Bupati diwakili Kalaksa BPBD Hendri Chaniago, S.Sos Buka Pelatihan Relawan Desa Siaga Bencana Madya di Kampung Baru. - Go Parlement | Portal Berita

Breaking

Bupati diwakili Kalaksa BPBD Hendri Chaniago, S.Sos Buka Pelatihan Relawan Desa Siaga Bencana Madya di Kampung Baru.

Senin, Juli 10, 2023



Sijunjung (SUMBAR).GP- Bupati Sijunjung diwakili oleh Kalaksa BPBD Sijunjung, Hendri Chaniago, S.Sos Buka Pelatihan Peningkatan Kapasitas Relawan  Desa Siaga Bencana  Madya di Lapangan Angkasa Desa Kampung Baru Kecamatan Kupitan, Senin (10/7).


Acara pembukaan dengan  Apel Siaga itu diikuti  pleton terdiri dari, BPBD, Dinsos, Satpol PP & Damkar, Mahasiswa KKN UNP Padang,  Peserta Pelatihan Desa Siaga Bencana Desa Kampung Baru.


Dalam sambutan Bupati Sijunjung yang dibacakan Hendri Chaniago, mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah terlibat dalam menggagas kegiatan sosialisasi dan simulasi kebencanaan ini, teristimewa kepada Kepala Desa Kampung Baru Jalnibus, S.Pd.MM yang penuh semangat dan perhatian cukup besar terhadap upaya peningkatan skill dan ketrampilan kelompok "Siaga Bencana Desa Kampung Baru" ini.


Disebutkan oleh Hendri, Desa Kampung Baru saat ini berprediket sebagai "Desa Tangguh Bencana Kategori Madya" berdasarkan penilaian yang dilakukan secara mandiri berpedoman kepada indikator yang dimiliki desa dalam penanggulangan dan penanganan bencana.


"Kategori ini harus dipertahankan dan ditingkatkan sehingga dapat menjadi Destana Utama atau Destana dengan prediket tinggi. Untuk mencapai Destana Utama masih diperlukan usaha dan  kerja keras lagi," papar Hendri.


Lebih lanjut, Hendri berharap nantinya bencana berskala kecil dapat ditangani langsung oleh pemerintah nagari atau desa, sebab sangat memungkinkan tidak terjangkau oleh Pemda cq BPBD semuanya secara cepat, karena Sijunjung yang luas terdiri 62 nagari dan satu desa ini.



Hadir dalam acara apel siaga pembukaan pelatihan tersebut, Kadis Sosial, Kasat Pol PP,   Kalaksa BPBD, Sekdis  Kominfo,  Kabid Kesehatan, Para  Nara sumber,  Camat, Kupitan, Kapolsek serta Koramil IV Nagari yang juga membawahi Kecamatan Kupitan, Pendamping Desa,  Perangkat Desa, Tokoh Masyarakat, Ninik Mamak, mahasiswa KKN UNP dan  Ka Puskesmas  Padang Sibusuk.


Kepala  Desa Kampung Baru, Jalnibus, S.Pd.MM mengatakan, peserta pelatihan Desa Siaga Bencana  Madya itu sebanyak 20 orang terdiri dari unsur Relawan Tagana dan Redkar Desa.


Dikatakannya,  kegiatan ini berlangsung selama 4 hari dimulai hari Senin ini dan berakhir Kamis (10-13 Juli 2023) di pusatkan  Lapangan Angkasa Desa Kampung Baru.


Kegiatan puncaknya  hari Kamis berupa, antraksi dan mitigasi  serta penanganan pasca bencana dengan Nara Sumbernya berasal dari  BPBD, Dinsos,  Dinkes, Satpol PP & Damkar,  Camat, Kapolsek, Koramil dan  Pendamping Desa total lama pelatihan  28 jam petemuan.



#GP | Herman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HASIL PEMILU

Pages

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS