Renungan Waktu Sahur (11) Untuk Kamu Juga - Go Parlement | Portal Berita

Breaking

Renungan Waktu Sahur (11) Untuk Kamu Juga

Minggu, April 02, 2023

Oleh: Ustadz Zulkifli, S.Sos

Ketua FPKS DPRD Kabupaten Sijunjung


Sijunjung (SUMBAR).GP - "Doakan saya ya, semoga bisa sampai ke Tanah Suci juga", demikian pesan seorang teman kepada temannya yang sedang melaksanakan ibadah Umrah di Makkah. 


Teman lain, punya pengalaman mendapat titipan sampai berlembar-lembar kertas catatan doa dari kerabat di Tanah Air tatkala ia berangkat ke Tanah Suci. Ada pula yang menitip doa via pesan di sosial media. 


Tidak heran, karena di Tanah Suci banyak tempat doa menjadi Mustajab saat disampaikan kepada Allah s. w. t. Sebut saja Raudhah di Masjid Nabawi, Multazam, Hijir Ismail, bukit Shafa dan Marwa serta tempat lainnya. Begitu juga dari segi waktu, banyak moment istimewa sebagai waktu yang tepat lagi afdhal untuk melantunkan doa. Seperti saat Thawaf, Sa'i atau pun saat Wukuf di Arafah. 


Jikalau Allah menyediakan Tanah Suci sebagai tempat istimewa untuk beribadah, maka Allah sediakan juga waktu yang istimewa untuk meningkatkan ibadah kita, yakni Ramadhan. Dengan puasa, tarawih, tilawah, shalat, I'tikaf dan tentu saja berdoa. 


Jika berangkat ke Tanah Suci tidak semua orang beriman mampu. Maka hampir semua orang Mukmin bisa merasakan berkah Ramadhan. Di dalamnya, juga tersedia waktu-waktu istimewa untuk berdoa. Saat sahur, saat berbuka, Tarawih, hingga saat I'tikaf dan paling utama saat malam Lailatul Qadar. 


Karena itu jangan sampai kita menyianyiakannya.  Berdoa di waktu biasa saja, dapat garansi Allah kabulkan. Apalagi berdoa di waktu yang lebih afdhal. Allah s. w. t berfirman dalam Surat AlBaqarah ayat 186:


{ وَإِذَا سَأَلَكَ عِبَادِی عَنِّی فَإِنِّی قَرِیبٌۖ أُجِیبُ دَعۡوَةَ ٱلدَّاعِ إِذَا دَعَانِۖ فَلۡیَسۡتَجِیبُوا۟ لِی وَلۡیُؤۡمِنُوا۟ بِی لَعَلَّهُمۡ یَرۡشُدُونَ }


"Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran."


Allah sangat dekat dengan hambaNya. Allah suka apabila kita meminta setulus hati. Dan tidak kalah penting, jangan lupa doakan juga saudara-saudara kita. Agar mereka juga mendapat ampunan, rahmat dan ridha dari Allah. Baik doa secara umum, maupun secara spesifik dengan menyebut nama. Sebab siapa saja yang mendoakan saudaranya, para malaikat akan turut pula berdoa untuknya. Tentu, kita ingin pula didoakan para malaikat. Berkali-kali berkah insya Allah. 


Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda,


مَا مِنْ عَبْدٍ مُسْلِمٍ يَدْعُو لِأَخِيهِ بِظَهْرِ الْغَيْبِ إِلَّا قَالَ الْمَلَكُ وَلَكَ بِمِثْلٍ


“Tidak ada seorang muslim pun yang mendoakan kebaikan bagi saudaranya (sesama muslim) tanpa sepengetahuannya, melainkan malaikat akan berkata, ‘Dan bagimu juga kebaikan yang sama.’” (HR. Muslim)


Tidak pernah rugi kita mendoakan saudara. Sama-sama mendapatkan berkah. Doanya tentu bukan via postingan di sosial media, tapi memang langsung disampaikan kepada Allah, terutama di waktu dan tempat yang lebih istimewa. 


Yuk, kita berdoa dan saling mendoakan. 

Barakallahu fikum


#GP |  Sijunjung  |  2 April 2023

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HASIL PEMILU

Pages

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS