Abdul Gafar Indra, S.Pd.MM : Rencana Pelaksanaan O2SN tingkat Kabupaten Sijunjung, pada Juli 2023. - Go Parlement | Portal Berita

Breaking

Abdul Gafar Indra, S.Pd.MM : Rencana Pelaksanaan O2SN tingkat Kabupaten Sijunjung, pada Juli 2023.

Rabu, Juni 14, 2023



Sijunjung (SUMBAR).GP-  Kalau tidak ada aral melintang kegiatan Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) SD tingkat Kabupaten Sijunjung akan  dilaksanakan pada  bulan depan atau bulan Juli  2023.



Hal itu diungkapkan Pejabat Fungsional Pengembang Penilaian Pendidikan, Bidang SD, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sijunjung Abdul Gafar Indra, S.Pd.MM di ruang kerjanya, Rabu (14/6) 



O2SN-SD dilaksanakan secara berjenjang mulai dari tingkat sekolah, kecamatan, kabupaten/kota, provinsi  hingga sampai ke tingkat nasional dengan cabang 1. Kid's Athletic,  2. Senam,  3. Renang,  4. Silat, 5. Karate dan  6. Bulutangkis




Menurutnya, kegiatan ini merupakan  kebijakan dari  program Manajemen Talenta Nasional (MTN) dan Desain Besar Olahraga Nasional (DBON), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) yang menjadi bagian dari melaksanakan tugas pengembangan talenta bidang olahraga.


Dalam buku panduannya, peran yang dilaksanakan oleh Kemendikbudristek adalah menyiapkan bibit-bibit talenta olahraga yang bersumber dari peserta didik yang memiliki minat dan bakat di bidang olahraga.



Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI) melakukan identifikasi, pengembangan, dan aktualisasi untuk menghasilkan peserta didik berprestasi di bidang olahraga. Salah satu yang dilakukannya  adalah memprogramkan kegiatan Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) setiap tahun pada semua jenjang pendidikan.



Menandai semangat Merdeka Belajar, Merdeka Berprestasi, untuk pulih sepenuhnya dari keterpurukan karena pandemi, setelah adaptasi terobosan pelaksanaan O2SN di masa pandemi, pada tahun ini BPTI kembali akan melakukan ajang talenta O2SN dalam berbagai cabang, untuk jenjang SD/MI atau yang sederajat, secara luring bertahap dan secara hibrid. 



Pelaksanaan melalui mekanisme luring secara bertahap diharapkan dapat menjadi berita baik untuk anak-anak Indonesia yang sudah merindukan untuk dapat berinteraksi dan berekspresi seutuhnya, sekaligus menjalin persahabatan antar talenta emas bangsa.


Dikatakannya,  O2SN bagian integral dalam membangun generasi emas Indonesia. Dengan demikian, diharapkan semua sekolah dapat melatih siswanya dan melombakan  O2SN dalam kecamatannya masing masing.


#GP | Herman.


 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HASIL PEMILU

Pages

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS