Masyarakat Jorong Bukit Gombak, Nagari Padang Laweh Kecamatan Koto VII, Kabupaten Sijunjung Adakan Arak Sedekah - Go Parlement | Portal Berita

Breaking

Masyarakat Jorong Bukit Gombak, Nagari Padang Laweh Kecamatan Koto VII, Kabupaten Sijunjung Adakan Arak Sedekah

Rabu, Maret 15, 2023


Sijunjung (SUMBAR). - Arak-arakan sepanjang lebih dari 1/2 km dari Rumah Adat ,Tanduk Empat, Bukit Kubang, Dusun Sumur Timah, Jorong Bukit Gombak,  Nagari Padang Laweh menuju Masjid Baiturrahman Bukit Gombak  menghiasi jalan Provinsi Tanjung Ampalu - Muaro Sijunjung. Diperkirakan 700 orang penduduk telah ambil bagian dalam acara prosesi Arak Sedekah tahun ini.


"Arak Sedekah telah menjadi tradisi tahunan sejak 62 tahun yang lalu. Acara yang biasanya diadakan setelah panen padi ini adalah suatu momen untuk mengekspresikan rasa syukur kepada Allah swt. Yaitu dengan menyumbangkan  sejumlah padi atau uang untuk pembangunan Masjid", ungkap seorang sesepuh dan Mantan Kepala Jorong Bukit Gombak, Ridwan T (72).


Hal itu disampaikan oleh Tik Wan panggilan kesayangannya kepada awak media Goparlement di  di Masjid Baiturrahman Jorong Bukit Gombak, Nagari Padang Laweh, Kecamatan Koto VII, Kabupaten Sijunjung, Provinsi Sumatera Barat,  Rabu, 15/3.


Arak Sedekah kali ini dihadiri oleh, Anggota DPRD Kabupaten Sijunjung, Zalmiati, Wali Nagari Padang Laweh, Jouharuddin, Kepala Jorong Bukit Gombak, Syafrijal, Pengurus dan Anggota BKMT Nagari Padang Laweh, Induk-induk Surau, Ninik-niniń∑ mamak, Kepala Tukang, Kepala Dusun  dan seluruh lapisan masyarakat Bukit Gombak. 


Dalam sambutannya Wali Nagari Padang Laweh, Jouharuddin menyatakan sangat bangga dengan adanya kegiatan Arak Sedekah kali ini. "Saya berharap agar tradisi ini bisa dipertahankan. Dan kami Pemerintahan Nagari Padang Laweh akan mendukung setiap kegiatan yang memakmurkan masjid", ungkap pemimpin yang senang turun ke lapangan ini.


Acara berikutnya arahan dari Anggota DPRD Kabupaten Sijunjung dari Partai PAN, Zalmiati. " Apa-apa yang kita usulkan saat ini banyak yang belum selesai. Pembangunan jalan,  rumah tak layak huni, dan surau-surau perlu dilanjutkan. Insyaallah Masjid Baiturrahman ini akan dapat 30 juta rupiah dalam waktu dekat ", tutur Buk At panggilan kesayangan Buk Dewan ini. 


Di akhir sesi panitia Arak Sedekah  mengumumkan bahwa telah terkumpul 2.527 gantang padi, uang sebanyak Rp. 3.375.000,  7 mangkok dan 2 1/2 lusin gelas. Acara dilanjutkan dengan makan bersama. Setelah itu berdoa dan ditutup dengan saling meminta maaf dengan berjabatan tangan. 


# GP | Bur

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HASIL PEMILU

Pages

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS