Ribuan Jemaah BKMT Sumbar Penuhi Masjid Agung Istiglal Muaro Sijunjung - Go Parlement | Portal Berita

Breaking

Ribuan Jemaah BKMT Sumbar Penuhi Masjid Agung Istiglal Muaro Sijunjung

Minggu, Januari 08, 2023

 


Sijunjung (SUMBAR).GP- Ribuan jemaah Badan Kontak  Majelis Taklim (BKMT) dari berbagai Kabupaten dan Kota se Sumatera Barat laksanakan kegiatan dakwah wisata di Masjid Agung Istiqlal Muaro Sijunjung, Ahad (8/1)


Kegiatan Dakwah wisata BKMT se-Sumbar ini, selain diikuti dari utusan Kabupaten dan Kota se Sumbar juga diikuti utusan  BKMT dari 8  Kecamatan di Kabupaten Sijunjung, seperti dari Kecamatan  Kamang Baru, Tanjung Gadang, Lubuk Tarok, Sijunjung, IV Nagari, Kupitan, Koto VII dan Sumpur Kudus. 


Pukul 08.00 Wib peserta yang datang dari berbagai daerah menggunakan puluhan bus pariwisata langsung menuju Mesjid Istiqlal dan yang tak tertampung di bagian dalam mesjid duduk di bawah tenda yang telah disediakan oleh panitia di halaman mesjid guna mendengarkan tausiyah.   


Sebelum acara tausiyah, dilakukan pelantikan Pengurus BKMT Kabupaten Sijunjung periode 2022-2027 yang dilantik oleh Ketua BKMT Propinsi Sumbar H. Abdul Azis, SP, MM dan disaksikan oleh Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir, SSTP, M.Si.


Sekretaris BKMT Propinsi Sumbar H. Syafrizal, SF, S.IQ, M.Pd yang juga Dosen STAI Lubuk Sikaping membacakan susunan Pengurus Harian BKMT Kabupaten Sijunjung yang terdiri dari Ketua Ny. Riri Benny Dwifa, Wakil Ketua I Ny. Dona Iraddatillah, Wakil Ketua II Jupri, S.Ag, MM,  Wakil Ketua III Drs. H. Iskandar, dan Wakil Ketua IV Aljamaidi, MA. 


Selanjutnya Sekretaris I BKMT Kabupaten Sijunjung adalah Nori Bahar, SHI, MA dan Sekretaris II Amrizal, S.Ag, MM, kemudian Bendahara dipercaya kepada Hj. Indra Yeni, SH. 


Kepengurusan BKMT Kabupaten Sijunjung juga dilengkapi dengan bidang pengembangan dan kelembagaan, bidang dakwah, bidang pendidikan dan pelatihan, bidang sosial dan kemasyarakatan, bidang ekonomi, bidang peran wanita dan PPA, bidang teknologi dan informasi, serta bidang kesehatan dan lingkungan hidup.


"Melalui Wadah BKMT Kita Tingkatkan Silaturrahim Dalam Membangun Bangsa dan Agama" demikian tema yang diusung Dakwah Wisata BKMT Sumbar yang berlokasi di Kabupaten Sijunjung hari ini.


Ketua BKMT Kabupaten Sijunjung Ny. Riri Benny Dwifa dalam sambutannya mengucapkan selamat datang kepada BKMT se-Sumatera Barat yang telah hadir di Sijunjung "Ranah Lansek Manih", terakhir kali Sijunjung menjadi tuan rumah  pada tahun  2017 lalu, semoga kedepan BKMT menjadi kian lebih baik lagi.


"BKMT terus bergerak melalui berbagai kegiatan guna mewujudkan kehidupan yang Islami dilingkungan keluarga  maupun ditengah-tengah masyarakat" ungkap Ketua BKMT Kabupaten Sijunjung Ny. Riri Benny Dwifa sembari merinci tujuan maupun kegiatan-kegiatan BKMT meliputi dakwah, pendidikan, sosial, kesehatan maupun ekonomi. 


"Selamat bertugas kepada BKMT Kabupaten Sijunjung periode 2022-2027 sekaligus terimakasih kepada Kabupaten Sijunjung yang telah menjadi tuan rumah pertemuan bulanan kita ini, dan pada tanggal 5 Pebruari 2023 mendatang tuan rumahnya adalah Kabupaten Dharmasraya" ujar Ketua BKMT Sumbar H. Abdul Azis, SP, MM yang juga merupakan Koordinator BKMT Regional Sumatera. 


Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir, SSTP, M.Si pada Dakwah Wisata BKMT se-Sumbar menyampaikan bahwa "Sijunjung merupakan kabupaten tua yang telah melahirkan dua anak, yakni Kota Sawahlunto dan Kabupaten Dharmasraya". 


"Unggulan kita saat ini yang telah diakui ditingkat nasional yaitu Geopark Silokek, mari kita nikmati keindahannya sembari mengikuti acara BKMT" ujar Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir, SSTP, M.Si. 



Dari pantauan media ini, ternyata Dakwah Wisata ini telah menggerakan ratusan UMKM yang hadir menawarkan aneka jenis produknya kepada pengunjung yang hadir mulai dari produk kuliner hingga cenderamata, bahkan fotografer dadakan pun terlihat melayani pengunjung yang ingin mengabadikan momen keindahan Mesjid Agung Istiqlal, Muaro Sijunjung.


Terlihat beberapa stand penjual kuliner, cenderamata, potografer dadakan, katanya dari Batusangkar juga hadir melayani pemotretan dari kelompok kelompok masjid dan kabupaten/kotanya bahkan dari Pengelola BKMT Provinsi Sumbar sendiri ikut hadir di areal masjid Agung Istiqlal Muaro menawarkan penjualan pakaian seragam khas BKMT. Dan juga ada pelayanan kartu anggota BKMT dengan persyaratan KTP dengan biaya administrasi hanya Rp20.000,- 


"Lumayanlah penjualan kita hari ini," ungkap Uniang salah seorang pelaku UMKM kepada media.


Bupati milenial jadi rebutan untuk berpoto


Pantauan media di luar Masjid Istiqlal saat mobil  Bupati Benny Dwifa Yuswir melintas mau keluar dari areal masjid distop oleh  sekelompok peserta Dakwah Wisata yang berasal dari daerah luar Sijunjung untuk Selfi.


"Maaf Pak, sekali ini kita  jumpa dengan Bapak mohon berkenan  berpose dulu ya Pak," ungkap seorang ibu bernama Ir dari Palamboyan Agam.


Begitu Benny turun dari mobilnya, lalu beberapa rombongan dari luar daerah lainnya, Sawahlunto, Kabupaten dan Kota Solok, Pariaman berebutan dan antrian ingin berpoto dengan Bupati Benny Dwifa Yuswir.


Ketika ditanyakan, mengapa mau antrian menunggu berpoto dengan Bapak Bupati Sijunjung Benny itu Buk ?  Buk Ir panggilannya dari Agam ini  menjawab "ini adalah dokumen dan kenangan berharga  saat BKMT di Sijunjung.


"Kita merasa bangga dan bahagia bisa berpoto dengan orang nomor 1 Sijunjung, orang nya ganteng, ramah dan milenial lagi," ungkap ibu ibu itu menjawab media.



Terima kasih atas pelayanan kesehatan 


Dinas Kesehatan Kabupaten Sijunjung dipimpin Edzwandra menyiapkan dua mobil pelayanan kesehatan di Masjid Agung Istiqlal Muaro Sijunjung dalam kegiatan BKMT satu dari Dinas Kesehatan sendiri dua dari Puskesmas Gambok.


Dari penuturan petugas, dari Dinas Kesehatan Elvarina mengatakan, 

karena ini ada kegiatan keramaian maka ada kegiatan P3K dari Pelayan Kesehatan (Yankes) Dinas Kesehatan bersama Puskesmas Gambok.


Dikatakannya, kami melayani dari peserta yang mengalami hal yang terdapat gangguan kesehatannya saja, sampai pukul 11.30 wib  sudah tercatat 40  orang yang dilayani Posko dipintu gerbang Masjid Agung Istiqlal Muaro Sijunjung, terutama pengecekan tensinya.


Bagi mereka yang punya dan membawa obatnya sendiri dari rumah, dianjurkan makan obat tersebut, bila tidak ada, ya kita juga menyiapkan obat obatan untuk mengatasi keluhannya.


"Dari beberapa orang peserta dari Padang Panjang, Tanah Datar dan Kabupaten Solok yang memanfaatkan fasilitas layanan kesehatan itu mengucapkan terima kasih buat Dinas Kesehatan Kabupaten Sijunjung atas pelayanan petugas kepada kami," ungkap mereka.


#GP | Herman.


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HASIL PEMILU

Pages

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS