Kepala Desa Kampung Baru Jalnibus, S.Pd.MM : Kolaborasi Kader akan turunkan angka Stunting. - Go Parlement | Portal Berita

Breaking

Kepala Desa Kampung Baru Jalnibus, S.Pd.MM : Kolaborasi Kader akan turunkan angka Stunting.

Kamis, Desember 22, 2022


Sijunjung (SUMBAR).GP- Kepala Desa Kampung Baru Kecamatan Kupitan, Jalnibus, S.Pd.MM menegaskan dengan kolaborasinya para kader di Desa dan Nagari akan dapat menurunkan angka stunting di Desa atau Nagari yang bersangkutan.


Hal itu diungkapkan Kepala Desa Kampung Baru Jalnibus, saat memberikan kata sambutan dihadapan peserta  Pelatihan Peningkatan Kapasitas Kader Posyandu, KPM dan BKB Desa Kampung Baru, di lantai 2 los Pasar Desa Kampung Baru, Kamis (22/12).


Dihadapan  27 orang  para Kader  Desa Kampung Baru itu, Jalnibus menyampaikan  kebijakan Pemda Sijunjung yang  berupaya Prevalensi Stunting Sijunjung dari angka 30  persen  thn 2018 akan diturunkan menjadi di bawah 14 persen pada tahun 2024 mendatang.


"Justeru itu Kolaborasi yang kuat antara Bidan Desa , Kader Posyandu, BKB dan KPM bersama PKB Kecamatan dan dengan  Puskesmas merupakan tulang punggung  dan pionir  penurunan angka Stunting di level desa dan Nagari.  Sehingga Nagari dan Desa dapat  berkontribusi untuk  tingkat Kabupaten Sijunjung dalam menurunkan angka stunting tersebut," papar Jalnibus.


Menurut Jalnibus, kegiatan pelatihan peningkatan kapasitas kader  desa  ini di danai oleh DD tahun 2022. Semua  peserta  mendapatkan ATK, Tas, Baju dan uang saku.  Para kader yang ikut peningkatan kapasitas itu adalah Kader Posyandu 15 orang, Kader KPM 2 orang, Kader BKB 10 orang.


Pelatihan ini bertujuan untuk menurunkan angka resiko Stunting di Desa Kampung Baru dengan meningkatkan kapasitas kader di lapangan dengan nara sumbernya adalah  Kasi KIA Dinkes Sijujung,  Netty Rahmayani S.Gz dan Hasna Yetti, S.ST dan Ns.Lusi Juita, S.Kep dari Puskesmas Padang Sibusuk, Tenaga Ahli dari Kabupaten Sijunjung dan Pendamping Desa.


Hadir pada acara pembukaan pelatihan peningkatan kapasitas kader itu, pejabat dari  Dinas Kesehatan Kabupaten Sijunjung, Kasi KIA,  Kapus Padang Sibusuk,  Pendamping Desa,  Kades dan Perangkat Desa Kampung Baru,  Ketua  Lembaga Desa,  Tokoh Masyarakat dan 

Panitia  kegiatan.


Ketua BPD Partini, S.Pd dalam  sambutannya, mengatakan, pelatihan peningkatan kapasitas kader posyandu, BKB dan KPM ini sangat bermanfaat untuk nenekan dan menurunkan  resiko stunting di Desa Kampung Baru, sehingga target Kabupaten Sijunjung dibawah 14  persen thn 2024 nanti bisa terwujud. 


"Kita berharap  Desa Kampung Baru bisa menjadi pemberi kobtribusi positif  untuk  Kabupaten Sijunjung dalam penurunan angka stunting tersebut," papar Partini.


Sedangkan Pendamping Desa,  Cecep Septiadi SPd menyampaikan,  Kemendes RI sangat mendukung program  penurunan stunting  secara nasional melalui DD ke masing  asing Desa di seluruh Indonesia.


Dikatakannya,  di Desa Kampung Baru ada beberapa  kegiatan di dalam rangka penurunan resiko stunting diantaranya adalah 1) Pemberian Makanan Tambahan bagi Bagi Balita, 2)  Peningkatan kapasitas kader Posyandu, BKB dan KPM yang kini sedang dilaksanakan.



#GP  | Herman 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HASIL PEMILU

Pages

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS