Zainal, S.Pd.I : Guguk Nagari Ketahanan Pangan nomor satu di Sumbar - Go Parlement | Portal Berita

Breaking

Zainal, S.Pd.I : Guguk Nagari Ketahanan Pangan nomor satu di Sumbar

Senin, Februari 27, 2023


Sijunjung (SUMBAR).GP- Masyarakat Nagari Guguk Kecamatan Koto VII dewasa ini sudah gemar dan tertarik untuk memanfaat lahannya untuk tanaman palawija seperti terung dengan berbagai jenis dan warna.


Terung yang ditanami masyarakat petani itu ada terung ungu dan hijau ukuran panjang dan jenis bulat kecil warna hijau dan jenis kecil panjang warna hijau, masing masing punya nama tersendiri, ungkap Wali Nagari Guguk Zainal, S.Pd.I di Muaro, Senin (27/2). 


"Kita sangat bersyukur sekali masyarakat dengan penuh kesadaran mau mengolah dan melakukan  berebun palawija ini, bagi yang punya lahan kosong disitu lah ia menanam terung dan sebagian besar mereka menanam terung diantara tanaman jeruk nipis yang sudah ditanam sebelumnya," tukuk Zainal.


Berbicara soal tanaman terung ini, kini para pedagang dari Payakumbuh, Bukittinggi dan Tanah Datar bahkan dari Alahan Panjang berdatangan untuk  membeli terung ke  Nagari Guguk ini yang panennya dua kali seminggu mencapai 7 dan 8 ton seminggunya.


Demi kelancaran usaha kebun terung di Guguk ini, kita selaku Wali Nagari Guguk turun tangan sebagai pembina Kelompok tani(Keltan) tersebut. Bibit terung kita datangkan  dari Pekanbaru, jenis turungnya bervariasi baik bentuk maupun warnanya. 


"Lagi pula terungnya kuat dan tahan, sehingga tidak cepat layu bila terlambat terjual atau tidak kuatir bila ada gangguan macet di jalanan menjelang sampai tujuan," ujar Zainal.  



Bicara soal Pisang Kepok yang ditanam secara massal  tahun lalu, kini  sudah panen, dan banyak juga  pedagang yang membeli pisang ini ke Guguk.


Pada tahun 2023  Nagari Guguk ini diberikan jatah oleh Balibo Sukarami untuk membuat bibit anak pisang kepok  sebanyak  20.000 batang, itu sedang kita galakkan sekarang, kata Zainal.


"Alhamdulillah Nagari Guguk sukses Juara I Sumbar tentang ketahanan pangan tingkat Provinsi Sumbar 2022 akan maju pada lomba katahanan pangan  tingkat nasional pada tahun 2023 ini," terang Zainal.


#GP  |  Herman. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HASIL PEMILU

Pages

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS