Waketum LKAAM Provinsi Sumbar H.Epi Radisman, Dt Paduko Alam , SH Jadi Nara Sumber Penguatan Lembaga KAN Nagari Bukit Bais. - Go Parlement | Portal Berita

Breaking

Waketum LKAAM Provinsi Sumbar H.Epi Radisman, Dt Paduko Alam , SH Jadi Nara Sumber Penguatan Lembaga KAN Nagari Bukit Bais.

Selasa, November 14, 2023

 


Kab.Solok (SUMBAR).GP- Waketum LKAAM Provinsi Sumatera Barat H Epi Radisman Dt Paduko Alam SH tampil berkarismatik dan sedikit humoris dihadapan 40 orang peserta pembekalan  penguatan Peran Lembaga Adat Nagari,  di Aula Kantor Wali Nagari BUKIT BAIS Kecamatan IX Koto Sungai Lasi,  Kabupaten Solok, Selasa (14/11-2023).


Kegiatan yang digagas Wali Nagari Bukit Bais Ibu USNIDAR yang sengaja telah memprogramkan didalam APB Nagarinya itu, diharapkan dapat meningkatkan kopetensi diri para peserta yang terdiri dari Ninik Mamak Pemangku Adat, Bundo Kanduang, staf pemerintahan Nagari dan tokoh generasi muda lainya, semoga dapat mendorong pembangunan Nagari yang lebih baik, harap Wali Nagari berkelamin perempun itu pada saat membuka secara resmi kegiatan pembekalan.


Justru, kami sengaja mendatangkan Nara Sumber yang profesional dari luar Kabupaten Solok, tukuk buk Wali yang kelihatannya cukup berbadan itu.


Dalam pemberian materi pembekalan, Sang Datuak Paduko Alam sengaja menitik beratkan arahannya kepada  Pelibatan Orang Tua  (terutama Ibu) dalam pengembangan Adat dan Budaya Minangkabau, karena Minangkabau adalah satu-satunya budaya adat yang menerapkan azas Matrilinial atau berpihak  kepada kaum perempuan (ibu) dewasa ini didunia.


Betapa tidak, perempuan (ibu) lah yang bisa hamil, yang bisa melahirkan, yang bisa menyusui malah ibu lah yang sangat dekat dengan anak-anaknya. 


Maka ibu adalah memiliki peran sangat penting dalam penciptaan generasi Minangkabau yang islami disepanjang masa. Tambah Sang Datuak Paduko Alam mengakhiri ceramahnya.


#PG | Herman | era.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HASIL PEMILU

Pages

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS