TPN X Kabupaten Sijunjung Berlangsung Sukses Dan Meriah di Edotel SMKN 8 Manganti. - Go Parlement | Portal Berita

Breaking

TPN X Kabupaten Sijunjung Berlangsung Sukses Dan Meriah di Edotel SMKN 8 Manganti.

Minggu, Juli 30, 2023

 


Sijunjung (SUMBAR).GP-   Temu Pendidik Nusantara (TPN) merupakan ajang tahunan Komunitas Guru Belajar Nusantara (KGBN). Pesta pertemuan para guru utk belajar dan berbagi bersama terkait praktik baik dan topik terkini.


TPN X tahun 2023 diadakan di 50 Kab/kota di Indonesia, termasuk Kabupaten  Sijunjung dengan tema " Tumbuh Berkelanjutan, Perubahan Pendidikan Melampaui Ruang Kelas" ujar Ketua KGBN Kabupaten Sijunjung Novi Edmawita, S.Pd, Ahad (30/7).


Dikatakannya, TPN yang diadakan di Sijunjung merupakan TPN daerah yang keempat kalinya. Tahun ini KGBN Sijunjung mengadakan kegiatan TPN di dua tempat yaitu  sesi 1 untuk guru guru yang ada didalam Wilayah Sumpur Kudus, pada hari Sabtu, 29 Juli 2023 di Edotel SMKN 8 Manganti dan  sesi 2 kedua untuk guru lainnya di SKB Muaro, tanggal 5 Agustus 2023 mendatang.


Kegiatan sesi 1 sukses diadakan di Edotel SMKN 8 Manganti diikuti oleh 65 orang guru PAUD hingga SMA/SMK. Kegiatan dimulai pada pukul 08.00 hingga 17.00 WIB dengan topik Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM), Pemanfaatan dan pembahasan aksi nyata PMM, Trik Pendaftaran dan Esai Calon Guru Penggerak (CGP) serta Kupas Miskonsepsi P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila). 


Kegiatan ini diadakan dengan sistem talkshow, dengan cara menampung berbagai pertanyaan terkait IKM dan P5 dari peserta kemudian dilakukan pembahasan bersama. Kegiatan ini  juga dipadukan dengan adanya berbagi praktik baik sesama rekan guru, ice breaking dan game.


Kelihatannya teman teman guru se Aliran Batang Sumpur Kudus sangat antusias mengikuti kegiatan ini, dari pendaftaran yang semula dibuka hanya untuk 50 orang guru hingga akhirnya link kami tutup karena telah melebihi kuota. Bahkan masih ada guru yang datang langsung pada hari H walaupun tidak bisa lagi melakukan pendaftaran pada link. 


"Kami panitia sangat terharu dan sangat puas dapat mewadahi rekan-rekan guru Sumpur Kudus untuk selalu belajar dan berbagi bersama. Mereka begitu bersemangat karena mengikuti kegiatan dari awal sampai selesai pada pukul 17.00 WIB," ujar guru kelas pada SDN 13 Muaro itu.


TPN X KGBN Sijunjung kali ini di koordinatori oleh Desy Delarosa, S.Pd. bersama penggerak KGBN Sijunjung lainnya.


Ketua KGBN Sijunjung menyampaikan pesan dari Kepala Dinas Dikbud Kabupaten Sijunjung Puji Basuki, SP.MMA agar semua guru mengakses PMM dan menuntaskan topik pelatihan mandiri hingga aksi nyatanya. 


"Kadis Puji Basuki mengharapkan seluruh guru untuk mengikuti pendaftaran Calon Guru Penggerak (CGP) Angkatan 10 dan memghimbau seluruh sekolah agar membentuk Komunitas Belajar (Kombel) di sekolahnya untuk membahas seputar Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) dan hal baik lainnya untuk peningkatan mutu sekolah," terang Novi Edmawita.


Berikutnya pada pembahasan materi kupas miskonsepsi P5 disampaikan oleh Sri Hastuti, M.Pd dan Desy Delarosa, S.Pd.


Di akhir pertemuan sebagai bonus untuk peserta diberikan materi pembuatan link terpendek menggunakan platform *S.Id* yang disampaikan oleh Novi Edmawita, S.Pd.


"Terima kasih kepada semua peserta dan pihak Edotel Manganti atas suksesnya pelaksanaan TPN X sesi 1 ini, sampai jumpa di TPN X KGBN Sijunjung sesi 2 di SKB Muaro Sijunjung tanggal 5 Agustus 2023," tutup Novi Edmawita.



#GP | Herman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HASIL PEMILU

Pages

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS