Puskesmas Kebun Sikolos Adakan Pelatihan Topung - Go Parlement | Portal Berita

Breaking

Puskesmas Kebun Sikolos Adakan Pelatihan Topung

Sabtu, Januari 21, 2023


Padang Panjang(SUMBAR).GP- UPTD Puskesmas Kebun Sikolos adakan pelatihan dasar Totok Punggung (Topung) gelombang kedua bagi masyarakat umum, Sabtu (21/01/2023) di aula puskesmas itu.


Pelatihan diikuti 21 peserta yang terdiri dari tenaga kesehatan dan masyarakat umum. Menghadirkan trainer, dr. Ola Prianti yang merupakan trainer nasional Komunitas Totok Punggung Indonesia (KTPI).


Ketua Pelaksana, Yossy Anita Syarif, STr.Keb mengatakan, terapi topung merupakan salah satu jenis terapi kesehatan tanpa menggunakan obat.


"Terapinya, dengan sentuhan jari di punggung untuk mendeteksi dan mengobati penyakit. Topung juga dapat mengontrol kondisi kesehatan seluruh tubuh melalui sentuhan atau totok pada bagian-bagian tubuh yang berada di bagian punggung,” jelasnya.


Pihaknya berharap melalui pelatihan ini,  ke depan bisa mengembangkan ilmu topung ini lebih luas di Kota Padang Panjang. 


"Ini bisa dikembangkan di lingkungan keluarga terlebih dahulu. Sehingga dengan pelatihan ini ilmunya dapat berkembang dan memperluas jejaring keahlian untuk totok punggung. Untuk pendalaman, pelatihan ini akan berlanjut pada  28 Januari mendatang," tambahnya. 


#GP | DF | Andes

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HASIL PEMILU

Pages

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS