Jonika Amdodi, S.Fil., M.Hi : Bulan Ramadhan Bulan Pembakaran Dosa, Harus Disambut Dengan Taubat, Istighfar dan saling memaafkan. - Go Parlement | Portal Berita

Breaking

Jonika Amdodi, S.Fil., M.Hi : Bulan Ramadhan Bulan Pembakaran Dosa, Harus Disambut Dengan Taubat, Istighfar dan saling memaafkan.

Senin, Maret 20, 2023



Sijunjung (SUMBAR).GP- Ikatan Keluarga Ipuh Permai (IKIP) Perumnas  Ipuh Permai Jorong Pematang Sari Bulan Nagari Muaro Kecamatan Sijunjung, mengadakan menyambut masuknya Ramadhan 1444 H dengan kegiatan makan bersama dan tausiyah oleh Ustadz Jonika Amdodi, S.FIL., M.HI di masjid Baitul Makmur, Senin (20/3) malam.

 

Usai shalat magrib, semua jemaah mengikuti makan bersama dari Jeddah yang telah disiapkan kaum ibu ibu. Setelah masuk waktu shalat isya ,  kemudian dilanjutkan dengan shalat jemaah isya.


Pengurus Masjid Baitul Makmur Kepridaus, S.Ag dalam hantaran katanya, menyampaikan menjadi kebiasaan bagi warga kita sebelum memasuki bulan suci Ramadhan selalu mengadakan kegiatan seperti ini dalam rangka saling memaafkan, sehingga kita suci dalam memasuki bulan suci  Ramadhan.


Akhirnya, Kepridaus atas nama pribadi dan keluarga juga atas nama Pengurus Masjid Baitul Makmur meminta maaf kepada semua jema'ah dan usai acara nanti Kepridaus mengajak jemaah "marilah masing masing kita saling bermaafan" semoga kita semua suci dalam memasuki bulan Ramadhan nanti.


Ustadz Jonika Amdodi dalam tausiyahnya mengatakan,  Ramadhan artinya pembakaran, jadi bukan Ramadhan adalah hari hari membakar dosa  manusia, justeru itu sambutlah Ramadhan dengan taubat sebelum memasuki Ramadhan tersebut.


Taubat dimulai dengan shalat sunat taubat, dua rakaat dengan niat karena Allah, pada rakaat pertama baca ayat An Nashr dan pada rakaat kedua boleh baca surat Al ikhlas sesudah Surah Al-fatihah.


Kedua taubat itu,  hiasilah lidah  dengan istighfar atau  sering membaca Istighfar kepada Allah dimanapun dan kapanpun juga dan keadaan bagaimanapun. 


Berikutnya Jonika Amdodi dengan gaya kocaknya, menghimbau kaum ibu ibu meminta maaf kepada suaminya masing masing, jangan sampai dengan orang yang jauh sudah dikirimkan ungkapan maaf melalui WA dan FB serta kepada para tamu yang datang lalu minta maaf, sementara kepada suami  yang selalu dekat, belum juga minta maaf, anak anak juga segera minta maaf kepada ibuk bapak dan kakak kakaknya.


Selain menyampaikan rukun puasa itu hanya dua, pertama niat dan kedua menahan, Jonika juga menyampaikan cara  mengantisipasi kelupaan berniat dalam setiap malam bulan Ramadhan, boleh dihari pertama itu  sempurnakan niat puasa Ramadhan untuk satu bulan sekaligus, meskipun setiap hari akan tetap dilakukan juga,  itu yang lebih baik, ungkapnya. 


Pada kesempatan tersebut Ustadz Jonika Amdodi juga menyampaikan masalah makan sahur dan tentang zakat fitrah yang dilakukan saat diakhir Ramadhan dan tausiyah ditutup dengan doa yang langsung dipimpin Ustadz Jonika.


Usai pembacaan doa bersama, sesama jemaah saling bersalaman dengan mengucapkan mohon maaf satu sama lainnya.


#GP | Herman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HASIL PEMILU

Pages

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS