Setiap Ada Waktu ke Padang Hendra Basri Selalu Mengasah Potensi Seni Dalam Dirinya. - Go Parlement | Portal Berita

Breaking

Setiap Ada Waktu ke Padang Hendra Basri Selalu Mengasah Potensi Seni Dalam Dirinya.

Kamis, Januari 05, 2023


Sijunjung (SUMBAR).GP- Tidaklah mengherankan, bila  melihat Wali Nagari Tanjung Bonai Aur, Kecamatan Sumpur Kudus Hendra Basri dalam setiap pesta pernikahan yang dihadirinya selalu saja tampil mengumandangkan lagu lagu kesayangannya.

Dalam keterangannya Hendra Basri, Kamis (5/1)  sejak bersekolah di SMA jiwa seni  musik dalam dirinya  sudah mulai tumbuh bersemi  dan kegiatan saat itu,  waktu waktu kita  sering belajar bermain gitar.


"Dalam usianya 49 tahun saat ini, dimana ada kesempatan dalam pesta pernikahan anak negeri kita selalu tampil dalam membawakan lagu kenangan dan lagu Minang saat ini menjadi kesukaan kita," papar Hendra Basri.


Hendra Basri bercerita, sekitar tahun 2019 pernah berjumpa tanpa sengaja dengan Wan Parau di RM. Ajo Paris di  Lolong Padang. Saya mampir untuk makan siang, kebetulan Wan Parau sedang mengamen di Rumah makan tersebut lalu saya berkenalan dan bercerita panjang lebar dalam memupuk dan mengembangkan jiwa seni dalam diri kita sendiri.


Dalam kesempatan itu,  Wan Parau menyampaikan kepada saya "teruslah berkarya" sampaikan perasaan dan kejadian melalui seni, pada saat itu kita berbicara  tentang seni tarik suara dan teruslah ekpose nagari dari segala penjuru, saran Wan Parau itu.



Saya jadi kagum dan ingin seperti Wan Parau kata Hendra Basri,  dalam pertemuan dengan Wan Parau yang dimulai sejak akhir tahun 2019 di RM. Ajo Paris, ketika itu Wan Parau, sedang mendendangkan lagu ciptaan beliau sendiri, judulnya saya lupa.


Singkat cerita,  saat  saya mendengarkan suara dan lirik yang sangat menyentuh dan indah, kami saling kenalan dan diakhiri dengan nyanyi bersama dengan beliau Wan Parau "Ngamen bersama" saat pertemuan itu. 


Akhirnya  pertemuan demi pertemuan yang saya lakukan sampai saat ini, setiap pergi ke Padang selalu menyempatkan diri untuk bertemu dengan Wan Parau. Alhamdulillah  didasari pengalaman Wan Parau,  saya bisa mencitpakan sebuah lagu yang diangkat dari Perjalanan Pemilihan Wali Nagari PILWANA - 2021 dengan Judul "Salah Jo Bana"  namun karena  kekurangan  waktu, lagu tersebut sampai saat ini belum  bisa kita  rekam.


"Mudah dalam waktu yang tidak terlalu  lama lagi, kita akan mengusahakan masuk rekaman," papar Hendra Basri.


Ketika ditanyakan Hendra Basri menuturkan "Istri dan anak" saya tidak hobi dan suka menyanyi, tapi hanya suka mendengarkan saja.


Berikut lirik lagu Karya Hendra Basri, Wali Nagari Tanjung Bonai Aur yang berjudul : 



 "Salah Jo Bana"


Dikaja indakkan lari

Diusiek badiam sajo

Itulah diri katiko itu

Ka Tuhan.... denai basarah


Upek dihati talongsong kato,

Sanjuang ka diri untuak paimbangnyo,

Itulah hiduik didunia nangko,

Jo lapang dado denai tarimo


Katiko puji baru tadanga,

Disinan diri tau jo janji,

Apo guno pangkek ko kini.

Jikok senjang nanti tibo


Tuhan ampunkan denai,

Salah jo bana

Tolonglah bimbiang...


#GP | Herman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HASIL PEMILU

Pages

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS