Disambut Dengan Makan Bajamba, Rombongan Mahasiswa Malaysia Apresiasi Padang Panjang - Go Parlement | Portal Berita

Breaking

Disambut Dengan Makan Bajamba, Rombongan Mahasiswa Malaysia Apresiasi Padang Panjang

Jumat, Juni 23, 2023


Padang Panjang(SUMBAR).GP- Rombongan mahasiswa Politeknik Port Dickson Malaysia dan Kolej Komuniti Kuala Trengganu, apresiasi Kota Padang Panjang. Kehadiran mereka untuk lakukan kerja praktek serta penelitian ke Masjid Asasi Sigando, disambut Pemko dengan tradisi Makan Bajamba, Jumat (23/06/2023) di Medan Nan Bapaneh, Kelurahan Sigando.


Ketua Rombongan, Prof. Dahmir Dahlan mengatakan, sambutan yang diberikan masyarakat Padang Panjang sangat luar biasa, khususnya oleh masyarakat Sigando.


“Kunjungan ini merupakan kerja sama internasional yang sudah 15 tahun kami jalankan. Untuk rombongan Malaysia ini merupakan kunjungan ketiga ke Sumatera Barat. Pada kunjungan ini, kami mengunjungi Kota Padang Panjang yang sambutannya sangat luar biasa dan melebihi ekspektasi kami,” sebutnya.


Lebih lanjut, Disampaikan, pada kunjungan kerja praktek dan penelitian ini kebanyakan diikuti mahasiswa Teknik Sipil dan Arsitektur. Mereka belajar tentang konstruksi pembangunan Rumah Gadang yang dianut orang Minangkabau.


Tak hanya terpukau dengan struktur Rumah Gadang yang mampu bertahan di daerah rawan gempabumi, rombongan ini juga takjub dengan sambutan masyarakat setempat.


“Selain melakukan kerja praktek, kami juga bias saling bertukar tradisi kebudayaan seperti yang dilakukan saat ini, salah satunya dalam hal masakan. Kami belajar tradisi Makan Bajamba. Mahasiswa kami juga berkesempatan menyajikan Nasi Bukhari dari Malaysia,” ucapnya.


Sementara itu, Wali Kota, H. Fadly Amran, BBA Datuak Paduko Malano yang hadir dalam kegiatan Makan Bajamba tersebut juga mengucapkan terima kasih atas kunjungan rombongan tersebut ke Kota Padang Panjang khususnya ke Masjid Asasi Sigando.


“Kami dari Pemerintah Kota dan juga masyarakat menyambut baik kedatangan rombongan Politeknik Port Dickson dan Kolej Komuniti ke Padang Panjang. Ini juga sejalan dengan Padang Panjang sebagai kota tujuan pendidikan. Banyak hal yang dapat dipelajari di sini khususnya mengenai kebudayaan Minangkabau. Kami memiliki Masjid Asasi yang menjadi masjid tertua dan ikon Padang Panjang. Serta Pusat Dokumentasi Informasi dan Komunikasi Kebudayaan Minangkabau (PDIKM),” jelasnya.


Fadly berharap, dengan kunjungan ini bisa memberikan ilmu dan pengetahuan berharga bagi mahasiswa Malaysia dan juga berdampak positif bagi masyarakat Padang Panjang.


#GP | DF | Dega

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HASIL PEMILU

Pages

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS