Ketua Tim Surveyor Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS) dr.Mendhel Yanthi, Mars., Fisqua : Akreditasi Bukan Hanya Untuk Mencari Nilai Tetapi Bagaimana Kedepan Personil Rumah Sakit Dapat Memberikan Pelayanan Sesuai Standar Yang Ditetapkan. - Go Parlement | Portal Berita

Breaking

Ketua Tim Surveyor Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS) dr.Mendhel Yanthi, Mars., Fisqua : Akreditasi Bukan Hanya Untuk Mencari Nilai Tetapi Bagaimana Kedepan Personil Rumah Sakit Dapat Memberikan Pelayanan Sesuai Standar Yang Ditetapkan.

Kamis, Desember 15, 2022



Sijunjung (SUMBAR).GP- Ketua Tim Surveyor Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS) Kemenkes menegaskan, pelaksanaan akreditasi Rumah Sakit bukan hanya untuk mencapai nilai terbaik, tetapi lebih dari itu bagaimana kedepannya personil Rumah Sakit dapat memberikan pelayanannya sesuai standarisasi yang ditetapkan.


Hal itu diungkapkan oleh dr.Mendhel Yanthi, Mars., Fisqua dalam kata sambutannya saat pembukaan acara survei akreditasi Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sijunjung di Aula Gedung  lantai tiga RSUD setempat, Kamis, (15/12).



Dalam acara pembukaan survei akreditasi RSUD Sijunjung yang dihadiri Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sijunjung Syofyan Hendri, S.Pdi dan anggota tim dari KARS Ns.Arlina, J.M.Kep., dr.Mendhel mengatakan, ada 16 standar pelayanan di rumah sakit bila terlaksana dengan baik maka pelayanan di rumah sakit sudah  sama dengan pelayanan standar internasional.


Selain Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir dan Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sijunjung Syofyan Hendri, S.Pdi juga hadir dalam acara tersebut Sekdakab Dr.Zepnihan, AP. M.Si., Asisten I Afrizal, M.Si., Kadis Kesehatan drg. Edzwandra, Kepala BKAD dan Kadishub dan para dokter spesialis, dokter umum, perawat dan tenaga penunjang lainnya RSUD Sijunjung.


Lebih lanjut, Mendhel mengaku sangat senang pagi hari ini, dihari pertama survei hari ini saya melihat begitu besarnya dukungan Pemerintah Daerah (Pemda)  Sijunjung pada RSUD Sijunjung ini termasuk para staf dan aparatur yang bertugas di RSUD Sijunjung ini.


"Saya lihat dari raut  wajah wajah semua yang hadir saat ini, sangat mendukung sekali atas pelayanan yang paripurna dari RSUD Sijunjung ini," papar Mendhel.


Disebutkan Mendhel, saya sampai di Muaro Sijunjung malam tadi. Tadi pagi saya sudah berjalan-jalan ke perkampungan adat Sijunjung, betapa indahnya alam Sijunjung. Saya berharap rekan rekan personil RSUD Sijunjung agar betah tugas disini.


"Selain itu, saya juga sudah berbincang -bincang dengan Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir, bupati milenial luar biasa sekali visi dan misinya untuk kesejahteraan warga Sijunjung kedepannya," aku Mendhel.


"Kami juga mengaturkan terimakasih kepada Pemda Sijunjung dan RSUD Sijunjung yang mempercayakan kepada KARS mensurvei akreditasi ini dalam upaya meningkatkan mutu pelayanan di RSUD Sijunjung ini," ucap Mendhel mengakhiri sambutannya.


Sebelumnya Direktur RSUD Sijunjung dr.Reyantis Capanay dalam laporannya, menyampsikan, selain survei akreditasi yang dilakukan hari ini dan esok juga sebelumnya, Senin tanggal 12 Desember 2022 lalu sudah dilakukan cek dokumen oleh KARS.


Reyantis mengaku, merasa mendapatkan dukungan penuh dari Pemda Sijunjung dan Pimpinan dan anggota DPRD Kabupaten Sijunjung dalam mengatasi, memberikan solusi dari berbagai kegiatan di RSUD Sijunjung yang kita cintai bersama ini.


Disebutkan Reyantis, akreditasi RSUD Sijunjung ini perlu dilakukan, agar mendapatkan pengakuan dari Pemerintah dalam penjaminan mutu pelayanan. "Kita berharap dalam akreditasi saat ini kita bisa memperoleh nilai Sempurna dengan lambang bintang lima," ungkap Riyantis optimis setelah melakukan berbagai upaya kearah itu. 


Pada kesempatan tersebut, juga ikut memberikan kata sambutan Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sijunjung Syofyan Hendri, S.Pd.I pada hakekatnya menyampaikan terimakasih kepada semua personil RSUD Sijunjung yang telah melayani, merawat dan mengobati masyarakat Sijunjung selama 24 jam setiap harinya, semoga itu menjadi amal ibadah dan bernilai pahala disisi Allah SWT.


Berikutnya, Syofyan Hendri juga merasa sangat bahagia dan bangga dengan kedatangan tim suveryor Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS) ibuk Mendhel dan Ibuk  Arlina  ke RSUD Sijunjung saat ini, semoga berkat tangan dinginnya Ketua Tim Surveyor KARS RSUD Sijunjung bisa menjadi Sempurna.


Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir dalam sambutannya menyampaikan selamat datang di Kabupaten Sijunjung kepada Ketua dan anggota tim suveryor Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS) dalam rangka survei akreditasi RSUD Sijunjung tahun 2022 ini.


"Kalau ibuk Mendhel  tadi telah berjalan-jalan ke Perkampungan Adat Sijunjung, itu baru satu dari sekian banyak destinasi Geopark Minangkabau Silokek," ujar Bupati Benny mengawali sambutannya dalam acara pembukaan survei akreditasi RSUD Sijunjung tersebut.  


Dikatakan Benny, sebelum covid-19 sudah banyak orang luar negeri berkunjung ke Silokek Durian ini. Terutama keluarga dari seorang penemu batu bara yang tenggelam dan di Batang Kuantan dan dikubur di Silukah Durian Gadang.


"Alhamdulillah setelah covid-19  usai, baru baru ini sudah banyak juga kunjungan pariwisata yang dilakukan Pemda  Sijunjung di Daerah Silokek dalam upaya menyemarakan kepariwisataan Geopark Silokek ini," papar Benny.


Menurut Benny, misi pertama RPJS Kabupaten Sijunjung dibawah kepemimpinan Beny-Radi adalah "Meningkatkan kwalitas Pelayanan Publik yang efektif, efisien, responsif  Berbasis Reformasi Birokrasi. Isinya adalah pelayanan.


Jadi seluruh kita aparatur adalah pelayan masyarakat. Termasuk bapak ibuk yang bertugas di RSUD Sijunjung menjadi pelayan masyarakat.


Rumah sakit sangat sensitif dengan pelayanan ini. Karena kita dihadapkan dengan kondisi orang yang sedang sakit membutuhkan pelayanan prima. Senyum saja yang kurang dari kita, sudah bisa menjadi masalah bagi pasien dan keluarga pasien. 


Jadi dalam momen akreditasi RSUD Sijunjung hari ini, bukanlah puncak, tetapi  langkah awal kita dalam upaya meningkatkan pelayanan prima dan paripurna kepada masyarakat Sijunjung kedepannya. 


Kita berharap RSUD Sijunjung menjadi yang dicintai masyarakat Sijunjung, sehingga apabila masyarakat kita yang sakit dia tidak memikir berobat ke tempat lain, kecuali ke RSUD Sijunjung.


Semoga dalam asesmen yang dilaksanakan KARS saat ini, RSUD Sijunjung memperoleh nilai bintang lima atau level Sempurna, harap Benny.


#GP | Herman.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HASIL PEMILU

Pages

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS