Novi Edmawita, M.Pd : Hebat Sendiri itu Biasa, Hebat Bersama-sama itu Jauh Luar Biasa. - Go Parlement | Portal Berita

Breaking

Novi Edmawita, M.Pd : Hebat Sendiri itu Biasa, Hebat Bersama-sama itu Jauh Luar Biasa.

Sabtu, November 18, 2023

 


Sijunjung (SUMBAR).GP- Hebat sendiri itu biasa, hebat bersama sama itu jauh luar biasa, demikian  motto dalam hidupnya Novi Edmawita, M.Pd, yang lahir di Sijunjung pada 28 November 1983 lalu, kini dia menjadi Kepala sekolah di  SDN 17 Sijunjung, Kecamatan Sijunjug.



Pernah menjadi guru di SDN 13 Muaro, sejak diangkat jadi CPNS tahun 2010 lalu atau telah mengabdi selama 13 tahun lebih disini.  Setelah lulus mengikuti program Guru Penggerak,  pada 31 Juli 2023, dipromosikan menjadi kepala sekolah di SDN 17 Sijunjung.


"Alhamdulillah, kita tidak sia sia aktif dalam komunitas guru bergerak (KGB) sebelumnya, semua kegiatan selama mengikuti program guru penggerak sangat relevan dengan yang kita tekuni sebelumnya," ungkap Novi panggilan akrabnya, Jumat (17/11).


Dikatakannya, yang menjadi motivasinya melanjutkan pendidikan ke tingkat Srata dua  (S2) adalah  untuk menambah ilmu pengetahuan dalam  meningkatkan kompetensi guru. Ini juga sebagai bukti, bahwa  belajar itu harus berlangsung sepanjang hayat.


"Meskipun kita selaku guru SD tidak ada salahnya melanjutkan pendidikan sampai ke Srata dua (S 2)  maupun ke S 3 kapan perlu, yang penting ada waktu, peluang dan semangat," ungkap guru yang telah sukses meraih M.Pd di Universitas Terbuka ini.



Ketika  menjawab pertanyaan media, bagaimana lika liku mencapai Master itu, sang motivator guru guru di Sijunjung ini menyebutkan, perjalanan panjangnya dimulai Januari 2020 bersama 19 orang teman seperjuangannya banyak mengalami suka dan duka dalam mencapai cita cita ini.



Dari Kabupaten Sijunjung awalnya ada 11 orang, 4 orang dari Dharmasraya  4 orang dan dari Tanah Datar sebanyak 4 orang, bergabung dalam satu kelas Kelompok Belajar (Pokjar) Sijunjung pada Universitas Terbuka (UT) UPBJJ Padang.


Perjuangan yang sulit dirasakan, saat harus mengatur waktu antara tugas kuliah dan kesibukan pekerjaan yang luar biasa, ditambah adanya wabah covid 19 ketika itu. Kita mengikuti setiap tahapan dengan tertatih-tatih disela kesibukan hingga akhirnya bisa mengikuti sidang akhir pada Juni 2023 dan diwisuda 13 November 2023.


Berapa lama bisa menuntaskannya, Novi panggilan akrabnya mengaku 2,5 tahun dapat menyelesaikan perkuliahan Masternya.



Pesan pesannya kepada teman sejawat baik yang belum kuliah atau kepada  yang sedang kuliah S.2, khusus teman seperjuangan dulu  yang kini sedang berjuang pada semester akhir, supaya bersemangat terus, mari segera menuntaskan setiap tahapan. Niat kita untuk mengasah kompetensi semoga menjadi amal ibadah. 


Kepada teman  yang lainnya, mari berusaha menuju Magister, tingkatkan pendidikan karena sejatinya zaman terus berubah,  jangan nanti kita menjadi manusia yang tergilas zaman. Ubah paradigma dengan melanjutkan studi menuju magister.


Novi aktif di Komunitas Guru Belajar Nusantara (KGBN) Sijunjung sebagai ketua umum, bersama kawan kawan  sefrekuensi  selalu  melakukan aktivitas bersama dengan teman lainnya. 


Saat ini juga di amanahi sebagai Ketua Koordinator Guru Penggerak Kabupaten Sijunjung. Dan bersama 21 orang teman guru penggerak lainnya, kami sedang mengikuti pembekalan Pengajar Praktik angkatan 10 yang nantinya akan mendampingi guru guru Penggerak Angkatan 10 di Kabupaten Sijunjung, ujarnya.


#GP | Herman.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HASIL PEMILU

Pages

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS