IKBK Se Nusantara Adakan Halal bi Halal ke 34 dihadiri Wakil Bupati Sijunjung H.Irraddatillah, S.Pt. - Go Parlement | Portal Berita

Breaking

IKBK Se Nusantara Adakan Halal bi Halal ke 34 dihadiri Wakil Bupati Sijunjung H.Irraddatillah, S.Pt.

Senin, April 24, 2023



Sijunjung (SUMBAR).GP-  Wakil Bupati Sijunjung H.Irraddatillah, S.Pd mengapresiasi kegiatan halal ke 34 Ikatan Keluarga Besar Kampung Baru (IKBK) se Nusantara yang digelar di Jorong 4 Sungai Tambang, Nagari Kunangan Parit Rantang, Kecamatan Kamang Baru, Senin (24/4) ini.


"Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Sijunjung, mendukung dan mendorong aktivitas dan kemajuan organisasi Pengurus Besar Ikatan Keluarga Besar Kampung Baru (PB IKBK) dengan program  yang telah membantu masyarakat dan anggota IKBK sendiri".



Hal itu antara lain diungkapkan oleh Wabup Sijunjung Irraddatillah dalam kata sambutannya saat menghadiri kegiatan halal bi halal (HBH) ke 34 IKBK Desa Kampung Baru di Kecamatan Kamang Baru ini.


Pada kesempatan tersebut, Wabup mengucapkan selamat  datang dan  selamat hari raya idul Fitri 1444 H mohon maaf lahir batin kepada warga IKBK yang hadir dari berbagai daerah di Nusantara ini.


"Peran serta  perantau sangat  di harapkan memberi kontribusi untuk  kemajuan dan pengembangan SDM daerah  kedepan," tutup Wabup.



Hadir mendampingi  Wabup Irraddatillah pada acara halal bihalal IKBK itu, Ketua Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kabupaten Sijunjung,Ny.Donna Irraddatillah, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sijunjung Syofian Hendri, S.Pd.I.MM dan anggota DPRD lainnya, Kabag Kesra, Yang mewakili Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Dinas PNM, Camat Kamang Baru dan Camat Kupitan, Kapolsek Kamang Baru, Wali Nagari Kunpar, Kepala Desa Kampung Baru, Perangkat Nagari Kunpar, Ketua PB IKBK dan Ketua Cabang IKBK se Nusantara.



Kegiatan Halal BI Halal IKBK ke 34 di Jorong 4 Sungai Tambangan Nagari Kunangan  Parit Rantang, dimulai pukul 13.30 itu, diawali dengan acara penyambutan Wabup Irraddatillah dan rombongan  dengan Tari Gelombang  Group Kesenian anak nagari Jorong  4 Sungai Tambangan dibawah Pimpinan Jhoni Hendra, S.Pd.



Sedangkan penceramah Halal bi Halal yaitu Ustad H. Jonika Amdodi, M.Hi dari Darmasraya, yang  menyampaikan, bahwa Halal BI Halal adalah kegiatan Silaturahmi  yang di laksanakan pada Bulan Syawal   antar umat Islam yang ada di Indonesia.


"Bertemu nya umat yang  baik dengan umat yang baik lain dengan tujuan yang baik, semoga anda menjadi orang Fitrah dan menang yang di maksud Minal Aidin Wal Faizin, itu merupakan doa yang sering di sampaikan pada setiap pertemuan, jawaban dari doa tersebut, diucapkan Aamiin, Taqaballalohu minna waminku Taqibbalal ya Karim," papar Ustadz kondang dari Dharmaraya itu. 


Ditambahkan oleh Ustadz Amdodi bahwa Puasa Sunat Syawal selama 6 hari dan melakukan Puasa bulan Ramadhan selama 1 bulan, sama artinya  dengan kita telah berpuasa selama 1 tahun penuh.



Ketua Pelaksana Laswan, S.Pd didampingi Kepala Desa Kampung Baru Jalnibus, S.Pd.MM mengatakan kepada media, peserta hahal bi halal ke 34 IKBK tahun ini diikuti oleh  IKBK cabang Sungai Tambang sebanyak 115 KK, IKBK Cabang Tri Mulya sebanyak 50 KK, IKBK Marga Makmur 25 KK, Beringin Sakti 20 KK, Desa Kampung Baru  dan perwakilan perantau IKBK SE Nusantara.



"Kegiatan halal BI halal ini diikuti oleh    seluruh cabang IKBK yang jumlahnya sebanyak 22 cabang se Nusantara Indonesia, dengan jumlah kehadiran lebih 1.000 orang, " lanjut Laswan.


Dengan lebih rinci Laswan memberikan data peserta Halal BI halal PB IKBK yang hadir di Jorong  4 Sungai Tambangan Nagari Kunangan Parit Rantang saat ini dari ;

1. IKBK Desa Kampung Baru 180 orang

2.IKBK Padang 10 orang

3.IKBK Solok 6 orang 

4.IKBK Dharmasraya 12 orang

5.IKBK Tri Mulya 58 orang.

6.IKBK Marga Makmur 40 orang

7.IKBK Beringin Sakti 50 orang

8.IKBK Sungai Tambangan 600 orang

9 IKBK Pekan Baru 24 orang

10 .IKBK Jambi 6 orang

11.IKBK Kalsel 12 orang

12.IKBK Kaltim 6 orang

13.IKBK Sulsel 4 orang

14.IKBK Pasaman 10 orang

 15.IKBK Sumsel 6 orang

16. IKBK DKI 12 orang.



Lebih lanjut Laswan, menjelaskan,  rangkaian kegiatan yang dilaksanakan sehari penuh berkaitan dengan halal bi halal ini adalah;

1. Pukul 09.00 sampai  11.30 wib  agenda pertemuan  suku antar IKBK yang hadir,

2. Pukul 12.30 sampai 16.00 wib  kegiatan Halal BI Halal, 

3. Pukul 16.30 sampai 18.00 wib  kegiatan Mubes IKBK dan 

4.Pukul 19.00 sampai  24.00 wib acaranya  penampilan kesenian anak Nagari




Ketua PB IKBK Budi Sastra SH MH,dalam sambutannya  menyampaikan, bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan  yang rutin di laksanakan  setiap tahun , beberapa program program yang sudah dilaksanakan , akan di revisi melalui Mubes IKBK yang akan dilaksanakan pada agenda acara selesai Halal BI halal ini.


Usai acara halal bi halal Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sijunjung  Ustad Syofian Hendri S.Pd.I,MM memimpin doa bersama yang  membuat seluruh hadirin dan peserta Halal BI Halal,  merenung dengan penuh kekhusukan dalam  bermohon kepada Alloh SWT



Pada acara halal bi halal tersebut terkumpul  Infak sejumlah Rp 20 juta yang dipergunakan  untuk melanjutkan pembangunan  TPQ  Al-Munawarah Mesjid  Al Mustaqim Sungai Tambang.



#GP | Herman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HASIL PEMILU

Pages

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS