MGMP Matematika Al-Khwarizmi SMP Kabupaten Sijunjung Gelar Lomba Numerasi Berbasis Math City Map. - Go Parlement | Portal Berita

Breaking

MGMP Matematika Al-Khwarizmi SMP Kabupaten Sijunjung Gelar Lomba Numerasi Berbasis Math City Map.

Rabu, Oktober 11, 2023



Sijunjung (SUMBAR).GP- Lomba Numerasi berbasis Math City Map (MCM) yang digelar MGMP Matematika Al-Khwarizmi Gugus I Kabupaten Sijunjung di RTH Muaro, Rabu, 11 Oktober mendapat perhatian serius dari para siswa SMP/MTs se -Kabupaten Sijunjung.

"Kita sangat apresiasi semua peserta yang sangat antusias mengikuti lomba numerasi matematika berbasis MCM ini, sebelumnya kami sempat pesimis dengan keikut sertaan siswa mengingat matematika pelajaran yang menghantui para siswa," ungkap Ketua Panitia Zelfi Horiandi, S.Pd didampingi Sekretarisnya Siska Eka Putri, M.Pd.

Dikatakan Siska yang bertugas sebagai guru matematika SMPN 7 Sijunjung itu,  lomba ini diikuti SMP dan MTs se Kabupaten Sijunjung dengan inset Rp20.000/peregu. Satu regu dua orang dan masing masing sekolah dapat mengutus peserta lomba lebih dari satu regu dengan catatan harus memakai pakaian sekolah (putih - dongker).

Kepada yang berhasil menjadi pemenang I, II dan III akan memperoleh trophy,Tabanas dan  sertifikat.  Sedangkan untuk  semua peserta akan diberikan sertifikat bukti keikut sertaannya dalam lomba ini.

Lebih lanjut dikatakan Ketua panitia didampingi Ketua MGMP Al-Khwarizmi Yance Permata, yang menjadi syarat dan ketentuan dalam  lomba ini, setiap regu harus  menggunakan 1 gadget yang sudah dilengkapi dengan paket internetnya.

Gadgetnya  sudah terinstall dengan App Math City Map serta peserta harus membawa alat ukur seperti Rol atau meteran. Lomba ini akan dimulai pukul 9.00 wib, ujarnya.

Dalam laporannya, ketua panitia Zelfi Horiandi, S.Pd mengatakan, kegiatan lomba numerasi berbasis MCM  tingkat SMP MTS se-Kabupaten Sijunjung ini, awalnya kami pesimis sekali dengan kegiatan ini, mengingat pembelajaran matematika adalah pembelajaran yang menakutkan bagi peserta didik.

Saat ini kita coba peningkatan numerasi sebagai standar pendidikan, kondisi matematika yang masih menakutkan bagi peserta didik "Komunitas belajar khususnya anggota MGMP Al khawarizmi"  mencoba memberikan sedikit kontribusinya melalui kegiatan lomba berbasis aplikasi MCM ini, semoga harapan kita bersama upaya peningkatan numerasi ini dapat  pengubah mindset peserta didik terhadap matematika.

Menurutnya,  teknologi ini memungkinkan peserta didik melakukan pembelajaran di luar ruangan,  seperti yang akan kita lakukan pada hari ini,  selain itu mengingat generasi kita generasi peserta didik kita saat ini  adalah generasi Z  tentu alangkah baiknya pembelajaran diciptakan,  disesuaikan dengan kondisi zamannya.

"Ini adalah upaya yang diberikan oleh Kemdikbud.  Kabupaten Sijunjung  adalah yang  pertama  kali mengadakan lomba numerasi yang  diadakan oleh Komunitas Belajar setelah Universitas Semarang di Indonesia," ujar Zelfi diiringi tepuk tangan para guru dan peserta lomba.

"Terima kasih kami ucapkan kepada semua pihak yang sudah mendukung suksesnya acara ini terutama, peserta didik yang menunjukkan antusias luar biasa.  Selamat bereksplorasi,  selamat menikmati penjelajahan matematika dengan mcm,  Selamat menikmati penjelajahan matematika dengan HPmu," terang Zelfi menutup sambutannya.

Sedangkan Ketua  MGMP Al Khawarizmi Yance Permata, S.Pd dalam sambutannya, mengatakan, banyak orang tua dan kita guru apalagi siswa, menganggap bahwasanya pembelajaran matematika itu sangat sulit,  tetapi jika pembelajarannya dilakukan dan dikemas dengan nyata maka akan terjadi pembelajaran matematika yang lebih menyenangkan.

Salah satu solusi untuk pembelajaran matematika menjadi yang menyenangkan itu,  kami Komunitas Belajar MGMP Matematika Al-Khwarizmi mengadakan lomba ini dengan menggunakan aplikasi MCM sehingga dapat meningkatkan literasi siswa melalui proses eksplorasi objek-objek yang menarik yang ada  di sekitar lingkungannya baik di  rumah di  sekolah seperti di RTH yang kita adakan saat ini.

"Terima kasih kepada seluruh panitia yang sudah bekerja keras, mempersiapkan kegiatan ini mulai dari H-3 sampai hari ini,  mudah-mudahan semuanya berjalan dengan lancar sampai  akhir," ungkap Yance guru matematika di SMPN 1 Sijunjung itu.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sijunjung diwakili Kabid SMP Muvidar, SH., mengapresiasi seluruh panitia, Kepala Sekolah dan komunitas belajar MGMP Al-Khwarizmi yang telah mengangkat kegiatan lomba Numerasi matematika berbasis MCM ini.

"Kami sungguh bangga melihat  peserta yang sangat antusias sekali mengikuti lomba Numerasi matematika berbasis MCM ini," ungkapnya.

Dikatakan, pelajaran  matematika ini adalah salah satu pelajaran yang menjadi momok bagi peserta didik selama ini, tetapi dengan adanya pembelajaran yang menarik yang dimotori oleh kapala sekolah, para  guru MGMP Al-Khwarizmi ini, semoga pembelajaran matematika kedepan dapat menjadi pembelajaran yang menyenangkan.

Numerasi ini adalah salah satu komponen yang  masuk dalam kurikulum merdeka. Alhamdulillah  rapor Pendidikan Kabupaten Sijunjung untuk komponen ini ada peningkatan dari Tahun 2022 lalu.

"Pada tahun 2023 kita punya peningkatan angka  5,60 sehingga tahun 2023 ini Kabupaten Sijunjung berada  pada posisi diangka 45,82 . Keberhasilan itu  adalah berkat kerja keras kita semua, guru- guru, para  kepala sekolah dan peserta didik kita ," ujar Muvidar.

"Tentunya kami aturkan apresiasi kepada semua guru dan kepala sekolah, dengan harapan selalu lah konsentrasi dalam peningkatan ilmu dan keterampilan peserta didik kita, karena pada 10 tahun atau 20 tahun mendatang mereka mereka ini lah yang akan memimpin daerah dan negara kita," ujar Muvidar menyemangati para tendik daerah ini.

Hadir juga dalam pembukaan lomba numerasi matematika berbasis MCM Kasi Kurikulum SMP Rusdi El Nazir mantan Kasi Kurikulum SMP Hasnul Mujadid, M.Pd yang kini jadi Kasi Tranrib Kecamatan Sumpur Kudus.

Menurut Hasnul Mujadid kegiatan ini sangat tepat sekali di zaman ini, guru tidak cukup dengan hanya memboyong buku teks ke ruang kelas, tetapi harus punya laptop dengan berbagai penampilan media pembelajaran. Hanya dengan penayangan media pembelajaran yang menarik itu, anak anak sekarang bisa menangkap pesan pesan pembelajaran.

"Jadi kita apresiasi atas terobosan MGMP Matematika Al-Khwarizmi Kabupaten Sijunjung ini," ujarnya.

Dari pantauan media, begitu panitia memberikan nomor kode soalnya, kelihatan peserta bertebaran di areal RTH  dengan penuh semangat menuju objek soal sesuai yang ditetapkan,  kelihatan mereka  berdiskusi penuh antusias menindak lanjuti tugas yang diberikan kepada mereka.

Ada juga yang eror, tetapi Ketua Panitia selalu mengingatkan jangan panik dan stres, kita lalui kegiatan lomba ini dengan enjoi, tenang. Masalah tersebut bisa disebabkan signal yang lemah, bisa juga akibat sebagian anak melepaskan paketnya untuk membantu temannya yang lain. Diingat oleh Ketua Panitia agar paketnya sendiri sendiri sesuai instruksi sebelumnya.

Keluar sebagai pemenang dari 188 regu peserta  atau 376 siswa yang diikuti oleh  33  sekolah itu  adalah  Juara I diraih oleh SMPN 7 Sijunjung,  Juara II oleh SMPN 22 Sijunjung dan Juara III oleh SMPN 3 Sijunjung.  Sedangkan harapan 1 dan  harapan 2 diraih oleh SMPN 3 Sijunjung.

#GP | Herman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HASIL PEMILU

Pages

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS