Syarat CPNS 2024, Lulusan SMA hingga S1, Usia 40 Tahun Masih Bisa Daftar - Go Parlement | Portal Berita

Breaking

Syarat CPNS 2024, Lulusan SMA hingga S1, Usia 40 Tahun Masih Bisa Daftar

Kamis, Desember 21, 2023

 



Syarat CPNS 2024, Lulusan SMA hingga S1, Usia 40 Tahun Masih Bisa Daftar

© Disediakan oleh Prokalteng

 

Padang Panjang(SUMBAR).GP–  Pemerintah akan membuka kembali seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (PNS). Peserta yang memenuhi syarat CPNS 2024 dipersilakan untuk mendaftar sesuai prosedur yang sudah ditetapkan.

 

Selain lulusan SMA hingga S1 yang memenuhi syarat CPNS 2024, peserta yang telah berusia 40 tahun juga diperkenankan untuk mendaftar. Namun, ada sejumlah syarat yang harus dipenuhi.

 

Berikut ini syarat CPNS 2024 sesuai Permenpan RB 27/2021:

 

1. Pelamar merupakan Warga Negara Indonesia (WNI);

2. Pelamar tidak pernah dipidana penjara selama 2 tahun atau lebih;

3. Pelamar tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai PNS, TNI, Polri, atau pegawai swasta;

4. Pelamar tidak berkedudukan sebagai CPNS, PNS, TNI, atau Polri;

5. Pelamar tidak menjadi anggota atau pengurus partai politik atau terlibat politik praktis;

6. Pelamar memiliki kualifikasi pendidikan sesuai dengan persyaratan jabatan;

7. Pelamar sehat jasmani dan rohani sesuai dengan persyaratan jabatan yang dilamar;

8. Setelah menjadi CPNS, bersedia ditempatkan di seluruh wilayah NKRI atau negara lain yang ditentukan oleh instansi pemerintah;

9. Pelamar berusia 18-35 tahun pada saat melamar kecuali dokter spesialis, dokter gigi spesialis, dokter pendidik klinis, dosen, peneliti, dan perekayasa yang boleh melamar CPNS dengan batas usia paling tinggi 40 tahun.

 

Apa syarat CPNS 2024 bagi lulusan terbaik atau cumlaude?

1. Pelamar mempunyai jenjang pendidikan paling rendah S1, tidak termasuk D-IV;

2. Pelamar berasal dari perguruan tinggi terakreditasi A/unggul dan program studi terakreditasi A/unggul pada saat kelulusan yang dibuktikan dengan tanggal kelulusan yang tertulis pada ijazah;

3. Pelamar yang merupakan lulusan dari perguruan tinggi luar negeri memperoleh penyetaraan ijazah dan surat keterangan yang menyatakan predikat kelulusannya setara dengan cumlaude dari Kemendikbudristek.

 

Apa syarat CPNS 2024 bagi penyandang disabilitas?


1. Pelamar melampirkan surat keterangan dari dokter rumah sakit pemerintah/puskesmas yang menerangkan jenis dan derajat kedisabilitasannya;

2. Pelamar menyampaikan video singkat yang menunjukkan kegiatan sehari-hari dalam menjalankan aktifitas sesuai jabatan yang akan dilamar.

Bagi masyarakat yang memenuhi syarat tersebut dan berminat mendaftar CPNS 2024, bisa mempersiapkan diri mulai dari sekarang dengan memperbanyak latihan soal.


Masyarakat yang bingung juga bisa mencoba mengikuti bimbingan belajar (bimbel) CPNS. Salah satu bimbingan belajar yang bisa menjadi rekomendasi, yaitu JadiASN. Bimbel CPNS Jadi ASN tersedia dalam bentuk aplikasi yang mudah diunduh baik di Google Play Store maupun Apple Store.


Ada banyak keuntungan yang akan didapat setelah menjadi peserta bimbel CPNS Jadi ASN. Jadi ASN menyediakan video materi lengkap dengan pembahasan yang mudah dipahami peserta.


Bimbel CPNS Jadi ASN menyediakan grup diskusi dan belajar agar para peserta bisa saling berbagi informasi. Jadi ASN juga menyediakan program latihan soal yang sudah disesuaikan dengan soal CPNS dan PPPK.


Setiap 2 minggu sekali, digelar latihan soal akbar serentak dan informasinya akan disampaikan di grup serta instagram jadi asnofficial. Jadi ASN juga menyediakan program simulasi tryout di mana soalnya akan disesuaikan semirip mungkin dengan soal CPNS dan PPPK yang asli.


Tak hanya itu, setiap 2 minggu sekali, bimbel juga mengadakan tryout gratis akbar serentak dan informasinya akan disampaikan di grup serta instagram jadi asnofficial.


#GP | Sumber | pri/jawapos.com

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HASIL PEMILU

Pages

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS