Renungan menunggu Sahur (3) Sahur Berkah Sepanjang Waktu. - Go Parlement | Portal Berita

Breaking

Renungan menunggu Sahur (3) Sahur Berkah Sepanjang Waktu.

Sabtu, Maret 25, 2023
Oleh: Ustadz Zulkifli, S.Sos

Ketua FPKS DPRD Kabupaten Sijunjung 




Sijunjung (SUMBAR).GP-  Sahur adalah bagian dari ibadah puasa. Maka jangan pernah tinggalkan sahur. 


Ini bukan tentang bab kuliner malam. Bukan bab selera makan. Bukan juga bab diet. Bukan pula tentang kuat atau tidak kuat puasa. Ini adalah bab taat kepada Allah dan RasulNya. Sahur adalah ibadah. 


Firman Allah Subhanahu wata'ala, surat Al Baqarah ayat 187 : 


 وَكُلُوا۟ وَٱشۡرَبُوا۟ حَتَّىٰ یَتَبَیَّنَ لَكُمُ ٱلۡخَیۡطُ ٱلۡأَبۡیَضُ مِنَ ٱلۡخَیۡطِ ٱلۡأَسۡوَدِ مِنَ ٱلۡفَجۡرِۖ 


"....dan makan minumlah hingga terang bagimu benang putih dari benang hitam, yaitu fajar."


Ayat ini turun sebagai rahmat dan kemudahan bagi umat Islam, setelah sebelumnya seorang sahabat Nabi bernama Qais bin Shirmah sempat pingsan ketika berpuasa Ramadhan, karena malamnya tertidur tidak sempat makan dan minum. 


Bahkan, dalam sahur terdapat keberkahan. Sayang sekali kalo kita kehilangan berkah sahur. 


Dari Anas bin Malik, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,


تَسَحَّرُوا فَإِنَّ فِى السَّحُورِ بَرَكَةً


“Makan sahurlah kalian karena dalam makan sahur terdapat keberkahan.” (HR. Bukhari dan Muslim).


Walau hanya dengan seteguk air putih, sahur tetap dianjurkan. Bahkan Allah dan para Malaikat bershalawat kepada mereka yang sahur. Shalawat Allah adalah Kasih SayangNya, sedang shalawat Malaikat adalah permohonan ampun untuk orang yang sahur. 


Bagi orang tua, sahur selama Ramadhan ini adalah kesempatan bagus untuk memberikan pendidikan khusus kepada anak. Melatih mereka bangun pagi sebelum Subuh dan melakukan kebiasaan baik sejak awal hari. Sesungguhnya, banyak masalah anak yang selesai sendirinya, apabila kebiasaan bangun sebelum Subuh berhasil terbentuk dengan baik pada diri anak. Sebaliknya, banyak masalah anak dimulai dari kebiasaannya bangun kesiangan. 


Di Zaman ini, bangun sahur seharusnya bisa lebih mudah. Dengan menyetel alarm yang bisa  bermacam macam jadwal. Dengan janjian saling membangunkan via telepon dengan saudara. Bahkan, seringkali juga pengurus Masjid membangunkan masyarakat via pengeras suara. Sebagian daerah, ada anak-anak yang berkeliling membangunkan warga di lingkungan sekitar, lengkap dengan kreasi berbagai macam gendang. 


Sahur sungguh mudah dan berkah. Apalagi bila dalam Sahur kita sambung dengan Qiyamul Lail, Tilawah Al Quran, shalat sunat Fajar dan tentu saja shalat Subuh berjamaah. 


Orang yang mengawali hari seperti ini, bisa dipastikan sehat, bugar, kuat, bahagia, terpelihara dan produktif sepanjang waktu. Berkah berlapis lapis insya Allah. 


Jadi, jangan sampai ketinggalan Sahur ya. 


#GP |   Sijunjung | 25 Maret  2023.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HASIL PEMILU

Pages

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS