Siraman Rohani (2) Ketenangan Hati - Go Parlement | Portal Berita

Breaking

Siraman Rohani (2) Ketenangan Hati

Selasa, November 08, 2022


Oleh: Ustadz Syofyan Hendri, S.Pd.I
Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sijunjung 


Sijunjung (SUMBAR).GP-  Namanya hidup gak pernah lepas dari yang namanya masalah. Sering kita dengar kalimat itu, memang benar, karena setiap orang pasti pernah punya masalah, dan setiap orang punya tingkat masalah yang berbeda pula. Ada yang merasa masalahnya biasa-biasa aja, ada juga yang sampai membuat stress, resah bahkan sampai membuat putus asa.


Allah menciptakan manusia beda dengan makhluk lainnya. Bedanya manusia memiliki akal pikiran. Allah menyuruh kita berfikir setiap kali kita punya masalah. Hati yang tenang juga sangat di perlukan. Supaya kita tetap bisa berfikir positif dan bersikap optimis. 


Terkadang masalah yang kita hadapi tak kunjung selesai  bukan karna tak ada solusinya, melainkan karena kita tidak cukup tenang untuk dapat berpikir jernih. Sebagaimana firman Allah SWT dalam QS Al-Insyirah (94:6) : “sesungguhnya bersama kesulitan itu ada kemudahan.” Lalu, bagaimanakah cara untuk mencari ketenangan agar kita merasa tentram?


Ada 4 hal perlu kita lakukan, supaya hati tetap tenang ketika masalah datang:


1. Dzikir, mengingat Allah setiap saat. Usahakan selalu berzikir  baik dalam lisan maupun dalam perbuatan, sehingga ridho Allah yang kita harapkan.


2. Sholat, salah satu cara mendekatkan diri dan berkomunikasi dengan Allah. Berharap kita bisa dapat ketenangan hati dalam sholat.


3. Sabar, percayalah setiap masalah yang terjadi itu atas izin Allah. Bukan untuk menyulitkan hambanya melainkan untuk meningkatkan ketaqwaan hambanya. 


4. Selalu bersyukur, bukan hanya dalam keadaan lapang tapi Allah menyuruh kita bersyukur dalam keadaan apapun. Termasuk saat kita sedang ada masalah. Dengan begitu kita menyadari semua yang kita miliki hanyalah milik Allah.


Semoga empat hal tersebut bisa kita selalu terapkan dalam hidup.



#GP | Sijunjung |  8 November 2022

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HASIL PEMILU

Pages

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS