi kurikulum merdeka yang bertujuan membentuk pelajar Indonesia yang berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.


Kegiatan P5 kita hari ini,  bertemakan "Kita Semua Bersaudara"  yang mengajarkan untuk saling menghormati, memahami, dan bekerja sama tanpa memandang perbedaan suku, agama, atau budaya,  jelas Desfita Sari


Melalui kegiatan Maarak Marapulai Jo Anak Daro akan tercipta rasa saling menghargai, menghormati dan saling kerjasama, sekaligus mengenal dan melestarikan budaya daerah setempat.


Sebagaimana kita rasakan,  disadari atau tidak selama ini budaya alam Minangkabau sudah banyak yang mulai hilang, justeru itulah melalui kegiatan P5 ini kami ingin mewujudkan  peserta didik PAUD Negeri Percontohan Kabupaten Sijunjung yang berbudi pekerti yang baik dan berbudaya, tutup Desfita.


#GP | Herman.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HASIL PEMILU

Pages

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS