SMPN 5 Sijunjung Programkan Memakmurkan Masjid Dalam Pesantren Ramadhan 2023/1444 H. - Go Parlement | Portal Berita

Breaking

SMPN 5 Sijunjung Programkan Memakmurkan Masjid Dalam Pesantren Ramadhan 2023/1444 H.

Kamis, Maret 16, 2023


Sijunjung (SUMBAR).GP-  Berdasarkan  Surat edaran Dinas Pendidikan Provinsi Sumbar, terkait dengan instruksi Gubernur Sumbar yang ditindaklanjuti dengan surat dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sijunjung, SMPN 5 Sijunjung telah menyepakati akan  menyusun program memakmurkan Masjid selama bulan suci Ramadhan, dalam rapat Majelis Guru dipimpin Kepala Sekolah Khairuddin, S.Pd pada Senin, 13 Maret 2023.


Kegiatan memakmurkan masjid selama bulan Ramadhan itu disepakati, akan digelar di Masjid Nurul Ilmi, Guguak Naneh, Kecamatan Tanjung Gadang, Kabupaten Sijunjung yang berada tidak terlalu jauh dari lokasi sekolah dari tanggal 27 Maret sampai dengan tanggal 17 April 2023 mendatang atau selama 3 pekan.


Dikutip dari Blog SMPN 5 Sijunjung,  pembukaan kegiatan Ramadhan tersebut, dilaksanakan secara daring oleh Gubernur Sumbar, H. Mahyeldi Ansharullah, S.P. pada hari Senin (27/3) 



Selanjutnya, selama dua minggu kedepannnya  akan diisi dengan pemberian materi kepada siswa untuk memperdalam wawasan keagamaan, sekaligus menanamkan pembiasaan.


Rencana  materi yang akan diberikan nanti  adalah tata tertib wudhu dan salat, aqidah akhlak, salat jenazah, cara mudah menghapal Alquran, meneladani kehidupan sehari-hari Rasulullah, bahaya Napza, membangun rasa percaya diri untuk mewujudkan cita-cita, tahfiz, menerapkan pola hidup sehat dan kesehatan reproduksi remaja, dan Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah ( ABS-SBK). 



Metode yang akan digunakan adalah ceramah, tanya jawab, diskusi, dan praktik. Jadi selain menerima materi,  juga ada program Ramadhan ceria. Program Ramadhan ceria dimaksud untuk lebih memeriahkan kegiatan pesantren Ramadhan 1444H dengan mengadakan  lomba-lomba pada minggu ketiga.



Lomba yang akan diadakan adalah  rangking pertamanya kaligrafi (untuk semua siswa), disusul lomba nasyid/kasidah, salat jenazah, salat berjamaah, dan Asmaul Husna ( per kelas). 


Secara keseluruhan, kegiatan pesantren  ini akan dimulai dari pukul 08.00 pagi dan berakhir setelah salat zuhur. Setiap hari pada pukul 09.30 rencananya siswa juga akan melaksanakan salat dhuha bersama.


Kepala SMPN 5 Sijunjung, Khairuddin, S. Pd. berkaitan dengan kegiatan ini  mengatakan, bahwa pihak sekolah nantinya akan bekerjasama sama dengan pihak-pihak tekait sebagai narasumber.


"Kita akan mendatangkan pemateri yang memang ahli di bidangnya. Pemateri di datangkan itu meliputi  dari SDM yang ada dilingkungan internal sekolah dan tenaga profesional di bidangnya  yang berada dari luar sekolah.  Selain itu, kita juga akan  bekerja sama dengan  instansi di sekitar sekolah seperti puskesmas, polsek dan tokoh masyarakat, lembaga  KAN Tanjung Gadang juga diberdayakan pada kegiatan pesantren Ramadhan ini", ujar Khairuddin.


Dalam mengkoordinir anak selama kegiatan diminta kerjasama wali kelas dan para guru. "Nanti panitia kegiatan Ramadhan akan kita bentuk", ujar Nurrahmayati, Wakil Kepala Sekolah bidang Kurikulum. 


Nurrahmayati  juga menyampaikan  pengalamannya sebagai panitia di Masjid sekitar rumahnya ketika masih menjadi mahasiswa. Masalah keributan anak karena jumlah mereka ratusan nanti bisa kita atasi lanjutnya.  "Yang penting kita semua  mau dan bisa diajak kerja sama. Tidak mungkin kegiatan akan berjalan dengan lancar tanpa keterlibatan semua guru," terangnya.


Untuk acara penutupan nantinya pada tanggal 17 April akan diadakan Tablighh Akbar dan Muhasabah. "Mudah-mudahan nantinya kegiatan Ramadhan berjalan dengan lancar dan sesuai dengan harapan kita,"  ucap Risyda Wakil Kepala Sekolah bidang kesiswaan. 


Dengan pesantren Ramadhan ini diharapkan kedepannya akan  bisa melahirkan generasi yang beriman, bertaqwa, dan berakhlakul karimah yang mencintai masjidnya sesuai dengan pembiasaan yang  dilakukan selama tiga minggu. "Pembiasaan yang akan dilakukan ini hendaknya berlanjut pada siswa kita nantinya di luar Ramadhan, tidak hanya berhenti pada bulan Ramadhan saja. Saya sangat berharap program pesantren ini terus ada untuk tahun-tahun berikutnya", tambah Sukarni, salah seorang tenaga pengajar di SMP 5 Sijunjung.


#GP  | Herman  |  MR  


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HASIL PEMILU

Pages

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS