Acara "Bakhatib" Nagari Sibakur Berlangsung Meriah di hadiri Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sijunjung Syofian Hendri,S.Pd.I.MM. - Go Parlement | Portal Berita

Breaking

Acara "Bakhatib" Nagari Sibakur Berlangsung Meriah di hadiri Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sijunjung Syofian Hendri,S.Pd.I.MM.

Kamis, Mei 04, 2023

 


Sijunjung (SUMBAR).GP- Acara "Bakhatib" tahu pertama bagi kaum suku Dalimo Nagari Sibakur Kecamatan Tanjung Gadang, Kamis (4/5) berlangsung meriah dihadiri Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sijunjung Ustadz Syofian Hendri, S.Pd.I.MM.


Kegiatan yang lebih populer dengan sebutan  "Bakotik"  itu berlangsung di balai balai Adat Nagari Sibakur dipandu oleh pembawa acara Zul Asri, S.Pd dengan Kojo  nan bapokok silang nan bapangka Suku Dalimo ( Kegitan ini dilaksanakan oleh Kaum atau tuan rumahnya adalah Suku Dalimo Sibakur).



Bakotik  merupakan acara rutin yang diselenggarakan tiap tahunnya oleh semua suku, namun tahun ini adalah tahun pertama dilakukan oleh Suku Dalimo yang salah seorang warganya bernama H.Husin diamanahi sebagai khatib adat selama 3 tahun berturut turut. 


Setelah tiga tahun nanti digilir lagi ke suku yang lainnya, tujuan Bakatik  ini adalah untuk memperkuat hubungan silaturahmi sesama masyarakat dan penyampaian aturan yang sedang diberlakukan dalam  nagari.



Prosesi kegiatannya, awalnya " Khatib"  bersama undangan Ninik Mamak,  Alim Ulama,  Cadiak Pandai, Bundo Kandung serta masyarakat nagari Sibakur melakukan parade sekeliling kampung mulai dari lokasi  penjemputan khatib dari Rumah Gadang  Suku Dalimo sampai ke Balai balai adat  Nagari Sibakur diiringi dengan Tari galombang dari group randai Lubuk Tolang Permai (LTP) plus hiburan berupa silat dan tari piring dari anak muda nagari sampai ke Balai Adat.



Di Balai balai adat "Sang  Khotib"  menyampaikan nasehat  atau memberikan pencerahan kepada seluruh masyarakat dan berdoa untuk kesejahteraan masyarakat, dengan pituah "katambang babungo Pasie, kasawah babungo ampiang, karimbo babungo kayu, Nagari aman rakyat Santoso(sentosa)" itu salah satu tujuan yang diharapkan dengan acara ini.



Ketua  Kerapatan Adat Nagari (KAN) Sibakur Saldi.Dt.Gadang dalam pituahnya menyampaikan beberapa hal tentang  aturan dan  larangan serta  pantangan yang telah di sepakati bersama oleh petinggi adat nagari.



Sedangkan Wali Nagari Sibakur Syafris Dubalang Arab ( SDA) dalam sambutannya mengingat masyarakat,  dalam  menghadapi pesta demokrasi nantinya hendaklah masyarakat bijak dan tidak  terpecah belah dan saling  bertikai  oleh perbedaan pilihan dan berbeda partai dalam pemilu yang akan datang.


 

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sijunjung Ustadz Sofian Hendri .S.Pd.I. MM dalam sambutannya,  mensuport kegiatan "Bakhatib" Nagari Sibakur ini. 


 "Kegiatan ini   merupakan salah satu tradisi untuk mempererat dan memperkuat persatuan, menyatukan tekad, sikap demi terwujudnya masyarakat nagari yang maju dan sejahtera," ujar politisi PKS yang akan maju pada pileg  DPRD Provinsi Sumbar itu.


Acara ditutup  dengan pembacaan doa oleh khatib dilanjutkan hiburan rakyat berupa panjat batang pinang yang disediakan oleh  panitia dua batang pinang dengan hadiah yang sangat menarik,  satu batang khusus  untuk anak-anak dan satu batang lagi  untuk tingkat remaja.


#GP | Herman | M.Yota 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HASIL PEMILU

Pages

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS