KPU Gelar Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara Pemilu 2024 - Go Parlement | Portal Berita

Breaking

KPU Gelar Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara Pemilu 2024

Rabu, Januari 31, 2024


Padang Panjang(SUMBAR).GP- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Padang Panjang menggelar Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara Pemilu 2024 di Auditorium Mifan Waterpark, Rabu (31/01/2024).


Ketua KPU Padang Panjang, Puliandri mengatakan, melalui simulasi pemungutan dan penghitungan suara ini pihaknya telah siap melaksanakan tahapan proses Pemilu 2024.


“Kegiatan simulasi ini merupakan bagian dari kesiapan kami, serta upaya untuk memastikan kesiapan petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) jelang Pemilu 2024,” katanya.


Diungkapkan dalam simulasi kali ini, sebanyak 58 petugas PPK dan PPS se-Kota Padang Panjang dan KPPS langsung terlibat sebagai masyarakat yang mempunyai hak pilih dan petugas di TPS. 


“Simulasi juga menjadi bagian dari persiapan yang matang untuk pemungutan suara Pemilu 2024 dalam memastikan kecakapan pemantapan para petugas dalam melaksanakan tugas dan perannya masing-masing,” lanjutnya.


Puliandri berharap, para petugas yang terlibat nantinya dapat melaksanakan tugas mereka dengan maksimal saat hari pemungutan suara.


“Dengan persiapan yang matang dan semangat yang tinggi, KPU berharap pelaksanaan Pemilu 2024 dapat berjalan lancar dan hasilnya dapat dipercaya masyarakat,” sebutnya.


Dillpjelaskan, pelaksanaan pemungutan pada 14 Februari 2024 akan dimulai pukul 07.00WIB. Kemudian dilanjutkan dengan penghitungan surat suara.


“Kita harapkan pada pelaksanaannya nanti semuanya bisa sesuai rencana dan berjalan aman, lancar dan kondusif,” harapnya.


Dalam kegiatan simulasi ini, KPU juga memberikan penjelasan kepada calon pemilih tata cara pencoblosan, serta memasukkan surat suara ke dalam kotak suara sesuai dengan warna kertas suara.


“Pemilihan Presiden warna abu-abu, DPR RI kuning, DPD RI merah, DPRD Provinsi biru dan DPRD Kota hijau,” tutupnya.


Sementara itu, Penjabat (Pj) Wali Kota, Sonny Budaya Putra, A.P, M.Si menyampaikan, apresiasi kepada jajaran KPU yang telah menggelar kegiatan simulasi pemungutan dan penghitungan suara Pemilu 2024.


“Semoga simulasi ini bisa berjalan sesuai dengan harapan. Kegiatan ini merupakan representasi kejadian pemungutan suara sesungguhnya dan persiapan untuk menghadapi situasi riil dan kendala di lapangan pada pemilu nanti," ucapnya.


Sonny berharap simulasi ini dapat memberikan edukasi dan pemahaman terhadap bagaimana caranya nanti agar masyarakat dapat memberikan hal suara mereka pada pemilu serentak nanti. 


"Mari sama-sama kita sukseskan Pesta Demokrasi 2024 dengan aman dan nyaman, lancar serta sukses. Semoga angka partisipasi masyarakat khususnya di Padang Panjang pada pemilu kali ini dapat lebih meningkat daripada sebelumnya," tutupnya.


Turut hadir pada kesempatan tersebut, Kapolres Padang Panjang, AKBP. Kartyana Widyarso Wardoyo Putro, SIK, MAP, perwakilan Danramil, Kejaksaan, Rutan Kelas II B, kepala OPD terkait, Bawaslu dan undangan lainnya.


#GP | DF | Rifki

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HASIL PEMILU

Pages

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS