Tiga Harta Terbaik - Go Parlement | Portal Berita

Breaking

Halaman

Tiga Harta Terbaik

Sabtu, Februari 11, 2023


Sijunjung (SUMBAR).GP- Saudaraku, apa kabar mu sekalian ? Semoga Allah selalu merahmati kita semua.  Marilah kita bersama merenung dan muhasabah diri , semoga hidup kita menjadi lebih baik. 


Setiap kita sibuk mencari ma'isah untuk menafkahi diri dan keluarga.ㅤㅤㅤ 

Setiap orang tentu pengen memiliki banyak harta biar menjadi *sultan* bahasa gaulnya.


Apakah harta yang paling berharga dalam hidup kita ?


Rasulullah shalallahu alaihi wasallam memberikan kriteria 3 harta yang paling utama dan terbaik bagi kita di dunia dan akherat

ㅤㅤㅤ

Tsauban radhiallahu ‘anha beliau adalah salah seorang pelayan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, beliau pernah bertanya kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam sebagai berikut:

ㅤㅤㅤㅤㅤㅤ

يا رسولَ اللَّهِ أيَّ المالِ خَيْرٌ نتَّخذُ فَقالَ

ㅤㅤㅤㅤㅤㅤ

“Ya Rasulullah -(shallallahu ‘allaihi wa sallam) harta terbaik apakah yang semestinya kami miliki ?“. Beliau menjawab:

ㅤㅤㅤㅤㅤㅤ

ليتَّخِذْ أحدُكُم قَلبًا شاكرًا، ولِسانًا ذاكرًا، وزَوجةً مُؤْمِنَةً تعينُ أحدَكُم علَى أمرِ الآخِرةِ

ㅤㅤㅤㅤㅤㅤ

"Hendaklah kamu *memiliki hati yang selalu bersyukur, lisan yang banyak berdzikir dan istri shalihah* yang membantu suaminya dalam urusan akhirat". [HR. Ibnu Majah no.1517. 


1. Hati yang bersyukur

Syukur.


Makna syukur secara bahasa adalah


الثناء على المحسِن بما أَوْلاكَهُ من المعروف


“Syukur adalah pujian bagi orang yang memberikan kebaikan, atas kebaikannya tersebut” (Lihat Ash Shahhah Fil Lughah karya Al Jauhari). Atau dalam bahasa Indonesia, bersyukur artinya berterima kasih.


Sedangkan istilah syar'iah syukur dalam tinjauan agama, adalah sebagaimana yang dijabarkan oleh Ibnul Qayyim:


الشكر ظهور أثر نعمة الله على لسان عبده: ثناء واعترافا، وعلى قلبه شهودا ومحبة، وعلى جوارحه انقيادا وطاعة


“Syukur adalah menunjukkan adanya nikmat Allah pada dirinya. Dengan melalui lisan, yaitu berupa pujian dan mengucapkan kesadaran diri bahwa ia telah diberi nikmat. Dengan melalui hati, berupa persaksian dan kecintaan kepada Allah. Melalui anggota badan, berupa kepatuhan dan ketaatan kepada Allah” (Madarijus Salikin, 2/244).


2. Lisan yang selalu berdzikir.

Dalam riwayat lain Nabi kita Shollallahu'alaihi wassalam bersabda


وَعَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ بُسْرٍ – رَضِيَ اللهُ عَنْهُ – : أَنَّ رَجُلاً قَالَ : يَا رَسُوْلَ اللهِ ، إِنَّ شَرَائِعَ الإِسْلاَمِ قَدْ كَثُرَتْ عَليَّ ، فَأَخْبِرْنِي بِشَيْءٍ أَتَشَبْثُ بِهِ قَالَ : (( لاَ يَزالُ لِسَانُكَ رَطْباً مِنْ ذِكْرِ اللهِ )) . رَوَاهُ التِّرْمِذِيُّ ، وَقَالَ : (( حَدِيْثٌ حَسَنٌ )) .


Dari ‘Abdullah bin Busr radhiyallahu ‘anhu bahwa ada seorang lelaki berkata, “Wahai Rasulullah, sesungguhnya syariat Islam ini telah banyak bagiku, maka beritahulah kepadaku sesuatu yang bisa aku pegang selalu.” Beliau menjawab, “Hendaklah lisanmu selalu basah karena berdzikir kepada Allah.” (HR. Tirmidzi, ia mengatakan bahwa hadits ini hasan) [HR. Tirmidzi, no. 3375. Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa sanad hadits ini hasan].


3 Istri yang Sholehah


Wanita Sholehah akan selalu menyenangkan hati suaminya, indah di pandang dan tutur katanya menyenangkan.


Rasulullah shalallahu alaihi wa salam memberikan sifat wanita Sholehah

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, dia berkata,


قِيلَ لِرَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَيُّ النِّسَاءِ خَيْرٌ قَالَ الَّتِي تَسُرُّهُ إِذَا نَظَرَ وَتُطِيعُهُ إِذَا أَمَرَ وَلَا تُخَالِفُهُ فِي نَفْسِهَا وَمَالِهَا بِمَا يَكْرَهُ


Pernah ditanyakan kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, “Siapakah wanita yang paling baik?” Jawab beliau, “Yaitu yang paling menyenangkan jika dilihat suaminya, mentaati suami jika diperintah, dan tidak menyelisihi suami pada diri dan hartanya sehingga membuat suami benci” (HR. An-Nasai no. 3231 dan Ahmad 2: 251. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini hasan shahih)


Lantas bagaimana kedudukan wanita ini di sisi Allah

Dari ‘Abdurrahman bin ‘Auf, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,


إِذَا صَلَّتِ الْمَرْأَةُ خَمْسَهَا وَصَامَتْ شَهْرَهَا وَحَفِظَتْ فَرْجَهَا وَأَطَاعَتْ زَوْجَهَا قِيلَ لَهَا ادْخُلِى الْجَنَّةَ مِنْ أَىِّ أَبْوَابِ الْجَنَّةِ شِئْتِ


“Jika seorang wanita selalu menjaga shalat lima waktu, juga berpuasa sebulan (di bulan Ramadhan), serta betul-betul menjaga kemaluannya (dari perbuatan zina) dan benar-benar taat pada suaminya, maka dikatakan pada wanita yang memiliki sifat mulia ini, “Masuklah dalam surga melalui pintu mana saja yang engkau suka.” (HR. Ahmad 1: 191 dan Ibnu Hibban 9: 471. Syaikh Syu’aib Al Arnauth mengatakan bahwa hadits ini shahih)

Wahai para istri dan kaum ibuku,  tidak kah tertatik dengan janji Allah ini? 

Maka berbaktilah dengan suamimu apapun dia adanya. Semoga Allah mudahkan


Pertanyaannya:

Dari 3 perkara harta terbaik di dunia di atas, manakah yang telah kita miliki ?

ㅤㅤㅤㅤㅤㅤ

Ya Allah anugerahkanlah kepada kami ketiga harta utama tersebut, Aamiin.

ㅤㅤㅤㅤㅤㅤ

وبالله التوفيق وصلى الله على نبينا محمد وآله وصحبه وسلم


#GP  | Sijunjung | 11 Februari 2023.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS