Mendagri Tito Ingatkan Pemerintah Daerah Dampak Kekeringan Akibat El Nino - Go Parlement | Portal Berita

Breaking

Mendagri Tito Ingatkan Pemerintah Daerah Dampak Kekeringan Akibat El Nino

Senin, Mei 22, 2023


Padang Panjang(SUMBAR).GP- Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian mengingatkan perlunya mewaspadai masalah kekeringan akibat El Nino tahun ini. Seperti Malaysia yang mengalami panic buying air mineral.


"Di Sumatera bagian timur seperti Jambi dan Riau sudah ada kemunculan titik api. Mungkin dampak lainnya masalah produksi pangan yang akan terganggu.

Setiap pemerintah daerah melalui dinas terkait perlu mengklasifikasi dampak tersebut yang akan mengakibatkan ketidakcukupan pangan serta mengambil langkah-langkah antisipasi," katanya mengingatkan.


Hal tersebut disampaikannya, saat memimpin Rapat Koordinasi Pengendalian Inflasi Daerah, melalui Zoom meeting, Senin (22/05/2023). Rapat diikuti Sekdako, Sonny Budaya Putra, A.P, M.Si bersama beberapa instansi terkait di Balai Kota Padang panjang.


Sementara, untuk perkembangan harga komoditas di Kota Padang Panjang pada minggu ketiga Mei ini, Kabag Perekonomian dan Sumberdaya Alam Setdako, Putra Dewangga, S.S, M.Si menyebutkan, 17 komoditas mengalami fluktuasi harga. Dengan rincian, sembilan komoditas mengalami kenaikan dan delapan komoditas mengalami penurunan.


"Sebagian besar berfluktuasi ringan dan tidak mempengaruhi stabilitas transaksi di Pasar Pusat Padang Panjang. Komoditi utama yang berkontribusi penurunan harga ini adalah cabai merah. Sedangkan kenaikan terjadi pada daging ayam ras dan telur ayam ras," jelasnya.


Sementara itu, berdasarkan data BPS Padang Panjang, Indeks Perkembangan Harga (IPH) Kota Padang Panjang untuk minggu ini, minus 1,191 (-1,600) atau terjadi penurunan.


#GP | DF | Andes

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HASIL PEMILU

Pages

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS