Lebah Liar Serang Penduduk Jorong Bukit Gombak - Go Parlement | Portal Berita

Breaking

Lebah Liar Serang Penduduk Jorong Bukit Gombak

Selasa, Maret 14, 2023


Sijunjung (SUMBAR).GP - Seorang tokoh masyarakat Bukit Gombak,  Saman Bungkuk (68) melapor " yang saya tahu tiga orang disengat lebah hari ini dan dua orang lagi menjadi korban kemaren".

Hal itu dilaporkan Saman kepada awak media Goparlement di Dusun Pematang Jao, Jorong Bukit Gombak, Nagari Padang Laweh, Kecamatan Koto VII,  Kabupaten Sijunjung, Provinsi Sumatera Barat, Senin, (13/3).


Menurut Saman batang durian yang sangat banyak tumbuh di Jorong Bukit Gombak sekarang ini sedang berbunga. Makanya banyak lebah bersarang di sekitarnya. Dan sarang-sarang itu diganggu oleh burung elang untuk mengambil madunya. Elang menyapu lebah-lebah yang disarangnya itu dengan sayapnya  kemudian mengibaskannya kepada makhluk yang ada di sekitar itu seperti manusia dan sapi. Itulah sebabnya lebah-lebah itu mengamuk.


"Tiga orang yang disengat lebah hari ini yaitu Sari (57), Imas (24) dan Suni (35). Sedangkan yang menjadi korban lebah liar itu kemarin, Minggu, 12 Maret 2023 adalah Siyagh (58) dan Yuda (10). Kesemuanya tinggal di tempat yang sama dan mereka bengkak bengkak ". Saman melanjutkan. 


Di lain tempat Rawi yang rumahnya berjarak -+ 100 meter  dari TKP menyebutkan bahwa lebih dari 20 orang yang disengat lebah siang tadi. "Saya lewat dengan mobil bak L 300. Untung kaca mobil saya naikan. Kalau tidak habislah saya disengat lebah-lebah bengis itu. Rudi (24) di depan saya, mengendarai L 3 juga lupa menaikan kaca. Akhirnya dia dikerumuni dan disengat oleh lebah-lebah yang sedang marah itu. Akhirnya dia turun dari mobil dan lari tunggang langgang menyelamatkan diri. Dan dia temasuk korban yang parah" papar Rawi di Masjid Baiturrahman Bukit Gombak sehabis sholat Maghrib. 


Menurut pantauan Goparlement di lokasi ada beberapa hal yang tidak biasa terjadi. Pertama setiap orang yang lewat membawa kertas tempat telor yang dibakar. Kedua ada banyak unggun api di sepanjang jalan. Ketiga wajah orang-orang yang lewat nampak ketakutan. Keempat di  mana-mana terdengar orang bercerita tentang lebah. Dan kemaren TKP sangat ramai dilewati karena hari pasar di Tanjung Ampalu dan ada peristiwa kemalangan di sekitar lokasi.


Pagi ini Bidan Adez Wahyuni, S.Keb lewat Handphone selulernya  mengungkapkan "banyak orang yang disengat lebah berobat ke tempat prakteknya kemaren. Diantaranya Siek (33), Madis (4),  Tando (25) Agus (30) dan Datuk Mamek (52). Dan Datuk Mamek adalah yang terparah. Dia diserang lebah-lebah madu liar itu ketika melewati Tempat Kejadian Peristiwa (TKP) hendak mengantarkan sayur Cempedak ke rumah Buyung", ungkap Adez mengakhirinya. 


# GP | Bur

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HASIL PEMILU

Pages

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS