Camat Kamang Baru Asrijal, SH : Permainan Tradisional Layang -layang Perlu di Lestarikan Dalam Memupuk Silaturahmi. - Go Parlement | Portal Berita

Breaking

Camat Kamang Baru Asrijal, SH : Permainan Tradisional Layang -layang Perlu di Lestarikan Dalam Memupuk Silaturahmi.

Rabu, Februari 15, 2023


Sijunjung (SUMBAR).GP- Camat Kamang Baru Asrijal, SH menutup kegiatan lomba layang layang  yang dilaksanakan generasi muda dan masyarakat  dalam memeriahkan Hari Jadi Kabupaten (HJK) ke 74 tingkat  Nagari Sungai Langsek, Kecamatan Kamang Baru, Selasa (14/2) sore.


Kegiatan lomba layang-layang  dengan kotegori  landik d lokasi Banjar sawah Jorong  Sikayan Nagari Sungai Langsek itu diikuti peserta dari Daerah Batu Sangkar, Dharmaraya, Kabupaten Solok dan Kota  Padang serta  Sijunjung selaku tuan rumah.


Camat Kamang Baru Asrijal, SH dalam kata sambutannya saat menutup lomba layang -layang tersebut, mengatakan, permainan layang -layang ini termasuk permainan tradisional yang perlu dilestarikan oleh masyarakat dan generasi muda saat ini.


Sebagai ajang lomba tentu ada yang kalah dan ada yang memang, namun demikian kita mengharapkan yang  menang jangan terlalu bergembira dan yang kalah tidak juga  usah berputus asa, karena helat ini sebagai memeriahkan hari jadi kabupaten Sijunjung, kalah dan menang semua harus bergembira ria.


"Lagi pula kegiatan kita ini diadakan setiap usai panen, mana tahu yang kalah tahun ini menjadi pemenang pada acara tahun depannya," terang Asrijal mantan PLKB itu. 


Lebih lanjut, Asrijal  didampingi Wali Nagari Sungai Langsek mengajak semua panitia pelaksana, pemerintah nagari, para tamu baik dari Batu Sangkar, Dharmaraya, Kabupaten Solok dan Kota Padang  maupun tuan rumah Sijunjung, mari kita ambil hikmahnya kegaiatan ini untuk  menjalin silaturahmi sesama kita.


Menurut panitia pelaksana didapat informasi, kegiatan ini pakai  insert ada yang Rp 20.000 sampai Rp 50.000 per-layang-layang sesuai jenis layang layangnya.


Panitia  menyediakan hadiah berupa trophy di tambah dengan uang Tabanas. Diperkirakan jumlah peserta yang hadir kurang lebih 200 orang dari berbagai daerah termasuk dari Sijunjung selaku tuan rumah.


Menurut panitia yang didampingi Wali Nagari Sungai Langsek, kegiatan lomba layang-layang ini selalu di adakan setiap  siap panen padi, dengan tujuan sebagai melampiaskan rasa gembira dan  rasa syukur terhadap hasil panen yang nantinya diakhir akhiri dengan acara berkaul adat.


Menurut informasi dari panitia, kebanyakan yang berhasil menjadi juara pertama itu digondol  layang layang Batu Sangkar dengan gruop SKB, sedangkan juara kedua mayoritas diraih oleh grup dari Kabupaten Solok dengan grup Langkisau.


#GP | Herman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HASIL PEMILU

Pages

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS