Sambutan Tokoh Masyarakat Dalam Hari Jadi Kabupaten Sijunjung ke 74 Tahun 2023. - Go Parlement | Portal Berita

Breaking

Sambutan Tokoh Masyarakat Dalam Hari Jadi Kabupaten Sijunjung ke 74 Tahun 2023.

Senin, Februari 20, 2023


Sijunjung (SUMBAR).GP- Dalam rapat paripurna Istimewa DPRD Kabupaten Sijunjung, Sabtu, 18 Februari 2023 dalam rangka memperingati Hari Jadi Kabupaten (HJK) Sijunjung atas nama tokoh masyarakat yang menyampaikan sambutan adalah Drs.H.Syamsul Arifin, M.M.Pd.


Pidato yang disampaikan tokoh masyarakat Kabupaten Sijunjung setiap Hari Jadi Kabupaten Sijunjung merupakan dokumen yang harus dipandang sama pentingnya  oleh masyarakat Sijunjung dengan pidato pejabat lainnya, seperti pidato  dan sambutan Sekjen Kemendagri, Gubernur, Bupati dan Ketua DPRD Kabupaten Sijunjung itu sendiri.


Apa yang disampaikan tokoh masyarakat yang mewakili seluruh masyarakat Sijunjung itu sendiri pada hakikatnya pandangan atau  isi hati kita semua dalam mengevaluasi diri dalam momentum HJK Sijunjung yang  harus dicermati oleh semua pihak.


Berkaitan dengan itu media goparlement merasa penting  menurunkan secara utuh isi  pidato yang disampaikan Tokoh masyarakat Sijunjung Drs H.Syamsul Arifin, M.M.Pd sebagai berikut; 



Atas Rahmat dan KaruniaNya, pada hari ini kita masih dalam keadaan sehat Wal 'afiat sehingga dapat bersama-sama hadir pada sidang paripurna Istimewa Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sijunjung dalam rangka memperingati hari jadi Kabupaten (HJK) Sijunjung yang 74 tahun 2023.



Atas nama pribadi izin saya menyampaikan sambutan tokoh masyarakat baik yang berada di kampung maupun yang berada di perantauan, tentu dalam sambutan ini tidak aspirasi dan masyarakat dapat tersampaikan, ada yang pro dan kontra, ini menandakan bahwa kita sama-sama berfikir, berbuat dan berjuang untuk Sijunjung yang lebih baik.



Mengawali sambutan ini, perkenankan kami menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada semua pihak baik pimpinan maupun anggota dewan yang terhormat, aparatur pemerintahan, tokoh masyarakat, alim ulama dan cendekiawan serta seluruh elemen masyarakat Kabupaten Sijunjung yang telah berkolaborasi sehingga tercipta serta bisa kita pertahankan suasana yang kondusif di bumi Lansek Manih. Karena dalam suasana yang aman tentram, damai dan demokratis kita bersama dengan pemerintah dapat melaksanakan tahapan -tahapan pembangunan daerah yang sudah disepakati bersama 


Seiring dengan bergantinya waktu, hari, bulan dan bergantinya tahun tidak terasa Kabupaten Sijunjung telah berusia 74 tahun. Tujuh puluh empat tahun adalah rentang panjang perjalanan karena penuh dengan romantika dan dinamika sejarah.



Sebuah kabupaten yang dulunya termasuk salah satu kabupaten yang luas di Provinsi Sumatera Barat, kini Sijunjung telah melahirkan dua daerah baru yakni Kota Sawahlunto dan Kabupaten Dharmaraya.


Maka sebagai masyarakat Sijunjung, kita wajib bersyukur karena dapat mempertahankan tatanan adat, sosial,budaya yang merupakan kekayaan yang luar biasa yang tertanam dalam diri kita masyarakat Kabupaten Sijunjung secara turun temurun dari nenek moyang kita.

 

Peringatan hari jadi Kabupaten Sijunjung ini, kita jadikan sebagai sebuah inspirasi dan motivasi untuk mengisi dan berjuang dengan karya dan prestasi, lalu kita bingkai catatan perjalanan hari ini dan kedepan dengan kerja keras, kerja produktif bersama berkontribusi, berkolaborasi, dan berinovasi demi meraih cita cita dan harapan akan masa depan untuk menjadikan Sijunjung lebih baik.




Sebagai generasi penerus mari kita jadikan sejarah sebagai sebuah untaian peristiwa penuh makna dan hikmah, lalu dari sejarah kehidupan pemerintahan dan pembangunan Sijunjung selama ini kita bisa memetik pembelajaran bahwa setiap generasi kepemimpinan memiliki warna dan dinamika tersendiri sesuai era dan zamannya.



 Kepada pendahulu dan para pendiri (Founding Father) Kabupaten Sijunjung, dengan hormat kami menyampaikan terima kasih atas jasa dan pengabdian terbaik kepada daerah Kabupaten Sijunjung yang sama sama kita cintai dan banggakan.


Sidang Dewan dan hadirin yang kami hormati.


Rasa cinta dan rasa memiliki terhadap Kabupaten Sijunjung hendaknya terpatri dalam dada, tercermin dalam sikap dan mewujudkan dalam laku setiap diri pribadi masyarakat Sijunjung.



Rasa cinta dan bangga terhadap daerah ini harus termanifestasi dalam keyakinan yang kuat, maka hari jadi yang ke 74 ini bertemakan" Bersama Berkontribusi, Berkolaborasi dan Berinovasi Menuju Sijunjung lebih baik.



Tema tersebut harus kita lakukan sesuai dengan potensi dan profesi kita masing masing, sehingga tidak hanya indah dalam tataran kognisi dan retorika, tapi menjelma dalam implementasi dan karya nyata.



Sebagaimana yang kita ketahui bahwa sesungguhnya Kabupaten Sijunjung memiliki banyak potensi bila dibandingkan dengan Kabupaten/Kota lainnya, potensi tersebut meliputi kekayaan sumber daya alam, letak geografis yang sangat strategis maupun modal sosial (Social Capital) yang pengaruhnya sangat dominan bagi pembangunan daerah, maka tugas kita saat ini bagaimana kita bersama-sama mengelola potensi tersebut.

 


Dengan meningkatkan pengelolaan potensi yang kita miliki secara profesional serta dengan memaksimalkan kontribusi dan peran serta semua stakeholder maupun shareholder yang ada didukung oleh manajemen pemerintahan yang efesien dan efektif, serta kepemimpinan yang kuat maka saya sangat optimis akselerasi laju pembangunan pada semua sektor dapat kita tingkatkan.



Peningkatan kapasitas pengelolaan potensi lokal juga sejalan dengan pelaksanaan otonomi daerah yang esensinya mendorong berkembangnya pembangunan daerah sesuai dengan kondisi sosial maupun aspirasi dan potensi masyarakat yang terus berkembang.



Ketua Dewan dan hadirin yang terhormat.


Dalam beberapa tahun terakhir, kebersamaan dan peran serta semua kini sudah mulai terasa dan membawa dampak positif terhadap kemajuan Kabupaten Sijunjung di bidang perkebunan, selama ini kita kenal dengan hutan karet sekarang sudah beralih pada perkebunan yang dipelihara dengan baik.



Pemanfaatan lahan tidur secara bertahap telah memberikan dampak pada kehidupan masyarakat, dibidang peternakan Sijunjung masih menjadi rujukan bagi kabupaten/kota lain dengan adanya pasar ternak yang lokasinya sangat strategis, apalagi di bidang pariwisata melalui Geopark Silokek Sijunjung tidak hanya dikenal oleh masyarakat Sumatera Barat tapi telah dikenal secara Nasional dan Asean dan masih banyak perubahan-perubahan ke arah yang lebih baik.


 


Maka pada kesempatan ini izinkan kami sekali lagi menyampaikan ucapan terima kasih apresiasi yang setinggi-tingginya kepada pemerintah Kabupaten Sijunjung serta seluruh masyarakat Sijunjung yang telah bersama-sama membangun sesuai profesi, potensi dan kemampuan kita masing masing.



Demikianlah yang dapat saya sampaikan pada kesempatan ini, terakhir "Selamat Hari Jadi Kabupaten Sijunjung yang ke 74 tahun 2023, semoga Sijunjung manjadi lebih baik untuk masa yang akan datang.


Demikian, wasallam Drs. H. SYAMSUL ARIFIN, M.M.Pd


#GP | Herman 





  


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HASIL PEMILU

Pages

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS