Drs.Darlias : Perpustakaan Bukan Hanya Tempat Membaca dan Tumpukan Buku Semata. - Go Parlement | Portal Berita

Breaking

Drs.Darlias : Perpustakaan Bukan Hanya Tempat Membaca dan Tumpukan Buku Semata.

Selasa, Februari 07, 2023



Sijunjung (SUMBAR).GP- Dalam momen Hari Jadi Kabupaten (HJK) Kabupaten Sijunjung ke 74, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sijunjung akan meluncurkan 3 inovasi tentang perpustakaan.


Lounching Digital Library, pengukuhan Bunda Literasi Kabupaten dan Kecamatan yang ketiga lomba paduan suara  mars Perpustakaan antar SLTP se Kabupaten Sijunjung.


Lounching Digital Library itu akan dilaksanakan serentak  bersamaan waktunya  dengan Lounching inovasi inovasi lain dari Dinas dan Kantor yang ada di Kabupaten Sijunjung, sedangkan lomba paduan suara tingkat SLTP dilaksanakan di kantor ini pada tanggal 15 Februari 2023 dan pengukuhan Bunda Literasi Kabupaten dan Kecamatan tanggal 18 Februari 2023.



Hal itu diungkapkan oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sijunjung Drs.Darlias di ruang kearsipan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Selasa (7/2).


Lebih lanjut dijelaskan Darlias mantan Pejabat Dinas Pendidikan Kabupaten Sijunjung itu, tujuan kegiatan melaunching dan mengadakan tiga kegiatan tersebut dalam HJK Kabupaten Sijunjung ke 74 tahun ini adalah mengenalkan kepada masyarakat bahwa pustaka bukan hanya tempat membaca dan tempat tumpukan buku semata.


Tetapi labih dari itu Pustaka adalah tempatnya masyarakat melakukan berbagai kegiatan sesuai dengan tujuan yang diinginkan masyarakat itu. "Kita fasilitasi semua yang mau berkegiatan disini," paparnya.


Berbicara literasi, kata Darlias pertama kegiatan membaca, setelah membaca orang itu akan memahami, setelah dia paham akan timbul rasa mengerti dengan manfaat sesuatu yang dibaca tadi dan bermodalkan paham dan mengerti dia akan melakukan atau berbuat, dari hasil perbuatannya itu timbullah hasil secara moril dan finansial yang ujung ujungnya adalah kesejahteraan masyarakat.


"Jadi kita semua aparatur di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan ini konsen dalam meningkatkan daya baca, sehingga masyarakat paham dan mengerti atas sesuatu, yang sesuatu dilakukan dengan tekun dan baik akan meningkatkan Sumber Daya manusia (SDM) daerah ini," terangnya.


Bicara tentang Digital Library, kata Darlias putra asli Muaro itu, masyarakat dapat mengakses Perpustakaan berupa membaca buku yang diinginkan dan juga bisa meminjam buku lewat HP Androidnya masyarakat tersebut. Jadi dengan Digital Library pelayanan Dinas Perpustakaan semakin luas, bukan hanya melayani orang berkunjung ke kantor ini, tetapi dapat melayani masyarakat tersebut dimanapun ia berada.


Menyangkut pojok baca, memang Dinas Perpustakaan dan Kearsipan telah punya ditempatkan  Dinas Catatan sipil dan kependudukan, karena masyarakat banyak berkunjung kesana dalam berbagai urusan kependudukan dapat membaca sambil menunggu urusannya selesai. 


Disebutkan Darlias, selama ini Dinas Perpustakaan dan Kearsipan telah eksis dimanfaatkan oleh masyarakat untuk pelatihan pelatihan seperti latihan beternak madu lebah, latihan penanaman pisang kepok, pelatihan membuat goreng pisang kepok, latihan membuat tas jali jali, latihan budi daya tanaman kalengkeng.


Selain itu, kantor ini juga menfasilitasi pelatihan catur, baik pemula maupun untuk atlitnya. Pelatihan tari Minang dan pelatihan orang magang dari berbagai sekolah Gerakan Pustaka Digital yang disingkat dengan  (Radikal) 


#GP  |  Herman.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HASIL PEMILU

Pages

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS