SMPN 5 Sijunjung ikuti launching Pesantren Ramadhan Kolaborasi 1444 H/2023 M Oleh Gubernur Sumbar secara Daring. - Go Parlement | Portal Berita

Breaking

SMPN 5 Sijunjung ikuti launching Pesantren Ramadhan Kolaborasi 1444 H/2023 M Oleh Gubernur Sumbar secara Daring.

Senin, Maret 27, 2023


Sijunjung (SUMBAR).GP-  Hari ini, Senin (27/3) kegiatan Launching Pesantren Ramadhan Kolaborasi 1444 H/2023 M resmi dibuka secara daring oleh Gubernur Sumbar, H. Mahyeldi Ansharulloh, S.P. Kegiatan ini dimulai pada pukul 09.00  pagi melalui aplikasi zoom dan diikuti secara serentak  oleh semua SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA/SMK/SLB Negeri dan Swasta se-Sumbar dari Masjid Raya Sumbar. 


Rencananya, di SMPN 5 Sijunjung kegiatan akan diikuti bersama siswa. Namun, batal terlaksana menyusul surat edaran dari Dinas Provinsi (24/3) yang diteruskan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Sijunjung (26/3) bahwa kegiatan diikuti oleh Kepala Sekolah dan Guru di sekolah masing-masing. 


Siswa mulai mengikuti kegiatan pesantren pada Selasa (28/3) di masjid. Sehingga yang mengikuti kegiatan hanya kepsek, guru, dan karyawan tata usaha di sekolah. Kegiatan Launching Pesantren Ramadhan ditonton bersama melalui infokus di ruangan kantor majelis guru. 


Pembukaan Pesantren Kolaborasi itu diawali dengan pembacaan ayat suci Alquran dan terjemahan, pembacaan doa, kemudian laporan Kadis Provinsi Sumbar, Barlius, M. M. terkait teknis pelaksanaan dan hal-hal penting seputar kegiatan Pesantren Ramadhan Kolaborasi.


Kadis Provinsi Sumbar, mengatakan bahwa karena kesibukan bersekolah sehingga anak-anak yang berdekatan rumah tidak saling kenal. Beliau berharap dengan kolaborasi kegiatan pesantren  di masjid atau mushollah terdekat, siswa bisa saling kenal, saling berkomunikasi, terjalin silaturahmi sehingga tidak terjadi permusuhan antar siswa. 


Kemudian, dilanjutkan ke acara inti yakni 

lounching Pesantren Ramadhan Kolaborasi oleh Bapak Gubernur Sumatera Barat, H. Mahyeldi Ansharulloh, S. P.  yang terlebih dahulu memberikan tausiah tentang pentingnya silaturahmi,  keimanan yang kuat, pengetahuan luas, dan persatuan dalam negara berkebhinekaan ini. 


Lebih lanjut Gubernur menjelaskan bahwa kegiatan pesantren perlu dukungan dari semua pihak, baik orang tua, pengurus masjid, guru-guru, ninik mamak  termasuk seluruh lapisan masyarakat.  Kegiatan pesantren sengaja untuk mengkolaborasikan unsur  pemerintah, orang tua, dan masyarakat. 


" Pesantren Ramadhan bertujuan supaya anak - anak nantinya menjadi orang-orang yang hebat. Anak-anak akan menjadi pemimpin bangsa nantinya. Kami tidak ingin meninggalkan generasi yang lemah ( iman, mental, pengetahuan, dan ekonomi kehidupan).


"Kami ingin menjadikan generasi Sumbar menjadi generasi yang kuat. Generasi yang disegani oleh bangsa lain, generasi yang memiliki idealisme dihadapan bangsa lain. Generasi yang memiliki keimanan yang kuat dan generasi yang memiliki ilmu pengetahuan yang luas, dan memiliki kekompakan dan persatuan", ucap beliau dengan nada semangat  dalam tausiahnya. 


Berikutnya,  beliau juga mengatakan orang yang memiliki silaturahmi yang baik akan disenangi oleh Allah SWT. Orang yang memiliki silaturahmi yang baik akan bisa memimpin dengan baik karena mengerti dengan selera masyarakat, dan akan menyenangkan masyarakat. Kemudian, untuk menyelesaikan segala masalah yang ada di dunia kuncinya adalah silaturahmi. Dengan silaturahmi kesepahaman akan terbangun. Jika kesepahaman telah terbangun maka persatuan akan tercipta. 


Terakhir beliau berpesan agar kegiatan bisa diikuti dengan sebaik-baiknya. 


Kegiatan berakhir dengan dibukanya secara resmi launching Pesantren Ramadhan Kolaborasi dengan  menempelkan tangan ke layar tv oleh Gubernur Sumbar didampingi  Ketua Tim Penggerak PKK Sumbar, Kadis Sumbar, Kominfo TIK Sumbar, Ketua LKAAM Sumbar, Ketua Tim Dewan Masjid Indonesia Provinsi Sumbar, dan Ketua Pengurus Masjid Raya Sumbar. 


Usai kegiatan Daring dari Masjid Raya Sumbar,  Kepala SMPN 5 Sijunjung Khairuddin, S.Pd  mengingatkan  kembali agar guru-guru bisa melaksanakan tugasnya mulai besok, (28/3) sesuai dengan pembagian tugas yang telah diatur oleh Wakil Kurikulum. Beliau berharap semoga kegiatan pesantren Ramadhan dapat berjalan lancar  sesuai yang diharapkan.


#GP | Herman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HASIL PEMILU

Pages

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS