Di Lubuak Kapiyek - Go Parlement | Portal Berita

Breaking

Di Lubuak Kapiyek

Kamis, Februari 23, 2023

Oleh : Pardi Syahri


Sijunjung (SUMBAR).GP-  Kampung paling ujung dari Kecamatan Kamang Baru, Kabupaten Sijunjung di sini terdapat satu SD dan satu masjid listrik sudah masuk namun sinyal belum. Saat saya tanya salah seorang guru bagaimana bapak berkomunikasi dengan teman di luar sana ya kami cari saja tempat yang agak tinggi kemudian kami bicara-bicara katanya.


Setelah itu kami pulang, begitulah pak jawabnya. Oo...susah juga ya pak, ya mau gimana lagi pak. SD 36 Air Amo, Jorong Lubuak Kapiyek hari ini bersama guru serta mayarakatnya mengadakan acara peringatan Isra' Mi'raj disebuah masjid kebanggaan mereka. 


Sekolah Dasar yang sudah cukup lama juga berdiri dengan jumlah murid sekitar 47 orang siwa/i tadi saya dapat info dari kepala sekolah yang baru bapak Sunardi S.Pd. Beliaulah yang setiap hari berulang dari rumah ke sekolah dengan sepeda motor. 


Saya tanya setelah mereka tamat SD mereka sekolah ke mana pak? ada satu buah SMP di Banjar Tengah, jauh juga ya pak? lumayanlah mereka lewat jalan ini juga ya pak? ia,  inilah  jalan satu-satunya pak. Kalau hujan gimana pak? ya.... itulah yang mereka khawatirkan.


Hmmmm....luar biasa juga pengorbanan mereka untuk belajar ya pak, iya begitulah jawabnya. Tapi sekarang sudah agak mending  dibanding 3 tahun lalu. Ini perjalanan ke 3 saya ke sini, Alhamdulillah masyarkatnya antusias sekali mendengar pengajian.


Salah seorang ibuk perwakilan dari pengajian ibuk-ibuk tadi menyampaikan dalam sambutannya terima kasih bapak sudah datang ke sini, kami memang jarang mengundang guru dari luar untuk pengajian ini seperti hari ini.


Karena beberapa alasan pertama sinyal belum ada, hal itu yang membuat kami tak bisa banyak komunikasi dengan yang di luar,  kedua medannya yang agak susah,  juga membuat enggan untuk menghadirkan guru, dan lain-lain sebagainya.


Itulah cerita saya hari ini, sekali-kali agar kita tahu keadaan sanak saudara kita di sini maka datangilah. Biar kita tahu juga apa yang mereka rasakan, sambil menikmati indahnya alam kampung paling ujung ini. 


Terima kasih pak Sunardi Guru yang telah mengundang saya ke sini semoga bapak sehat selalu. Aamiin..


Rihlah berlumpur..


#GP | Sijunjung | 23 Februari 2023.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HASIL PEMILU

Pages

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS