Lomba Burung Berkicau Wali Kota Cup I Berlangsung Semarak, Diikuti 800 Peserta - Go Parlement | Portal Berita

Breaking

Lomba Burung Berkicau Wali Kota Cup I Berlangsung Semarak, Diikuti 800 Peserta

Minggu, Mei 21, 2023


Padang Panjang(SUMBAR).GP- Event Lomba Burung Berkicau Wali Kota Cup I, berlangsung semarak dan sukses, Ahad (21/05/2023), di Medan Nan Bapaneh, Pusat Dokumentasi dan Informasi Kebudayaan Minangkabau (PDIKM). 


Lomba ini diikuti lebih kurang 800 peserta dari berbagai daerah di Sumatera seperti  Sumatera Utara, Riau, Batam, Jambi, Bengkulu, Sumatera Selatan serta dari luar Sumatera yaitu  DKI Jakarta. Lomba dibuka Wali Kota, H. Fadly Amran, BBA Datuak Paduko Malano. 


Diselenggarakan Komunitas Kicau Mania Padang Panjang Bersatu (KMPPB), lomba ini didukung Pemerintah Kota melalui Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar). 


Empat kelas yang dipertandingkan, yaitu Kelas Wali Kota, diikuti burung jenis kacer dan murai batu ekor putih. Juara pertama mendapat hadiah sebesar Rp5 juta. Lalu, Kelas Wakil Wali Kota, diikuti Murai Batu Umum, Kacer, Kenari, dan Kapas Tembak. Juara pertama meraih hadiah Rp2,5 juta. 


Selanjutnya, pada Kelas Disporapar, lomba diikuti burung jenis Kacer, Kenari dan Konin. Hadiah pertama Rp1,5 juta. Sedangkan pada Kelas KMPP Bersatu, diikuti burung jenis Murai Batu Ring, Kapas Tembak, Konin, CH Polos, dan Lovebird dewasa. Hadiah pertama Rp1 juta. 


Wako Fadly Amran dalam sambutannya menyampaikan, apresiasi atas terselenggaranya kegiatan yang berdampak terhadap kunjungan ke Kota Padang Panjang ini. 


“Kami sangat bersyukur bisa menjamu tamu-tamu yang datang melakukan kegiatan di kota ini. Bisa berkompetisi dan bersilaturahmi. Kegiatan seperti ini juga bisa menjadi sarana mendorong konservasi spesies burung yang langka,” katanya.


Hal senada juga disampaikan Ketua Panitia Lomba, Don Kyt. Menurutnya, selain wadah penyaluran hobi, rekreasi dan silaturahmi, lomba ini juga bisa mengangkat perekonomian rakyat, meningkatkan daya beli burung.


“Sehingga akan semakin banyak masyarakat yang tertarik untuk melakukan penangkaran, memelihara dan merawat burung dari berbagai jenis. Pada akhirnya kelestarian burung bisa terjaga,” sebutnya.


Ditambahkan, Sekretaris Panitia lomba, Rifnaldi Noveri, pihaknya berterima kasih atas dukungan Pemko dan berbagai unsur seperti DPRD serta anggotanya. 


“Alhamdulillah berkat dukungan dan sumbangsih Pemko, kegiatan ini bisa terselenggara dengan baik. Harapannya ke depan, kami bisa dipercaya untuk menggelar lomba bertaraf nasional,” sebutnya.


Ucapan terima kasih juga disampaikan kepada Dinas Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah yang memfasilitasi  tenda untuk UMKM berdagang di sekitaran  lokasi lomba. 


Salah seorang peserta dari Riau, Samsul Bahri yang berasal dari Komunitas Sumbar Riau BF, mengaku sangat senang mengikuti perlombaan ini. “Sangat seru dan semarak acara di sini,” tuturnya.


#GP | DF | Harris

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HASIL PEMILU

Pages

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS