Firmansyah Guru Ketrampilan Tetapi Mahir Berbahasa Inggris. . - Go Parlement | Portal Berita

Breaking

Firmansyah Guru Ketrampilan Tetapi Mahir Berbahasa Inggris. .

Rabu, Maret 08, 2023

 


Sijunjung (SUMBAR).GP- Firmansyah, 6 April 2023 genap berusia 60 tahun. Putra Kota  Padang yang jadi orang  sumando Nagari Padang Laweh, Koto VII, Kabupaten Sijunjung bertugas sebagai Guru di SMP Padang Lawas sejak pertengahan 1985 kini bernama SMPN 8 Sijunjung. 


"Saya Pensiun terhitung mulai 1 Mei 2023 besok,  dengan pangkat dan golongan pengabdian, Penata TK I,  III/D," ujar Firman panggilan akrabnya.


Ketika ditemui media di Penginapan Keluarga, Rabu dia menuturkan, mulai  bertugas pertengahan tahun 1985 lalu di SMP Padang Lawas ketika itu langsung mengajarkan tiga bidang studi  sekaligus yaitu Bahasa Inggris, Geografi dan Sejarah.


Waktu itu saya masih  jomblo ( Bujangan - Red)  dan Nagari Padang Laweh ketika itu belum ada listrik , gelap gulita ditengah malam, kini dia tinggal di Nagari Tanjung. 


"Awal nya ingin jadi guru ke Sijunjung negeri ku tercinta, akhirnya berjodoh disini dan telah punya anak dan menantu di sini," ujar Firmansyah bangga.


Saat  itu belum ada ojek seperti sekarang, tetapi  saya punya kenderaan vespa  menjadikan saya  lancar atau  tidak ada  halangan untuk pergi ke ibu kecamatan yaitu Tanjung Ampalu atau kemana saja, ungkapnya mengenang masa lalunya.


Almamater Diploma Satu (D1) Jurusan Ketrampilan dan Kerajinan IKIP Padang ini selain hobi seni tarik suara yang juga mahir percakapan Inggris ini, menempuh pendidikan dari TK sampai D1 IKIP dilaluinya di Kota Padang. 


"Saya juga pernah jadi gaet turis dari Belanda berkunjung ke Silokek beberapa waktu lalu, saya memang hoby berbahasa Inggris sejak duduk di SMP dulu," katanya sembari memperlihatkan poto poto dokumentasinya dengan turis di Geopark Silokeknya.


"Pernah sekolah di TK Aisyiah Padang,  SD Muhammadiyah Padang, SMPN Kuranji Padang sekarang bernama SMPN 10 Padang dan selanjutnya SMA Muhammadiyah 1 Padang. Pada tahun  1983 masuk IKIP Padang  dengan  jurusan D1 Ketrampilan Kerajinan," katanya.


Bermodal ijazah D1 IKIP Padang ini saya jadi  jadi Guru di SMPN Padang Lawas, kini bernama  SMPN 8 Sijunjung , sebagai sekolah satmingkal dan pernah juga mengajar pada SMPN 2 Sijunjung di Tanjung Ampalu, SMPN 38 Sijunjung di Padang Galomo Batu Gondang Limo Koto dan di SMPN 10 Sijunjung di Sungai Lansek untuk menambah jam mengajar  menjadi 24 Jam bidang ketrampilan.


"Mengajar pada berbagai sekolah tersebut dimulai sejak saya menerima dana sertifikasi guru sejak tahun 2014 lalu," katanya.


Suami dari  Arlisnairi (51) anak seorang Penjaga Sekolah di SMPN 8 Sijujung itu, kini telah dikurniai anak dua pasang. Putri pertama tamat UIN Padang bernama Noviralina sudah berkeluarga. Anak kedua bernama Farli Dermawan tamat D3 jurusan Manajemen, Informaatika & Komputer   Unes Padang dengan Predikat Sangat Memuaskan, tetapi belum bekerja.


Berikutnya anak ketiga saya sedang duduk di  kelas XII SMAN 7 Sijunjung bernama  Fani Victory dan yang terakhir baru duduk dikelas  X SMKN 1 Sijunjung bernama Farizol Rahmat.


Selain hoby  tarik suara, Firmansyah ini juga hobi olahraga pimpong dan berbakat  juga jadi gaet pariwisata yang berkunjung ke Sijunjung dengan modal aktif berbahasa Inggris.  



#GP | Herman.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HASIL PEMILU

Pages

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS