Sanggar Seni SDN 1 Sungai Lansek Tampil Memukau di Hadapan Bupati Sijunjung - Go Parlement | Portal Berita

Breaking

Sanggar Seni SDN 1 Sungai Lansek Tampil Memukau di Hadapan Bupati Sijunjung

Jumat, Maret 10, 2023


 

Sijunjung (SUMBAR).GP- Sanggar Seni SDN 1 Sungai Lansek, Kecamatan Kamang Baru tampil memukau di hadapan Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir serta  Ninik Mamak 7 Koto dalam acara Bakaua Adat (Katompat) Nagari Sungai Lansek, Kamis (9/3).


Sanggar Seni ini dipercaya oleh Pemerintahan Nagari Sungai Lansek untuk menyambut kunjungan Bupati Sijunjung dan rombongan dengan  penampilan Silek dan tari pasambahan, diiringi dengan musik yang langsung dimainkan oleh siswa dengan cekatan pada alat musik tradisional Minangkabau seperti talempong, tansa, gandang, pupuik sarunai, dan bansi. 


Yang mengagumkan, walaupun mereka masih usia anak-anak, penampilan mereka sudah seperti sanggar-sanggar seni profesional. Para pesilat dan penari menunjukkan kemampuannya melalui gerakan yang serentak, lemah gemulai dan anggun.


Tari yang diperankan oleh para siswa kelas IV dan V SDN 1 Sungai Lansek itu, sebagai pesilat 4 orang  bernama Hafiz, Dikranta, Dino, dan Nouval sedangkan penarinya juga  4 orang yakni  Rara, Alisa, Ami, dan Aruna  serta  pemegang carano adalah  Fifi, Meisya, dan Aina. 


Para pemusiknya,  talempong melodi oleh Zahra,  talempong rhythm oleh Tika,  tansa oleh Mulki,  gandang 1 oleh Hafif,  gandang 2 oleh Arya, tamborin oleh Fahri. Peniup Pupuik dan Bansi adalah Joni Hendra, S.Pd, guru SDN 1 Sungai Lansek, yang juga  sebagai pelatih musik Sanggar Seni SDN 1 Sungai Lansek. 


Selain Joni Hendra, S.Pd.,  Sanggar Seni SDN 1 Sungai Lansek juga  ikut sebagai pelatihnya  adalah Nonia Nastiti, S.Pd dan Nesa Nopridiana, S.Pd sebagai pelatih tari  yang juga guru di sekolah ini.


Menurut Kepala SDN 1 Sungai Lansek, Asnita, S.Pd, Sanggar Seni ini dibentuk sejak tahun 2018 sebagai kegiatan ekstrakurikuler bidang kesenian tradisional Minangkabau bagi para siswa sekolah untuk menyalurkan bakat dan potensi mereka, khususnya di bidang keterampilan musik dan tari Minangkabau.


“Kami sangat bangga terhadap penampilan siswa-siswa kami, Sanggar Seni kami dipercaya oleh pemerintah Nagari Sungai Lansek untuk menyambut Bupati Sijunjung dalam pesta rakyat terbesar di nagari ini” aku Asnita.


Sanggar Seni SDN 1 Sungai Lansek yang di bina oleh Joni Hendra, S.Pd ini memang sudah sering mengisi acara di berbagai Wilayah  Kecamatan Kamang Baru, Kabupaten Sijunjung. Grup ini sering diundang untuk menampilkan tari penyambutan tamu, maarak anak daro jo marapulai, baik di berbagai instansi maupun pada pesta-pesta pernikahan masyarakat sekitar.


Menurut Joni Hendra, S.Pd selaku pembina Sanggar Seni SDN 1 Sungai Lansek,  dengan kegiatan ini, diharapkan seni budaya Minangkabau tetap dapat dilestarikan oleh generasi penerus. Ini merupakan bagian penting dari pendidikan karena menjadi media untuk membangun karakter yang halus, mempunyai kepekaan, rasa kemanusiaan, kerjasama, kepedulian, serta penyaluran gagasan dan imajinasi secara kreatif dan indah.



#GP |  Herman  |  Joni 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HASIL PEMILU

Pages

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS