Disdukcapil Padang Panjang Luncurkan Lima Inovasi - Go Parlement | Portal Berita

Breaking

Disdukcapil Padang Panjang Luncurkan Lima Inovasi

Jumat, Desember 22, 2023


Kadisdukcapil Padang Panjang Rudi Suharman, AP, M.Si 


Padang Pajang(SUMBAR).GP- Penjabat (Pj) Wali Kota, Sonny Budaya Putra, A.P, M.Si, didampingi Kadisdukcapil Padang Panjang Rudi Suharman, AP, M.Si luncurkan lima inovasi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) di Rumah Dinas Wali Kota, Rabu (20/12).


Lima inovasi yang diluncurkan di antaranya Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM). Dukcapil Bermitra yaitu Dukcapil memberikan layanan administrasi kependudukan hingga perumahan. Uda Wako (Urus Dokumen Daerah Asal Warga). Uda Pabasko (Urus Dokumen Adminduk Padang Panjang, Batipuh, X Koto), Bertaubat (Bersama Rumah Tahanan Update Data Warga Binaan dan Terbitkan Dokumen Kependudukan).


Dalam sambutannya, Sonny menyampaikan, memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat, khususnya dalam bidang administrasi kependudukan dan pencatatan sipil, harus menjadi komitmen seluruh Disdukcapil.


“Alhamdulillah, hal tersebut diinterpretasikan dengan baik oleh Disdukcapil Padang Panjang yang terus berinovasi dalam pelayanan. Berturut-turut menjadi OPD Tlterinovatif. Kami sangat mengapresiasi komitmen inovasi ini, tidak hanya Disdukcapil, namun juga seluruh OPD yang ada,” ujarnya.


Ia juga mengimbau, kepala OPD untuk menciptakan ekosistem dan budaya kerja yang inovatif, mendorong personel untuk selalu berpikir out of the box. Sehingga ke depan akan selalu muncul inovasi-inovasi baru dalam pelayanan publik maupun tata kelola pemerintahan


“Namun saya ingin mengingatkan, tugas kita tidak selesai dengan hanya menciptakan inovasi. Saya tidak ingin inovasi ini hanya menjadi ajang pamer, tetapi tidak dikelola dengan baik. Setelah ini adalah bagaimana inovasi ini bisa diketahui dan dimanfaatkan  masyarakat,” tuturnya lagi.


Sementara itu, Kepala Disdukcapil Provinsi Sumatera Barat, Drs. Besri Rahmad, M.M juga mengapesiasi Disdukcapil Padang Panjang yang terus melahirkan inovasi untuk pelayanan publik.


“Tugas admin Dukcapil itu semakin banyak, semakin beragam dan semakin sangat dibutuhkan. Karena semua layanan publik yang diberikan kepada masyarakat itu didasari kepada dokumen Dukcapil. Semua penduduk harus mempunyai dokumen Dukcapil,” ungkap Besri.


Peluncuran inovasi Disdukcapil tersebut juga dilaksanakan Rapat Koordinasi Penyelenggaraan dan Pelaksanaan Administrasi Kependudukan Kabupaten/Kota se-Sumatera Barat.


Juga dilakukan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama antara Disdukcapil dengan fasilitas kesehatan untuk penerbitan dokumen kependudukan bagi bayi yang baru lahir. Juga dengan kecamatan dalam hal pendistribusian sebagian pelayanan adminduk untuk Akte Kematian.


Ikut hadir kepala dan sekretaris Disdukcapil se-Sumbar, kepala OPD di lingkungan Pemerintah Kota Padang Panjang, camat dan lurah serta undangan lainnya. 


#GP | CE

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HASIL PEMILU

Pages

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS