Upacara Peringatan HUT ke 78 Mahkamah Agung RI di PN Muaro Sijunjung, Sumbar Berlangsung Tertib dan Khidmat. - Go Parlement | Portal Berita

Breaking

Upacara Peringatan HUT ke 78 Mahkamah Agung RI di PN Muaro Sijunjung, Sumbar Berlangsung Tertib dan Khidmat.

Sabtu, Agustus 19, 2023



Sijunjung (SUMBAR).GP- Meskipun diguyur hujan pagi Sabtu, 19 Agustus 2023 tidak mengendurkan semangat Aparatur Peradilan untuk mengikuti upacara peringatan HUT Mahkamah Agung (MA) Republik Indonesia ke 78 di depan Kantor Pengadilan Negeri Muaro Sijunjung, Kabupaten Sijunjung, Provinsi Sumbar Ranah Minang.

Bertindak sebagai Pembina upacara HUT Mahkamah Agung ke 78 yang bertemakan" Tingkatkan Integritas Menuju Peradilan Yang Agung" di ibukota Kabupaten Sijunjung itu Ketua PN Muaro Arsul Hidayat, SH., MH., membacakan pidato Ketua Mahkamah Agung Prof.Dr.H.M.Syarifuddin, SH., MA.


Upacara peringatan MA ke 78 tahun 2023 dilaksanakan setelah bendera merah putih berkibar sebelumnya, diawali dengan laporan Pemimpin upacara kepada Pembina upacara,  "Mengheningkan Cipta" dipimpin Pembina upacara dan selanjutnya pembacaan naskah Pancasila oleh Pembina upacara diikuti peserta upacara yang terdiri dari  Hakim, Pejabat Fungsional dan Struktural di lingkungan  Pengadilan Negeri Muaro dan Pengadilan Agama Sijunjung.


Dalam pidato Mahkamah Agung yang dibacakan Ketua PN Muaro Arsul,  antara lain menyampaikan, meskipun tahun 2023 ini menjadi tahun terberat bagi Mahkamah Agung, namun tidak sedikit pula prestasi yang berhasil diraih oleh lembaga Mahkamah Agung dalam tahun 2023.


Pertama, MA berhasil mempertahankan prediket Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK untuk yang ke 11 kalinya secara berturut-turut.


Kedua, MA juga berhasil menjadi peringkat 5 besar kinerja Anggaran terbaik kategori PAGU besar dan tercatat sebagai Lembaga Negara yang berhasil menyumbangkan pajak terbesar bagi pemasukan Nagara tahun 2023.


"Saya berharap semua capaian dan prestasi yang telah diraih selama ini, tidak dirusak prilaku segelintir oknum yang tidak bertanggung jawab sehingga membuat semua upaya dan kerja keras yang telah kita lakukan bersama, akhirnya menjadi sia-sia," pesan ketua MA.


Disampaikan juga oleh Ketua MA, bersamaan dengan peringatan hari ulang tahun (HUT) ke 78 pada tanggal 18 Agustus 2023 kemarin telah diluncurkan 5 aplikasi baru yaitu ;


1). Smart Majelis, yakni aplikasi robotika berbasis kecerdasan buatan untuk memilih majelis secara otomatis.


2).Court Live Streaming, yaitu aplikasi yang memungkinkan masyarakat untuk menyaksikan pembacaan amar putusan kasasi dan peninjauan kembali secara langsung.


3).Satu Jari Ditjen Badilum, aplikasi pada Direktorat Jenderal Badan Peradilan Umum untuk melakukan pemantauan kinerja pengadilan di seluruh Indonesia secara terintegrasi.


4).Lentera Versi 3.0 ; yaitu aplikasi yang berfungsi untuk mengelola proses promosi dan mutasi hakim di lingkungan peradilan umum.


5).E-IPLANS, yaitu aplikasi untuk melakukan perencanaan anggaran, pengelolaan hibah dan pengelolaan organisasi secara berjenjang dari satuan kerja tingkat pertama hingga Mahkamah Agung.


"Lima aplikasi tersebut melengkapi dari sekian banyak aplikasi yang telah kita luncurkan sebelumnya, sebagai penunjang kemudahan bagi pelaksanaan tugas aparatur dalam memberikan pelayanan yang transparan dan akuntabel," tegas Ketua Mahkamah Agung.


Disampaikan Ketua MA Syarifuddin, semua rangkaian kegiatan yang kita laksanakan dalam HUT ke 78 Mahkamah Agung ini, semata mata sebagai ungkapan rasa syukur atas nikmat dan karunia Allah SWT dengan harapan kedepannya kita dijauhkan dari segala macam cobaan dan musibah yang dapat mengganggu kelangsungan Mahkamah Agung dan Badan Peradilan di bawahnya.


Akhirnya saya sampaikan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada para hakim dan aparatur peradilan di seluruh pelosok Nusantara yang telah bekerja dengan ikhlas dan sepenuh hati untuk menegakkan keadilan dalam situasi dan kondisi apapun, tetaplah Istiqomah, karena semakin berat ujian yang dilalui akan membuat kita menjadi semakin kuat.


"Dirgahayu ke 78 Mahkamah Agung Republik Indonesia, Mari Bersama Tingkatkan Integritas Menuju Peradilan Indonesia yang Agung," tutup Ketua MA yang bacakan Arsul.


Menurut Arsul, peringatan HUT MA ke 78 tahun 2023 dimeriahkan dengan pertandingan tenis meja antar pegawai interen Pengadilan Negeri Muaro, berikutnya melakukan anjangsana ke Panti Asuhan di Kecamatan Koto VII memberikan bantuan alahkadarnya, serta upacara dihari "H" saat  ini.



#GP | Herman.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HASIL PEMILU

Pages

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS