Diskusi Publik Menatap Masa Depan Sijunjung - Go Parlement | Portal Berita

Breaking

Diskusi Publik Menatap Masa Depan Sijunjung

Kamis, Februari 23, 2023


Sijunjung (SUMBAR).GP-  Organisasi Pemuda Muslimin Indonesia (PMI) Cabang Kabupaten Sijunjung dipimpin Aris Supratman, S.Pd.I., memprakarsai diskusi publik bertemakan "Menatap Masa Depan Sijunjung" di Ruang Puja Sera Simpang Logas, Muaro, Rabu (22/2) malam.


Kegiatan diskusi publik yang pertama ini dilaksanakan PMI bertujuan dalam rangka merenung kondisi Sijunjung di usianya 74 tahun,  dan mengajak generasi muda dengan kerangka berfikir logis untuk berkontribusi berkolaborasi dan berinovasi dalam memajukan Sijunjung kedepannya.


"Melalui diskusi publik  dengan mengundang Nara Sumber yang terdiri dari tokoh Adat, Agama, Akademisi, Politisi dan Tokoh Pemuda,  kita generasi muda saat ini dapat mengambil suatu gambaran dan kesimpulan, apa, mengapa dan bagaimana seharusnya generasi muda kedepanya dalam mewujudkan Sijunjung yang lebih baik itu," ungkap Aris Supratman dalam sambutannya. 


Kegiatan diskusi publik tersebut, diikuti oleh peserta dari berbagai organisasi kepemudaan seperti KNPI, Pemuda Anshor, PMI Kecamatan dan Kabupaten Sijunjung, Ketua atau pengurus partai politik tingkat Kabupaten Sijunjung.


Diskusi yang dipandu moderator Hasnawati Ketua Wanita Muslim Indonesia yang juga penyiar radio swasta Muaro Sijunjung berlangsung hangat dan diikuti penuh antusias oleh para pemuda Sijunjung itu.


Terjadi pro kontra dalam menilai kemajuan yang diraih Sijunjung dalam usianya ke 74 ini,  baik dari pembicara yang dihadirkan PMI ataupun oleh peserta diskusi publik itu sendiri, namun semuanya dalam konteks kecintaan dan punya harapan lebih baik untuk negeri Sijunjung yang dicintai bersama.


Mayor Aswad Kanedy misalnya, selaku tokoh akademisi mengatakan,  kegiatan ini akan menjadi tidak berarti apa apa, bila mana apa yang kita kupas dalam diskusi publik ini tidak sampai atau tidak  didengar oleh Bupati, Wakil Bupati Sijunjung maupun oleh DPRD Kabupaten Sijunjung.


"Jadi kita berharap, Kasi di Kesbang Linmas yang malam ini mewakili Pemerintah Sijunjung dapat menyampaikan apa apa yang mengapung dalam diskusi publik malam ini  kepada pimpinannya," papar Aswad Kanedy berharap.


"Sampaikan saja kepada Bupati, Wakil Bupati dan anggota DPRD daerah ini, bahwa saya melihat Sijunjung saat ini sedang dalam keadaan tidak baik baik saja, dalam bidang apa saja, ekonomi, IPM dan infrastruktur yang banyak sekali mangkraknya, bahkan pejabat Pemda Sijunjung dengan enteng mengatakan, "tidak ada kerugian negara, enak aja ngomong kayak gitu ..," papar Mayor Aswad Kanedy.


Baik Drs.Asriben Rajo Palowan, dr.Mendro Suarman, Mayor Aswad Kanedy mengapresiasi kegiatan yang digagas PMI Kabupaten Sijunjung ini, namun Andriyaldi, SH politisi  Golkar dan advokat Sijunjung berharap diskusi seperti ini tidak hanya kali ini saja tetapi harus berlanjut kedepannya dan fokus dengan materi tertentu, undang OPD terkait, undang Pakar atau Nara sumber ahli bidang tersebut hadirkan generasi muda dan parpol lainnya.


Utusan Pemuda Anshor yang hadir dalam acara ini,  mengapresiasi prakarsa PMI melaksanakan kegiatan diskusi publik ini, namun akan lebih baik, kiranya kegiatan diskusi publik generasi muda ini disponsori KNPI, karena KNPI lah tempatnya kita organisasi kepemudaan ini bernaung. 


Ketua PMI Aris Supratman mengemukakan, karena diskusi publik ini adalah pertama kita lakukan,  maka tema yang diangkat "Menatap Masa Depan Sijunjung" sehingga saat ini keluar dan muncul ide ide baru, keluhan keluhan, dan saran saran malam ini, ini yang  akan kita akomodir dalam merencanakan diskusi diskusi berikutnya.


Berbagai sorotan muncul dalam kegiatan diskusi publik terhadap penyelenggaraan kepemimpinan Kabupaten Sijunjung saat ini, termasuk kegiatan studi tiru baik oleh pejabat Pemda maupun  DPRD Kabupaten Sijunjung ke berbagai lokasi tetapi dampaknya belum signifikan buat daerah Sijunjung sendiri.


Bertindak selaku Nara Sumber diskusi publik malam itu, tokoh politik dr Mendro Suarman, tokoh adat Drs.Asriben Rajo Palowan dan Kardinul, Akademisi Mayor Aswad Kanedy dan Andriyaldi,SH dari Politisi Golkar dan Advokat. Dan semua utusan Pemuda serta Pengurus Partai yang hadir aktif dalam berbicara.



Diakhir diskusi tersebut Hasnawati meminta jawaban peserta yang hadir atas beberapa poin yang dijawab secara serentak dengan setuju atas 4 poin sebagai berikut kedepannya ;


1. Sepakat untuk menyamakan persepsi dalam memajukan Sijunjung 

2. Sepakat untuk bersama berkontriibusi, berkolaborasi dan berinovasi dalam memajukan Sijunjung 

3. Sepakat untuk membantu membina dan mendampingi dalam kaderisasi generasi muda

4. Sepakat untuk bersama mengawasi  jalannya pemerintahan dan program yang sedang berjalan.


Ketua PMI Kabupaten Sijunjung Ari Supratman akan mengadakan diskusi publik secara berkala dan mengaturkan terima kasih kepada Nara Sumber dan peserta yang hadir malam ini.


#GP | Herman.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HASIL PEMILU

Pages

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS