Danau Hijau Di Jorong Kunangan Nagari Kunpar Sangat Cocok Untuk Olahraga Dayung. - Go Parlement | Portal Berita

Breaking

Danau Hijau Di Jorong Kunangan Nagari Kunpar Sangat Cocok Untuk Olahraga Dayung.

Senin, Februari 13, 2023



Sijunjung (SUMBAR).GP- Tim Pemberdayaan dan Pengembangan Desa Wisata (TP2Dewi) M.Zuhrizul dan Bundo Wati serta Deno Indra F dan Asneti dari Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (PODSI) Provinsi Sumbar meninjau Danau Hijau di Jorong Kunangan, Nagari Kuangan Parit Rantang (Kunpar), Minggu (12/2) 


Kunjungan Tim dari Provinsi Sumbar atas perintah Gubernur Sumbar Buya Mahyeldi itu didampingi oleh Camat Kamang Baru Asrijal, SH., Wali Nagari Kunpar Syahbuddin yang dikenal dengan Datuak Abu dan beberapa tokoh masyarakat lain dari Kecamatan Kamang Baru.


Menurut Camat Kamang Baru Asrijal, SH., tampaknya tim dari Provinsi Sumbar itu sangat optimis sekali danau hijau Kunangan itu dikembangkan menjadi arena olahraga Dayung, karena danau itu memiliki panjang 2 km dengan lebarnya 170 meter, Senin (13/2) 


Dikatakan Asrijal, sebelum peninjauan itu, Sabtu (11/2) sudah dilaksanakan antara tim dari Provinsi Sumbar itu dengan tokoh masyarakat Kecamatan Kamang Baru di ruang pertemuan "Talabang Sakti" dimulai pukul 20.00 wib.


"Peserta musyawarah itu terdiri dari  M.Zuhrizul dan Bundo Wati dari Tim Pemberdayaan dan Pengembangan Desa Wisata (TP2 DEWI), Dino Indra, F., Asneti dari  Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (PODSI) Provinsi Sumbar, Prof Anton Kumani dari UNP Padang, Renggo Permana dari Arsitek,  Andri Azhar dari  APGI Sumbar, Delmiwardi dari ASRI Sumbar, Wali Nagari se Kecamatan Kamang Baru dan saya sendiri selaku Camat Kamang Baru," ujar Asrijal.


Menurut  Pak Dino dari PODSI Provinsi Sumbar,  lokasi danau biru Kunangan Kecamatan Kamang Baru,  Kabupaten Sijunjung merupakan lokasi nomor 1 tingkat Sumbar untuk  wisata air yang memiliki panjang 2 km dan lebar 170 meter,  bisa di jadikan sebagai  tempat lomba lomba dayung pedal dan Ski air serta akan kita bangun penyu internasional.


Begitu juga Buk Net dari PODSI Provinsi Sumbar menuturkan,  lokasinya sangat bagus dan PODSI Nasional  merespon dengan baik, mereka merencakan  akan  mengadakan latihan bersama tanggal  9 sampai 12 Maret 2023 dengan jumlah peserta 100 orang terdiri dari Kota Padang, Kabupaten Sijunjung, dan Dharmaraya.


Pada  Minggu pertama Maret 2023 nanti dengan sarana dan  prasarana yang  ada akan  di bawa dari Provinsi Sumbar, sedangkan penginapan disediakan oleh Nagari  Kunpar.


Dia menyarankan agar untuk daerah Sijunjung bisa merekrut peserta dengan syarat tinggi perempuan 160 k atas dan laki-laki dengan tinggi 175 ke atas.


Pada kegiatan itu nantinya juga akan mengundang dan menghadirkan pejabat Kementrian PUPR untuk menggaet  anggaran destinasi wisata yang berjumlah lebih kurang 150 milyar itu.


Sementara Wali Nagari Kunpar Datuak Abu mengatakan, kita harus menghargai semua unsur yang  ada seperti Ninik mamak, pemuda pemerintah nagari, camat,  bupati  dengan melibatkan untuk  pelaksanaan pembangunan ini yang bajanjang naik batanggo turun, sebelum kita melaksanakan kegiatan ini kita lakukan dan perlu juga ada acara  berdoa bersama di lokasi tersebut sebelum pelaksanaan kegiatan dimaksud.


Sedangkan Pak Zul dari TP2DEWI, sayogianya  Pemerintah Nagari dan Kecamatan agar dapat melaporkan kepada Bupati Sijunjung tentang rencana kegiatan ini dan menunggu persetujuan dari pemerintah daerah


Menurut Camat Kamang Baru Asrijal, SH 

dengan adanya potensi danau ini, harapan kita mohon dukungan sepenuhnya dari  Pemkab, Pemprov maupun dari Pusat sehingga pembangun danau ini sebagai pusat wisata air  dapat terlaksana dengan baik.


"Objek wisata ini bertaraf  internasional serta dapat di jadikan tempat perlombaan perlombaan olah raga air, bahkan kalau  memenuhi syarat untuk panjat tebingpun alam dekat lokasi ini juga tersedia. Mumpung Datuak Abu  sebagai pemilik lahan telah menyerahkan sepenuhnya untuk  pelaksanaan pembangun penyu internasional," terang Asrijal.


"Jadi kami  sangat berharap sangat  dukungan dari TP2 DEWI, PODSI, UNP Padang dan pihak  arsitek baik secara  administrasi, anggaran dan arahannya agar usaha ini bisa tercapai sesuai keinginan kita bersama," tutup Asrijal.


#GP | Herman.


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HASIL PEMILU

Pages

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS