Nopa Elgusrina Ningsih, S.Pd : Kesan Saya Mengikuti Pembelajaran CPG. - Go Parlement | Portal Berita

Breaking

Nopa Elgusrina Ningsih, S.Pd : Kesan Saya Mengikuti Pembelajaran CPG.

Selasa, Mei 09, 2023



Sijunjung (SUMBAR).GP- Enam bulan  berlalu secara terprogram, Nopa Elgusrina Ningsih, S.Pd guru mata pelajaran Bimbingan Konseling di SMPN 16 Sijunjung, mengikuti program Calon Guru Penggerak. Sungguh  banyak kesan dan tambahan wawasan diperoleh,  khusus  dalam bidang pembelajaran yang mengacu kepada pelayanan siswa sendiri.


Ketika diminta komentarnya, sekaitan dengan pelatihan Calon Guru Penggerak (CPG) angkatan 6  yang diikutinya di Kabupaten Sijunjung yang  pada hari Ahad (7/5) kemarin telah sampai dipenghujung pelatihan yang dibuktikan dengan lokakarya 7 dengan menampilkan "Panen Hasil Belajar".


"Saya berbahagia sekali dan bersyukur kepada Allah SWT, atas kesempatan mengikuti CGP angkatan 6 yang  dilaksanakan Balai Guru Penggerak (BGP) Sumbar ini," ujar Nopa panggilan akrabnya.



Ibu dua orang anak ini diangkat jadi CPNS sebagai Guru Konseling tahun 2020 di SMPN 16 Sijunjung, kini baru berpangkat Penata Muda/ III a , satu satunya dari SMPN 16 Sijunjung yang ikut CGP angkatan 6 Kabupaten Sijunjung ini.


"Mendapatkan kesempatan  belajar dalam program CGP ini merupakan pengalaman yang sangat  luar biasa bagi saya," akunya.  


Di awal pembelajaran saja,  saya mulai disadarkan  oleh  filosofi pendidikan menurut  Ki Hajar Dewantara yang memberi perumpamaan pendidikan itu seperti seorang petani,  ia tak akan dapat menjadikan padi tumbuh sebagai jagung, 

selain itu, ia juga tidak dapat memelihara tanaman padi seperti cara memelihara tanaman kedelai atau tanaman lainnya.


Artinya pendidikan yang diberikan harus disesuaikan dengan kebutuhan dari sasaran pendidikan tersebut. Jika yang kita hadapi adalah peserta  didik  yang introvert maka kita tidak dapat memaksakan motode diskusi untuk mereka, jika yang kita hadapi adalah peserta didik yang kinestetik maka metode ceramah merupakan hal yang sangat membosankan bagi mereka. 


Setiap peserta didik memiliki latar belakang yang berbeda yang menjadikan mereka sebagai seseorang yang unik dan berbeda. Nah keberagaman inilah yang menjadikan pendidikan berwarna yang menjadi tantangan bagi pendidik dalam memberikan tuntunan agar dapat diterima, dapat bermakna, dan berdampak terhadap kehidupannya.



"Saat mengikuti pembelajaran diprogram CGP ini saya mendapatkan jawaban dari tantangan tersebut yaitu melalui pembelajaran "berdiferensiasi" yang merupakan sebuah strategi yang dirancang oleh guru agar dapat memenuhi kebutuhan peserta didik yang beragam," ujar isteri dari Yudianto Noverman, SH, M.Si yang bekerja di UKPBJ Kabupaten Sijunjung itu.


Dari pembelajaran di CGP ini saya semakin  paham, bahwa setiap pendidik harus selalu mengupgrade diri dan mengembangkan kompetensi diri agar menjadi guru idaman dan mengikuti perkembangan zaman karena guru bukanlah malaikat bersayap yang dengan mudah dapat mengubah dan memecahkan permasalahan peserta didik.


"Ternyata  seorang pendidik itu  perlu belajar, belajar dan belajar. Semangat untuk semua pejuang pendidikan semoga lelahmu menjadi lillah," tutup Nopa mengakhiri penuturannya.


#GP | Herman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HASIL PEMILU

Pages

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS